Home » All posts
Posted by
jenggot kambing on Tuesday, January 8, 2013
Mengendarai motor kopling
memang tidak seperti motor biasa karena pengaturan kopling ada pada
tangan anda alias manual jadi anda perlu hati hati dalam mengandarainya
dan transmisi giginya tentu tidak sama dengan motor berkopling otomatis
bagaimana cara mengendarainya ?, simak tips berikut ini:
1. Hidupkan mesin motor (starter).
2. Setelah mesin menyala, tarik kopling yang ada di sebelah kiri stang.
3.
Masukkan perseneling ( injak gigi) kearah depan yang ada di bawah
bagian kaki kiri. Perhatian nich, jangan pernah injak perseneling ketika
kopling tidak di tarik.
4. Selanjutnya, lepaskan kopling dengan
sangat pelan-pelan. Dan nantinya motor akan berjalan dengan pelan.
Disini harus bisa mengatur kestabilan kopling. Jika tidak nantinya mesin
motor akan mati. Apabila mesin motor mati, persenelig (gigi) harus di
netralkan terlebih dahulu, lalu selanjutnya hidupkan mesin, dan tarik
koplingnya dan masukkan perseneling ( gigi 1 ) kembali, lepaskan dengan
sangat perlahan.
5. Kemudian untuk mengoper perseneling selanjutnya
(gigi 2), tarik kopling dan injak perseneling kearah belakang. Setiap
ingin menetralkan dari gigi 2 ke 1, injak ke arah depan satu kali.
Untuk menetralkan dari gig 3 ke 2, injak ke arah depan 2x. Biasanya
untuk motor tiger ada 4 perseneling (gigi).
Demikian tipsnya dalam mengendarai motor kopling semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang harga mobil bekas dibawah 50 juta
Temukan artikel terkait: Tips Memilih Kaca Spion Motor
More about → Cara Mudah Belajar Motor Kopling
Posted by
jenggot kambing
Motor baru yang anda beli
biasanya settingannya berbeda dengan settingan motor yang biasa anda
gunakan bagaimana cara mensettingnya sesuai keinginan ?, berikut ada
beberapa tips yang dapat anda lakukan:
1. Gas
Gas merupakan
piranti yang vital bagi pengendara, dimana gas ini yang menentukan laju
sebuah kendaraan, bila tidak nyaman maka akan mempengaruhi pengendara.
Kasus yang sering terjadi adalah gas yang terlalu longgar atau terlalu
banyak memutar, biasanya hal ini membuat pengendara menjadi kurang
nyaman. Karena harus memutar gas lebih besar, dan hal ini juga bisa
membuat konsumsi BBM menjadi boros. Karena gas terlalu dalam dan membuat
pengendara semakin sering membuka gas. Jadi segera diatur ulang setelan
gas motor tersebut, cara mudah tinggal kendorkan mur di kabel gas dan
sesuaikan dengan kemauan masing-masing.
2. Kopling
Kopling
merupakan piranti untuk kemudahan dalam menyalurkan tenaga di rantai
motor dan berhubungan dengan mekanisme pemindahan gigi. Kabel kopling
biasanya terdapat pada motor yang koplingnya bersifat manual yaitu masih
menggunakan mekanisme kabel dan dioperasikan oleh pengendara di stang.
Untuk kenyamanan dan kemudahan pengendara sebaiknya kabel kopling ini
segera distel atau disetting ulang sesuai dengan kemauan
pengendara,biasanya ini juga berhubungan dengan jarak bebas kopling, ada
yang suka ditarik penuh baru bebas dan ada juga yang ditarik sedikit
baru bebas. Cara mensettingnya dalah ada dua cara yaitu dengan mur dan
baut yang ada diatas kabel kopling atau setelan yang ada di bak kopling.
Tinggal disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing
3. Tuas perseneling
Tuas
ini yang berhubungan dengan pemindahan gigi, bila tidak pas tentu akan
menggangu kenyamanan pengendara. apalagi pada model satu tuas, seperti
yang ada di Honda tiger, Suzuki thunder dll. Dimana untuk mencungkil
bila terlalu atas juga akan mengganggu pemindahan gigi dan sebaliknya
juga bila terlalu rendah juga akan merepotkan untuk mencungkil tuas
tersebut. Untuk mensetting cukup mudah yaitu dengan membuka baut tuas
tersebut dan lepaskan tuas tersebut, kemudian pasan kembali tuas
tersebut sesuai dengan posisi yang nyaman untuk pengendara.
4. Lampu
Lampu,
lampu ini adalah lampu depan. Yaitu yang bertugas menerangi jalan
sehingga pengendara bisa melihat jelas jalan yang dilalui. Bila lampu
utama pas posisinya tentu ini sangat membantu pengendara. nah bila tidak
pas, bisa terlalu jauh ataukah terlalu tinggi. Maka akan sangat
menggangu pengendara maupun pengendara lainnya. Makalebih baik untuk
segera mensetting lampu utama. Biasannya setting ini ada dise kitar
batok lampu. Bisa dalam bentuk mur atau yang lain.
5. Shockbreaker
Piranti
ini langsung behubungan dengan kenyamanan berkendara. Untuk
shockbreaker yang bisa disetting, tidak semua motor dilengkapi dengan
shockbreakers mempuyai setelan.sebagai contoh motor Honda new mega pro
dan Yamaha byson. Untuk mengubahnya cukup menggunakan alat semacam tang
untuk mengubah setelah shockbreakers. Seperti yang ada di Honda new
megapro dan Yamaha byson, biasanya juga terdapat 3 setelan yaitu. Soft,
medium dan hard.
6. Rem
Hal terakhir yang bisa distel adalah
piranti rem, khususnya rem teromol. Kadangkala setelan rem dari pabrikan
terlalu dalam sehingga memaksa pengendara untuk mengeluarkan energy
lebih untuk mengerem dan kurang responsif. Atau bahkan sebaliknya rem
terlalu keatas, atau terlalu responsive. Sehingga disenggol sedikit saja
piranti ini langsung bekerja. Bahkan bisa mengunci, hal ini tentu
berbahaya bagi pengendara dan orang lain. Lebih baik distel terlebih
dahulu sesuai dengan kemauan pengendara. caranya adalah dengan memutar
mur pada rem teromol tersebut.
Demikian tipsnya dalam mensetting motor baru semoga menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang kaskus jual beli mobil bekas
Temukan artikel terkait: Tips Belajar Motor Kopling
More about → Petunjuk Mensetting Motor Baru
Posted by
jenggot kambing
Lampu depan mobil
terkadang sorot lampunya berubah sendiri karena guncangan atau hal lain
bagaimana cara mensettingnya supaya pas sesuai yang kita inginkan ?,
simak tipsnya berikut ini:
Sebelum menyetel sorot lampu depan perlu setidaknya kita tahu penyebab sorot headlamp mobil berubah:
1.
Kemungkinan bohlam tidak duduk dengan benar pada tempatnya, jadi
pastikan dulu bohlam h4 untuk headlamps sudah duduk dengan benar pada
dudukannya. Biasa terjadi setelah mengganti bohlam untuk headlamps.
2.
Penyebab lain karena getaran, reflektor terlepas dari baut untuk
setelan Headlamp, untuk masalah ini biasa nya sorot lampu depan susah
atau tidak bisa untuk di setel.
Kalau terbiasa stel headlamp tidak di
perlukan cara yang ribet karena sorot headlamps sendiri memiliki batas
atas, jadi batas sorot lampu headlamps tersebut yang kita manfaatkan.
Yang
perlu kita tahu adalah bagian pada headlamp yang berfungsi untuk
menyetel tinggi rendah dan kiri-kanan sorot lampu headlamps. Lihat
gambar di samping dan bandingkan dengan gambar paling atas terdapat
perbedaan tempat dan fungsi baut setelan head lamp.
Cara Setting
Headlamps Dengan Mudah adalah ambil tempat rata dengan jarak pandang
cukup jauh ke depan, nyalakan lampu depan kemudian setel pengatur sorot
headlamp.
Mengatur sorot Headlamp bisa dengan obeng atau kunci
atau pun cukup dengan tangan karena setelan biasanya cukup dengan tenaga
dari tangan untuk beberapa tipe dan merek mobil. Pastikan pada sorot
lampu terjauh untuk lampu bawah tidak melebihi ketinggian lampu mobil.
Cara
yang lain untuk menyetel atau setting headlamp adalah menggunakan media
papan atau tembok. Buat jarak minimal antara headlamp dengan tembok
berjarak 10 meter dan tentu saja sebaiknya dilakukan di malam hari.
Berikut cara seting headlamp dengan media tembok:
Dekatkan mobil ke tembok dan buat tanda garis sesuai ketinggian lampu.
Mundurkan mobil dan atur ketinggian sorot lampu dengan mengubah setelan
di head lamp sampai sinarnya sejajar dengan garis yang sudah dibuat di
tembok.
Untuk mobil di Indonesia dengan setir di kanan, arahkan
sorotan lampu ke sisi kiri. Tujuannya agar sinar dapat menerangi sisi
kiri jalan, seperti trotoar atau batas aspal.
Demikian tipsnya dalam mensetting lampu depan mobil semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang jual beli mobil bekas tokobagus
Temukan artikel terkait: Tips Setting Rem Cakram Motor
More about → Ngomongin Menyetting Lambu Depan Mobil