Tips Mengolah Pasta

Posted by Sate Ayam on Tuesday, December 23, 2008

Bahan dan Pembuatan

Pasta / makaroni panggang adalah produk dari tepung terigu hard wheat varietas durum atau tepung semolina (milled durum), yaitu butiran dari endosperm biji gandum. Tepung ini kemudian dicampur dengan air dan diperkaya dengan telur. Hanya varietas gandum jenis durum yang cocok untuk membuat pasta/bake macaroni atau baked macaroni. Tingginya kandungan protein gluten terkandung menjadikan adonan pasta kenyal dan elastis, adonan ini kemudian dibentuk dan dikeringkan hingga kadar airnya 12 %, tentunya agar tahan disimpan lama.

Ragam Bentuk Pasta

Ada ratusan bentuk pasta macaroni, berikut beberapa diantaranya:

· Farfalle. Pasta bentuk dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Cocok untuk hidangan salad atau main course dengan saus yang creamy seperti mornay sauce.

· Conchiglioni. Menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi soup, salad dan main course.

· Lasagne. Berbentuk lembaran tipis dengan panjang ± 27 cm, lebar 5 cm. Dapat dijumpai dalam tiga warna, kuning untuk hidangan panggang, merah biasanya di olah dengan saus tomat dan hijau cocok dipadu dengan bayam atau aneka sayuran.

· Spaghetti. Bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok di sajikan dengan saus bolognese (saus tomat dengan daging cincang). Masih sejenis spaghetti dengan ukuran lebih kejil dan pendek dikenal dengan sebutan vermicelli. Cocok diolah bersama seafood, daging maupun untuk isi soup.

· Fusilli. Menyerupai bentuk spiral. Biasanya di olah dengan cream sauce dengan tomat dan kacang polong.

· Baked Macaroni. Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang ditengahnya. Terasa pas untuk hidangan panggang seperti macaroni schootel dan isi aneka soup.

· Canelloni. Seperti pipa agak besar. Biasanya diisi daging pada bagian tengahnya yang berlubang.

Tips Mengolah Pasta / Baked Macaroni:

· Pasta terasa pas kekenyalanya jika direbus sampai al dente, tidak mentah dan tidak terlalu matang sehingga terasa kenyal jika digigit.

· Rebus pasta macaroni dengan air yang sudah mendidih dan banyak. Perbandingannya 1.5 liter air untuk 100 gr pasta. Cara ini memungkinkan pasta mengembang sempurna dan tidak saling menempel.

· Pasta basah memerlukan 2-3 menit waktu perebusan atau makaroni panggang, untuk yang kering 8-10 menit. Kurang dari waktu ini biasanya pasta akan terasa mentah, jika lebih pasta akan lunak dan kehilangan kekenyalan.

· Tambahkan sedikit garam pada air perebusan agar cita rasa pasta lebih lezat

· Jangan menambahkan minyak atau mentega supaya bake macaroni tidak saling lekat. Tinggalkan kebiasaan ini karena menjadikan saus pelengkap tidak bisa meresap pada pasta.

· Campur dengan saus pelengkap segera selagi panas. Cara ini lebih baik karena menjadikan saus lebih meresap, pasta tidak saling menempel dan lebih lezat tentunya. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Temukan informasi mengenai Baked Macaroni, Bake Macaroni, Pasta Macaroni, Makaroni Panggang dan Baked & Bake Macaroni: Pasta Macaroni - Makaroni Panggang Delivery pada 88db.com

http://myhobbyblogs.com

{ 0 comments... read them below or add one }