Cara Mudah Belajar Motor Kopling

Posted by jenggot kambing on Tuesday, January 8, 2013

Mengendarai motor kopling memang tidak seperti motor biasa karena pengaturan kopling ada pada tangan anda alias manual jadi anda perlu hati hati dalam mengandarainya dan transmisi giginya tentu tidak sama dengan motor berkopling otomatis bagaimana cara mengendarainya ?, simak tips berikut ini:

1. Hidupkan mesin motor (starter).
2. Setelah mesin menyala, tarik kopling yang ada di sebelah kiri stang.
3. Masukkan perseneling ( injak gigi) kearah depan yang ada di bawah bagian kaki kiri. Perhatian nich, jangan pernah injak perseneling ketika kopling tidak di tarik.
4. Selanjutnya, lepaskan kopling dengan sangat pelan-pelan. Dan nantinya motor akan berjalan dengan pelan. Disini harus bisa mengatur kestabilan kopling. Jika tidak nantinya mesin motor akan mati. Apabila mesin motor mati, persenelig (gigi) harus di netralkan terlebih dahulu, lalu selanjutnya hidupkan mesin, dan tarik koplingnya dan masukkan perseneling ( gigi 1 ) kembali, lepaskan dengan sangat perlahan.
5. Kemudian untuk mengoper perseneling selanjutnya (gigi 2), tarik kopling dan injak perseneling kearah belakang. Setiap ingin menetralkan dari gigi 2 ke 1,  injak ke arah depan satu kali. Untuk menetralkan dari gig 3 ke 2, injak ke arah depan 2x. Biasanya untuk motor tiger ada 4 perseneling (gigi).

Demikian tipsnya dalam mengendarai motor kopling semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang harga mobil bekas dibawah 50 juta



Temukan artikel terkait:   Tips Memilih Kaca Spion Motor
More aboutCara Mudah Belajar Motor Kopling

Petunjuk Mensetting Motor Baru

Posted by jenggot kambing

Motor baru yang anda beli biasanya settingannya berbeda dengan settingan motor yang biasa anda gunakan bagaimana cara mensettingnya sesuai keinginan ?, berikut ada beberapa tips yang dapat anda lakukan:

1. Gas
Gas merupakan piranti yang vital bagi pengendara, dimana gas ini yang menentukan laju sebuah kendaraan, bila tidak nyaman maka akan mempengaruhi pengendara. Kasus yang sering terjadi adalah gas yang terlalu longgar atau terlalu banyak memutar, biasanya hal ini membuat pengendara menjadi kurang nyaman. Karena harus memutar gas lebih besar, dan hal ini juga bisa membuat konsumsi BBM menjadi boros. Karena gas terlalu dalam dan membuat pengendara semakin sering membuka gas. Jadi segera diatur ulang setelan gas motor tersebut, cara mudah tinggal kendorkan mur di kabel gas dan sesuaikan dengan kemauan masing-masing.
2. Kopling
Kopling merupakan piranti untuk kemudahan dalam menyalurkan tenaga di rantai motor dan berhubungan dengan mekanisme pemindahan gigi. Kabel kopling biasanya terdapat pada motor yang koplingnya bersifat manual yaitu masih menggunakan mekanisme kabel dan dioperasikan oleh pengendara di stang. Untuk kenyamanan dan kemudahan pengendara sebaiknya kabel kopling ini segera distel atau disetting ulang sesuai dengan kemauan pengendara,biasanya ini juga berhubungan dengan jarak bebas kopling, ada yang suka ditarik penuh baru bebas dan ada juga yang ditarik sedikit baru bebas. Cara mensettingnya dalah ada dua cara yaitu dengan mur dan baut yang ada diatas kabel kopling atau setelan yang ada di bak kopling. Tinggal disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing
3. Tuas perseneling
Tuas ini yang berhubungan dengan pemindahan gigi, bila tidak pas tentu akan menggangu kenyamanan pengendara. apalagi pada model satu tuas, seperti yang ada di Honda tiger, Suzuki thunder dll. Dimana untuk mencungkil bila terlalu atas juga akan mengganggu pemindahan gigi dan sebaliknya juga bila terlalu rendah juga akan merepotkan untuk mencungkil tuas tersebut. Untuk mensetting cukup mudah yaitu dengan membuka baut tuas tersebut dan lepaskan tuas tersebut, kemudian pasan kembali tuas tersebut sesuai dengan posisi yang nyaman untuk pengendara.
4. Lampu
Lampu, lampu ini adalah lampu depan. Yaitu yang bertugas menerangi jalan sehingga pengendara bisa melihat jelas jalan yang dilalui. Bila lampu utama pas posisinya tentu ini sangat membantu pengendara. nah bila tidak pas, bisa terlalu jauh ataukah terlalu tinggi. Maka akan sangat menggangu pengendara maupun pengendara lainnya. Makalebih baik untuk segera mensetting lampu utama. Biasannya setting ini ada dise kitar batok lampu. Bisa dalam bentuk mur atau yang lain.
5. Shockbreaker
Piranti ini langsung behubungan dengan kenyamanan berkendara. Untuk shockbreaker yang bisa disetting, tidak semua motor dilengkapi dengan shockbreakers mempuyai setelan.sebagai contoh motor Honda new mega pro dan Yamaha byson. Untuk mengubahnya cukup menggunakan alat semacam tang untuk mengubah setelah shockbreakers. Seperti yang ada di Honda new megapro dan Yamaha byson, biasanya juga terdapat 3 setelan yaitu. Soft, medium dan hard.
6. Rem
Hal terakhir yang bisa distel adalah piranti rem, khususnya rem teromol. Kadangkala setelan rem dari pabrikan terlalu dalam sehingga memaksa pengendara untuk mengeluarkan energy lebih untuk mengerem dan kurang responsif. Atau bahkan sebaliknya rem terlalu keatas, atau terlalu responsive. Sehingga disenggol sedikit saja piranti ini langsung bekerja. Bahkan bisa mengunci, hal ini tentu berbahaya bagi pengendara dan orang lain. Lebih baik distel terlebih dahulu sesuai dengan kemauan pengendara. caranya adalah dengan memutar mur pada rem teromol tersebut.

Demikian tipsnya dalam mensetting motor baru semoga menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang kaskus jual beli mobil bekas


Temukan artikel terkait:   Tips Belajar Motor Kopling
More aboutPetunjuk Mensetting Motor Baru

Ngomongin Menyetting Lambu Depan Mobil

Posted by jenggot kambing

Lampu depan mobil terkadang sorot lampunya berubah sendiri karena guncangan atau hal lain bagaimana cara mensettingnya supaya pas sesuai yang kita inginkan ?, simak tipsnya berikut ini:

Sebelum menyetel sorot lampu depan perlu setidaknya kita tahu penyebab sorot headlamp mobil berubah:
1. Kemungkinan bohlam tidak duduk dengan benar pada tempatnya, jadi pastikan dulu bohlam h4 untuk headlamps sudah duduk dengan benar pada dudukannya. Biasa terjadi setelah mengganti bohlam untuk headlamps.
2. Penyebab lain karena getaran, reflektor terlepas dari baut untuk setelan Headlamp, untuk masalah ini biasa nya sorot lampu depan susah atau tidak bisa untuk di setel.
Kalau terbiasa stel headlamp tidak di perlukan cara yang ribet karena sorot headlamps sendiri memiliki batas atas, jadi batas sorot lampu headlamps tersebut yang kita manfaatkan.

Yang perlu kita tahu adalah bagian pada headlamp yang berfungsi untuk menyetel tinggi rendah dan kiri-kanan sorot lampu headlamps. Lihat gambar di samping dan bandingkan dengan gambar paling atas terdapat perbedaan tempat dan fungsi baut setelan head lamp.

Cara Setting Headlamps Dengan Mudah adalah ambil tempat rata dengan jarak pandang cukup jauh ke depan, nyalakan lampu depan kemudian setel pengatur sorot headlamp.

Mengatur sorot Headlamp bisa dengan obeng atau kunci atau pun cukup dengan tangan karena setelan biasanya cukup dengan tenaga dari tangan untuk beberapa tipe dan merek mobil. Pastikan pada sorot lampu terjauh untuk lampu bawah tidak melebihi ketinggian lampu mobil.

Cara yang lain untuk menyetel atau setting headlamp adalah menggunakan media papan atau tembok. Buat jarak minimal antara headlamp dengan tembok berjarak 10 meter dan tentu saja sebaiknya dilakukan di malam hari.

Berikut cara seting headlamp dengan media tembok:
    Dekatkan mobil ke tembok dan buat tanda garis sesuai ketinggian lampu.
    Mundurkan mobil dan atur ketinggian sorot lampu dengan mengubah setelan di head lamp sampai sinarnya sejajar dengan garis yang sudah dibuat di tembok.
    Untuk mobil di Indonesia dengan setir di kanan, arahkan sorotan lampu ke sisi kiri. Tujuannya agar sinar dapat menerangi sisi kiri jalan, seperti trotoar atau batas aspal.
Demikian tipsnya dalam mensetting lampu depan mobil semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang jual beli mobil bekas tokobagus



Temukan artikel terkait:   Tips Setting Rem Cakram Motor
More aboutNgomongin Menyetting Lambu Depan Mobil