Ini Dia Sejarah Es Krim Dari Masa Ke Masa

Posted by jenggot kambing on Wednesday, October 11, 2017

Pernahkah anda bertanya dari manakah asal usul datangnya kudapan Ice Cream?? Ya Ice cream sejatinya adalah kudapan berbahan dasar susu,telur dan gula yang mempunyai rasa manis, bertekstur halus dan dingin. Sayangnya hingga saat ini tak banyak oran yang tahu akan asal usul makanan ice cream. Banyak sumber menyebutkan bahwa Ice cream pertama kali hadir/di hidangkan semasa zaman romawi kuno, yakni pada masa Kaisar Nero. Namun info paling sahih dan bisa di pertanggung jawabkan adalah kudapan Ice Cream yang paling awal muncul adalah zaman Kaisar Tang di Tiongkok.


Awal mula ice cream sendiri di dasari dari kreasi para koki istana pada saat itu. Kaisar tang di suguhi sebuah hidangan yang berbahan dasar es dari bongkahan salju. Pada saat itu kaisar tang memerintahkan koki istana untuk memodifikasi sedikit bongkahan salju tersebut menggunakan susu sapi,tepung dan kapur barus. Setelah itu adonan bongkahan salju td di aduk hingga tercipta bentuk baru menyerupai krim yang terasa dingin.

Nah inilah cikal bakal munculkan hindangan es krim di dunia. Di Eropa, es krim dibawa dan diperkenalkan oleh Marcopolo. Dimasa itu yang namanya hidangan dari es adalah hidangan untuk kaum bangsawan. Jangan kan mesin es krim, listrik saja saat itu belum di temukan dan di kembangkan secara massif. Oleh karenanya jangan heran jika hidangan seperti ice cream tidak bisa di santap oleh semua kalangan.

Meskipun tanpa mesin pembuat es krim, para ilmuan di tahun 1600an saat itu telah berhasil mengembangkan tehnik pembekuan tanpa menggunakan mesin pendingin. Lain di asia, maka lain pula di eropa. Di benua biru ini ice cream di perkenalkan dengan berbagai cara penyajian dan pengolahan. Sebut saja di italia ada Gelato, ada pula Sorbet, sedangkan di benua amerika kehadiran ice cream baru mencuat di abad ke 19. Nah pada fase inilah para penemu sudah bisa menciptakan mesin es krim sederhana yang dapat membuat hidangan es menjadi lebih cepat dan efisien.

Untuk pertama kalinya mesin es krim ini di ciptakan tentu tidak di peruntukan untuk kaum biasa, mengapa?? Karena harga mesin es krim pada saat itu memang tergolong tinggi. Jadi bisa dibilang memang tidak semua toko / restoran dapat menyajikan menu es krim di karenakan mesin pembuatnya saja sulit di daptkan. Dari cerita singkat di atas, ternyata ada beberapa fakta menarik lagi yang harus anda tahu seputar hidangan ice cream :

1.    Sebutan ice cream berasal dari para kolonis Amerika; berasal dari frase iced cream.
2.    Kedai es krim pertama dibuka di New York City, pada 1776.
3.    Terobosan besar dalam pembuatan es krim menjadi ramuan dasar yang kita kenal sekarang, terjadi ketika ramuan es dicampur dengan garam. Gunanya untuk menurunkan, sekaligus mengontrol temperatur ramuan. Terobosan ini diperkuat dengan ditemukannya freezer yang terbuat dari ember kayu dengan pedal pemutar.
4.    Seorang pembuat permen dari Philadelphia, Augustus Jackson, menemukan resep dan metode pembuatan es krim pada 1832.
5.    Nancy Johnson, wanita asal New England, membuat mesin es krim manual pada 1846. Pada 1848, penemuannya ini kemudian dipatenkan oleh William G. Young dengan nama “Johnson Patent Ice-Cream Freezer”.
6.    Sendok scoop untuk meyendok es krim ke dalam wadah, ditemukan Alfred L. Cralle pada 2 Februari 1897.
7.    Es krim Conelo ditemukan dan populer di dunia sejak 1904.
8.    Orang Amerika paling banyak mengomsumsi es krim, rata-rata setiap orang 15-20 liter per tahun.
9.    Di Amerika es krim merupakan makanan penutup yang paling digemari, apalagi bila ditambahkan dengan biskuit.
10.    Sebanyak 800.000 galon es krim diproduksi oleh orang Amerika setiap tahunnya.
11.    Pada 1812 es krim dikreasikan menjadi aneka citarasa, dan pertama kalinya dihidangkan di Gedung Putih sebagai makanan penutup.
12.    Pada 1812 es krim dikreasikan menjadi aneka citarasa, dan pertama kalinya dihidangkan di Gedung Putih sebagai makanan penutup.
13.    Freezer / Mesin Ice Cream yang lebih modern untuk mengawetkan es krim ditemukan Clarence Vogt pada 1926.
14.    Reuben Mattus mendirikan Haagen Dazs pada 1960. Ia memilih nama itu karena terdengar Denmark.
Oke semoga info ini berguna untuk anda.

{ 0 comments... read them below or add one }