Rental Mobil Naik Menjelang Lebaran

Posted by anggota member on Tuesday, September 8, 2009

Biro jasa rental mobil di Jakarta Utara, di Jalan Deli Tanjung Priok dan Jalan Pocis, Koja mulai ramai peminat. Pantauan di Jalan Deli, peminat penyewaan mobil menjelang lebaran mulai ramai, seperti penuturan Daeng Asrid (40), yang memiliki 13 unit mobil.

"Saat ini, baru ada lima orang yang menyewa mobil saya," ujar Daeng. Kelima mobil tersebut, di sewa tujuan Situbondo, Jawa Timur.


Penyewa mobil, kebanyakan adalah pegawai Bea Cukai Tanjung Priok dan EMKL.


Ramainya orang yang menyewa mobil, pada tanggal 18 September nanti. Biasanya karyawan maupun pegawai sudah banyak yang libur. Untuk Jalan Deli sendiri, mobil yang tercatat sebanyak 200 unit.


"Disini mobil banyaknya saat mau lebaran," kata Daeng warga Kali Baru Barat, Cilincing tersebut.


Namun saat ditanya tarif sewa mobil, tergantung jarak tempuh. Tujuan Bali, Padang, Jawa Tengah dan Surabaya, jasa sewa sebesar Rp 4 juta, untuk 10 hari.


Itu belum termasuk sopir. Jasa sopir dikenakan Rp 150 ribu per harinya.


Namun kalau penyewa tidak memerlukan sopir, maka diminta KTP dan identitas tempat tinggalnya. "Biasanya kita survei dulu tempat penyewa," terang Daeng. Dan lebih bagus kalau memilih rental yang mempunyai
asuransi kendaraan resmi.


Selain itu, kalau ada kerusakan mobil akan ditanggung penyewa. Penyewa hanya membayar klaim ausransi kerusakan.


"Mobil rental di Jalan Deli, sudah diasuransikan," ujar Daeng.


Peminat mobil rental, kebanyakan Avanza dan Xenia. Namun pemilik mobil pun membatasi penumpang yang naik mobil rental.


Begitu juga dengan keterangan Johari (44), yang menyewakan 2 unit mobil.


"Saya menyewakan mobil, sejak tahun 2005," ujar Johari. Saat ini, belum banyak orang yang menyewa mobil. Penyewa mobil saat ini baru dalam kota.


Tarifnya hanya Rp300 ribu, tanpa sopir. Namun disaat menjelang lebaran, tarif sewa naik Rp 100 ribu. Namun mejelang tanggal 18 nanti, penyewa harus sistem paket. Untuk masa sewa 10 hari.


Pemberi jasa rental mobil, meraup keuntungan menjelang lebaran. Selain menyewakan mobil, Johari pun menawarkan jasa antar pemudik. Tujuan Semarang dan Cirebon dikenakan tarif Rp 1,5 juta.


Begitulah event tahunan yang dinamakan mudik. Bukan hanya di Jakarta, di kota-kota besar lain juga banyak rental mobil. Misalnya
rental mobil Surabaya dan rental mobil kota lainnya.


http://ramadhan.antaranews.com


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }