Posted by
jenggot kambing on Friday, December 28, 2012
Tangki motor adalah
komponen penampung bahan bakar oleh karena itu perlu perawatan juga agar
terhindar dari kebocoran ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk
menghindari kebocoran pada tangki motor anda, berikut tipsnya:
-Berikan magnet pada dalam tangki, berfungsi untuk menarik kerak-kerak besi pada dalam tangki
-Jika
sudah bocor ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis trus
bagian dalam tangki di cat poksi anti karat, dijamin tidak ada keluhan
rembesan yang berpindah pindah.
-Rekomendasinya menggunakan epoxy
tapi karena lubangnya terlalu besar ditutup dulu dengan fibreglass woven
dan resin, jadi ada composite material. butuh waktu sekitar 6 jam sampe
kering benar. campuran hardenernya dipilih tidak terlalu banyak, agar
tidak getas, dan kurang nempel. jika sudah tertempel rapi dan baik di
bagian tangki yg bocor baru akhirnya ditutupi lagi seluruhnya dengan
epoxy/plastic steel. permukaan yang ditutup material ini sengaja lebih
lebar dari yang ditutup pelat kompositenya berharap dari kekuatan
material kedua ini, semuanya lebih terekat baik.
untuk bahan yang kedua ini sebenarnya cepat kering.
cara lengkapnya:
Langkah
awal lepaskan tangki dari motor, kuras bensin dan keringkan. Jika
korosinya sudah parah ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Kemudian
ikuti proses berikutnya. Siapkan pelor komstir sebanyak mungkin dan 1
liter tiner. Masukkan ke dalam tangki dan guncang agar pelor bergerak ke
seluruh tangki. Lakukan proses ini berulang-ulang, sehingga cairan
tiner yang keluar dari tangki bersih dari karat. Kemudian keringkan di
bawah terik matahari.
Setelah benar-benar kering, siapkan
campuran tiner dengan epoxy. Usahkan campuran ini jangan terlalu kental,
ada baiknya encer. Masukkan cairan epoxy ini ke dalam tangki. Goyangkan
tangki agar cairan epoxy merata ke seluruh bagian. Diamkan tangki di
tempat teduh hingga lapisan epoxy kering. Lakukan ini berulang ulang
agar lapisan epoxy di dalam tangki tebal.
Setelah selesai pasang kembali tangki ke posisi semula.
-Untuk pencegahan, jangan sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Soalnya bisa mengundang kondensasi dan air.
Demikian
tipsnya dalam merawat tangki motor agar terhindar dari kebocolan tangki
bahan bakar semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang modifikasi motor satria f150
More about → Langkah Perawatan Tangki Motor
Posted by
jenggot kambing
Rantai motor adalah salah
satu yang paling berharga dari kelengkapan perjalanan sebuah motor
karena bila rantainya kendur atau putus tentunya akan sangat mengganggu
perjalanan anda oleh karena itu rantai motor perlu perawatan, berikut
ada beberapa tips perawatan rantai motor:
1.Periksa kondisi gir
atau rantai apakah kendur atau tidak, lakukanlah penyetelan dengan
mengendurkan baut swing arm dan menyetel rantai dengan jarak antara 8 -
11 mm.
2.bersihkan rantai dengan minyak pembersih, misalnya menggunakan solar.
3.Perhatikan
kondisi penutup rantai apakah kondisinya terpasang dengan baik, sebab
apabila kondisi penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik,
disamping membahayakan dapat juga menyebabkan suara berisik gesekan
antara rantai dan penutup.
4.Berilah pelumas secukupnya, karena pelumas yang berlebihan juga membahayakan. bisa menetes ke ban dan membuat ban selip.
Demikian tips perawatan rantai motornya semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang tips modifikasi motor
Temukan artikel terkait: Tips Perawatan Rantai Motor
More about → Step Perawatan Rantai Motor
Posted by
jenggot kambing
Menaikan kompresi salah
satunya dengan cara mencopot ring pada busi agar kompresi bisa dinaikan.
Memang masuk akal karena secara teknis kepala busi lebih masuk ke dalam
dan akan mengurangi volume ruang bakar sehingga rasio kompresi sedikit
naik.
Tetapi anda perlu ingat bahwa fungsi ring mencegah busi tidak
kendur
karena getaran mesin. Jika sampai terjadi maka kompresi akan turun dan
tenaga motor malah akan melemah. Sebaliknya, jika busi dikencangkan kuat
risikonya lubang ulir slek dan lebih buruk lagi.
Ada cara yang lebih
baik dengan tetap memasang ring busi. Caranya adalah melepas dulu busi
dari mesin atau sediakan busi baru. Pada badan busi ada dudukan ring,
lakukan pemotongan setebal 1,5 mm.
Untuk urusan ini, anda bisa
serahkan pada bengkel bubut. Kalau sudah selesai pasang lagi di mesin,
tentunya ring busi akan lebih mendem atau lebih dalam. Yang perlu anda
ingat adalah membuka-memasang busi sebaiknya lakukan dalam kondisi mesin
dingin.
Dijamin kompresi naik dan busi tidak akan kendur serta bunga
api akan semakin cepat membakar campuran bahan bakar dengan udara.
Karena posisi pemantik api itu jadi lebih masuk ke dalam.
Bagi yang
khawatir kepala piston atau klep terbentur busi, sebelum menghidupkan
mesin coba lakukan langkah berikut. Buka penutup pada blok mesin sebelah
kiri, lalu putar kruk-as dengan kunci T 14 sampai 4 kali putaran. Jika
tidak ada benturan maka menandakan mesin motor anda aman untuk
dihidupkan atau dinyalakan.
Demikian pembahasannya soal menaikan
kompresi mesin motor semoga bermanfaat untuk anda dan tenaga motor anda
bisa bertambah, temukan info menarik tentang modifikasi motor trail
Temukan artikel terkait: Tips Perawatan Tangki Motor
More about → Petunjuk Menaikan Kompresi Mesin Motor