Theodolite Survey Tips

Posted by Sate Ayam on Friday, August 21, 2009



theodolite atau theodolit merupakan alat yang paling canggih di antara peralatan yang digunakan dalam survei. Pada dasarnya alat ini berupa sebuah teleskop yang ditempatkan pada suatu dasar berbentuk membulat (piringan) yang dapat diputar-putar mengelilingi sumbu vertikal, sehingga memungkinkan sudut horisontal untuk dibaca. Teleskop tersebut juga dipasang pada piringan kedua dan dapat diputar-putar mengelilingi sumbu horisontal, sehingga memungkinkan sudut vertikal untuk dibaca. Kedua sudut tersebut dapat dibaca dengan tingkat ketelitian sangat tinggi (farrington 1997).

Teleskop pada
theodolite atau theodolit dilengkapi dengan garis vertikal, stadia tengah, stadia atas dan bawah, sehingga efektif untuk digunakan dalam tacheometri, sehingga jarak dan tinggi relatif dapat dihitung. Dengan pengukuran sudut yang demikian bagus, maka ketepatan pengukuran yang diperoleh dapat mencapai 1 cm dalam 10 km. Pada saat ini alat survey seperti alat theodolit sudah diperbaiki dengan menambahkan suatu komponen elektronik. Komponen ini akan menembakkan beam ke objek yang direfleksikan kembali ke mesin melalui cermin. Dengan menggunakan komponen alat survey seperti alat theodolit tersebut pengukuran jarak dan tinggi relatif hanya berlangsung beberapa detik saja. Bila komponen tersebut ditempatkan pada bagian atas alat theodolite, maka disebut electronic distance measurers (edm), namun bila merupakan satu unit tersendiri maka disebut automatic level atau theodolite total station (farrington 1997).


survei dengan menggunakan theodolite dilakukan bila situs yang akan dipetakan luas dan atau cukup sulit untuk diukur, dan terutama bila situs tersebut memiliki relief atau perbedaan ketinggian yang besar. Dengan menggunakan automatic level atau theodolite total station ini, keseluruhan kenampakan atau gejala akan dapat dipetakan dengan cepat dan efisien (farrington 1997).

Alat-alat yang diperlukan: sebuah survey theodolite, tripod, levelling stave, buku catatan, pensil, patok berbendera untuk menandai situs.

Cara pembacaan sudut berbeda antara satu tipe
alat theodolite dengan tipe yang lain. Tiap alat theodolite mempunyai sebuah skala vernier. Skala ini akan memberikan hasil pembacaan derajat dan menit.

Dukung kampanye stop dreaming start action

http://dsanji.blogspot.com

{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

Electronic theodolite DT200 series, Electronic theodolite DT Series manufacturers and suppliers India. Janak deals in all types of surveying equipments.