Langkah Melewati Tanjakan Saat Mengemudi Mobil

Posted by jenggot kambing on Tuesday, September 4, 2012




Mengemudikan mobil di tanjakan memang bukan hal yang mudah terkadang saat di jalan tersebut ada saja rintangannya seperti datang mobil dari arah yg berlawanan dan anda, harus membuat pas mobil anda menghindari mobil tersebut agar tidak menyerempet atau tertabrak, berikut ada beberapa tips untuk anda menyetir mobil di tanjakan:


  • Kemudikan mobil dengan gigi persneling 2-3 sesuai dengan kecepatan dan tingginya tanjakan yang ditempuh.
  • Jika mengharuskan kita untuk berhenti, maka cara berhenti di jalan tanjakan dapat kita gunakan berbagai cara. Ada 3 (tiga) teknik atau cara berhenti di tanjakan yang sering digunakan, yaitu: Berhenti dengan rem tangan, berhenti dengan rem kaki, berhenti dengan setengah kopling/kombinasi antara gas dan kopling.
  • Berhenti dengan Rem Tangan: teknik ini merupakan cara yang aman jika berhenti di tanjakan yang cukup tinggi dan dalam waktu yang lama. Caranya: Injak Pedal Rem Kaki dan Pedal Kopling untuk menghentikan mobil, selanjutnya amankan mobil dengan menarik/mengangkat tuas Rem Tangan dan pindahkan persneling ke gigi netral. Jika akan berjalan kembali, pindahkan persneling ke gigi 1 (satu), tekan pedal gas, lepas kopling sampai terasa mobil sedikit bergetar, dan lepas/turunkan rem tangan pelan-pelan, jika sudah berjalan bantu dengan menginjak gas lebih dalam. Maka mobil akan melaju pelan-pelan tanpa mundur sedikitpun. Jika mobil mundur, berarti pedal kopling kurang diangkat/lepas dan pedal gas kurang diinjak.
  • Berhenti dengan Rem Kaki: Caranya adalah dengan menghentikan mobil sebentar, yaitu injak pedal kopling dan pedal rem kaki untuk menghentikan mobil. Selanjutnya jika ingin berjalan kembali: lepas atau angkat pedal kopling sedikit sampai terasa mobil sedikit bergetar (yang menandakan tenaga disalurkan ke gigi). Kemudian lepas rem kaki pelan-pelan dan setelah berjalan sedikit, bantu dengan menginjak gas. Bagus untuk tanjakan yang kurang tinggi dan berhenti sebentar.
  • Berhenti dengan Setengah Kopling (½ kopling)/Kombinasi Gas dan Kopling: yaitu, jika situasi jalan mengharuskan kita untuk berhenti dalam waktu yang cukup singkat dan di tanjakan yang kurang tinggi. Caranya: hentikan laju kendaraan dengan menginjak pedal kopling dan menahan pedal gas sampai mobil berhenti. Jika ingin melanjutkan kembali perjalanan, maka lepas atau angkat pedal kopling pelan-pelan, selanjutnya bantu dengan menginjak pedal gas. Teknik ini memang dapat memboroskan bahan bakar (BBM) dan cepat merusak kanvas kopling, namun tidak ada salahnya jika ingin digunakan.
  • Dalam kombinasi antara kopling dan gas harus diatur atau sesuaikan antara kedalaman gas dan kopling, semakin dalam gas maka penginjakkan kopling akan semakin dalam begitu pun sebaliknya. Jika mesin terdengar meraung keras berarti kombinasinya belum seimbang, hal ini dapat diatasi dengan mengurangi penekanan pada kopling atau mengurangi penekanan pada gas dan menambah penekanan pada kopling.

Demikian tipsnya dalam menyetir mobil di tanjakan semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang sewa mobil murah
More aboutLangkah Melewati Tanjakan Saat Mengemudi Mobil

Langkah Menghindari Stress di Perjalanan Saat Macet

Posted by jenggot kambing




Melakukan perjalanan jauh dan mengalami kemacetan di jalan tentu saja sering membuat orang stress dan bosan, bagaimana cara mengatasi kemacetan di jalan saat di perjalanan dalam mengemudikan mobil?, berikut adalah tipsnya:


1. Jangan terburu-buru
Terburu-buru dan tak mau kalah adalah penyebab utama stres di jalanan yang macet. Karena hal ini pula maka banyak terjadi kecelakaan lalu lintas. Agar tidak terburu-buru, siasati dengan berangkat lebih dini dan perhitungkan banyak waktu yang akan dihabiskan di jalan akibat macet.

2. Ciptakan suasana berkendara yang menyenangkan
Setiap pengendara memiliki karakterisitik dan temperamennya masing-masing. Jangan mudah terpancing oleh ulah pengendara lain yang menyulut emosi. Pastikan situasi di dalam kendaraan tetap kondusif dan nyaman. Kalau perlu, bawa perlengkapan yang membuat tubuh jadi santai seperti alat pijat, menyalakan radio atau bermain game untuk yang tidak menyetir.

3. Buat hawa tetap dingin
Suasana yang panas terik sudah cukup membuat kondisi jalan raya jadi menyebalkan. Untuk mendinginkan suasana, nyalakan AC atau selalu bawa minuman agar tubuh tetap terhidrasi.

4. Rapikan interior kendaraan
Tumpahan susu, makanan atau barang-barang lain yang carut-marut di dalam mobil membuat suasana berkendara menjadi tidak nyaman. Barang-barang yang berantakan di dalam mobil juga dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Apabila terjadi kemungkinan terburuk seperti tabrakan, benda-benda pengganggu tersebut bisa malah mengancam nyawa.

5. Memastikan anak-anak tetap tenang
Ketika terjebak macet, anak-anak jelas akan cepat merasa bosan lantas berteriak atau menangis. Gangguan ini juga dapat mempengaruhi pengemudi. Apabila membawa si kecil, sebaiknya lengkapi perjalanan dengan buku dan permainan yang berguna. Bisa juga dengan melengkapi kendaraan dengan sistem hiburan yang membuat anak-anak tetap tenang.

6. Lampu Penerangan Harus Baik
Saat yang paling melelahkan untuk mengemudi biasanya adalah malam hari. Mungkin itu sebabnya kecelakaan mobil lebih cenderung berakibat fatal setelah hari mulai gelap. Agar lampu penerangan makin oke, pasanglah satu set lampu tambahan yang dapat menyinarkan cahaya lebih luas sehingga dapat menerangi jalan lebih jauh ke depan dibanding lampu standar.

7. Jangan Menatap Matahari
Mengemudi sambil menantang arah sinar matahari bisa melelahkan dan berbahaya, terutama ketika matahari berada di sudut ketinggian yang rendah dan menyilaukan. Tambahkan penghalang sinar matahari yang lebih luas agar mempermudah pengemudi melibas kemacetan di pagi dan sore hari.

8. Bawa Bekal Makanan
Kelaparan dapat membuat orang jadi mudah marah. Oleh karena itu, bawa selalu makanan dalam perjalanan panjang. Trik ini sangat bermanfaat bagi orangtua dan orang-orang sibuk yang kurang sreg dengan menu-menu restoran cepat saji.

9. Cari Jalur Alternatif
Saat ini, pengemudi dapat memperoleh informasi kondisi lalu lintas lewat media jejaring sosial, televisi maupun radio. Dengan demikian, pengemudi dapat memperkirakan jalur manakah yang ramai dan perlu dihindari agar tidak terjebak macet.

10. Jangan Sampai Tersesat
Kehilangan arah dan tersesat adalah hal yang umum dialami saat melakukan perjalanan panjang. Selain menyita waktu, masalah ini juga menguras energi. Agar tak tersesat, lengkapi mobil dengan sistem navigasi GPS (Global Positionong System) dan peta jalan agar dapat memastikan posisi kendaraan.

Demikian tipsnya dalam mengatsi stress saat macet di perjalanan mengendarai mobil, temukan info menarik tentang sewa mobil harian


Temukan artikel terkait: Tips Melewati Tanjakan Saat Mengemudi Mobil
More aboutLangkah Menghindari Stress di Perjalanan Saat Macet

JVC Handycam GZ-HM445HD, Handycam Mid-End Yang Cukup Bersaing

Posted by jenggot kambing


Mungkin bagi sebagian orang awam nama raksasa elektronik JVC bukanlah suatu brand yang besar seperti Sony dan Panasonic, tetapi percayalah bahwa kualitas elektronik dan reabilitas produk dari JVC memang patut di acungi jempol. Kali ini yuk kita intip sedikit salah satu JVC Handycam terbaik di kelas mid-end yang memang cukup bejaban dari segi harga dan fitur yang di tawarkan khusus bagi anda yang mempunyai buget lumayan tetapi menginginkan fitur dan spek terbaik sebagai jaminannya.

http://media1.id.88db.com/DB88UploadFiles/2012/08/11/6A211204-37F1-40BB-BA04-344185F6CF55.jpg

.

GZ-HM445HD merupakan salah satu JVC Handycam dengan sensor CMOS yang di klaim dapat menghasilkan tampilan gambar yang lebih terang meskipun di dalam ruangan yang kurang cahaya yang redup sekalipun. Handycam ini sendiri mempunyai Zoom Optikal hingga 40x dan di sematkan pula fitur Image Stabilization di dalamnya. Untuk sisi displaynya sendiri telah dibenamkan layar sentuh berukuran 2.7 inch yang terintegrasi.,tak lupa pula dari sisi media penyimpanannya telah mengadopsi dua slot kartu memory berformat SD/SDHC/SDXC.


Handycam yang di bandrol sebesar 3.6jutaan ini mempunyai segudang fitur andalan antara lain :

AVCHD & Standard Definition Dual Format, 1/5.8-Inch 1.5M Pixel CMOS, Konica Minolta HD Lens, 40x Optical Zoom (in High Definition)/70x Dynamic Zoom (in Standard Definition)/200x Digital Zoom, Memory Card Slot for SDXC/SDHC/SD (Dual), 2.7" "Frameless" Touch Panel LCD (230k), 24Mbps High Bit-Rate Recording, Advanced Image Stabilizer, Intelligent AUTO, Time-Lapse REC/Auto REC, Smile Meter/Smile Shot, Face Sub-Window, Animation Effect, K2 Technology for High Quality Sound, HDMI® Output (Mini), Face Recognition, Easy Upload to YouTube™ / Facebook (HD Compatible), Pixela Everio MediaBrowser 3 provided in camera (for Windows®).

Untuk lebih lengkapnya silahkan cek langsung di situs official mereka

More aboutJVC Handycam GZ-HM445HD, Handycam Mid-End Yang Cukup Bersaing