Langkah Perawatan Tangki Motor

Posted by jenggot kambing on Friday, December 28, 2012



Tangki motor adalah komponen penampung bahan bakar oleh karena itu perlu perawatan juga agar terhindar dari kebocoran ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menghindari kebocoran pada tangki motor anda, berikut tipsnya:

-Berikan magnet pada dalam tangki, berfungsi untuk menarik kerak-kerak besi pada dalam tangki
-Jika sudah bocor ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis trus bagian dalam tangki di cat poksi anti karat, dijamin tidak ada keluhan rembesan yang berpindah pindah.
-Rekomendasinya menggunakan epoxy tapi karena lubangnya terlalu besar ditutup dulu dengan fibreglass woven dan resin, jadi ada composite material. butuh waktu sekitar 6 jam sampe kering benar. campuran hardenernya dipilih tidak terlalu banyak, agar tidak getas, dan kurang nempel. jika sudah tertempel rapi dan baik di bagian tangki yg bocor baru akhirnya ditutupi lagi seluruhnya dengan epoxy/plastic steel. permukaan yang ditutup material ini sengaja lebih lebar dari yang ditutup pelat kompositenya berharap dari kekuatan material kedua ini, semuanya lebih terekat baik.
untuk bahan yang kedua ini sebenarnya cepat kering.

cara lengkapnya:
Langkah awal lepaskan tangki dari motor, kuras bensin dan keringkan. Jika korosinya sudah parah ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Kemudian ikuti proses berikutnya. Siapkan pelor komstir sebanyak mungkin dan 1 liter tiner. Masukkan ke dalam tangki dan guncang agar pelor bergerak ke seluruh tangki. Lakukan proses ini berulang-ulang, sehingga cairan tiner yang keluar dari tangki bersih dari karat. Kemudian keringkan di bawah terik matahari.

Setelah benar-benar kering, siapkan campuran tiner dengan epoxy. Usahkan campuran ini jangan terlalu kental, ada baiknya encer. Masukkan cairan epoxy ini ke dalam tangki. Goyangkan tangki agar cairan epoxy merata ke seluruh bagian. Diamkan tangki di tempat teduh hingga lapisan epoxy kering. Lakukan ini berulang ulang agar lapisan epoxy di dalam tangki tebal.
Setelah selesai pasang kembali tangki ke posisi semula.

-Untuk pencegahan, jangan sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Soalnya bisa mengundang kondensasi dan air.

Demikian tipsnya dalam merawat tangki motor agar terhindar dari kebocolan tangki bahan bakar semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang modifikasi motor satria f150
More aboutLangkah Perawatan Tangki Motor

Step Perawatan Rantai Motor

Posted by jenggot kambing



Rantai motor adalah salah satu yang paling berharga dari kelengkapan perjalanan sebuah motor karena bila rantainya kendur atau putus tentunya akan sangat mengganggu perjalanan anda oleh karena itu rantai motor perlu perawatan, berikut ada beberapa tips perawatan rantai motor:

1.Periksa kondisi gir atau rantai apakah kendur atau tidak, lakukanlah penyetelan dengan mengendurkan baut swing arm dan menyetel rantai dengan jarak antara 8 - 11 mm.
2.bersihkan rantai dengan minyak pembersih, misalnya menggunakan solar.
3.Perhatikan kondisi penutup rantai apakah kondisinya terpasang dengan baik, sebab apabila kondisi penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik, disamping membahayakan dapat juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup.
4.Berilah pelumas secukupnya, karena pelumas yang berlebihan juga membahayakan. bisa menetes ke ban dan membuat ban selip.

Demikian tips perawatan rantai motornya semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang tips modifikasi motor



Temukan artikel terkait:  Tips Perawatan Rantai Motor
More aboutStep Perawatan Rantai Motor

Petunjuk Menaikan Kompresi Mesin Motor

Posted by jenggot kambing



Menaikan kompresi salah satunya dengan cara mencopot ring pada busi agar kompresi bisa dinaikan. Memang masuk akal karena secara teknis kepala busi lebih masuk ke dalam dan akan mengurangi volume ruang bakar sehingga rasio kompresi sedikit naik.
Tetapi anda perlu ingat bahwa fungsi ring mencegah busi tidak
kendur karena getaran mesin. Jika sampai terjadi maka kompresi akan turun dan tenaga motor malah akan melemah. Sebaliknya, jika busi dikencangkan kuat risikonya lubang ulir slek dan lebih buruk lagi.
Ada cara yang lebih baik dengan tetap memasang ring busi. Caranya adalah melepas dulu busi dari mesin atau sediakan busi baru. Pada badan busi ada dudukan ring, lakukan pemotongan setebal 1,5 mm.
Untuk urusan ini, anda bisa serahkan pada bengkel bubut. Kalau sudah selesai pasang lagi di mesin, tentunya ring busi akan lebih mendem atau lebih dalam. Yang perlu anda ingat adalah membuka-memasang busi sebaiknya lakukan dalam kondisi mesin dingin.
Dijamin kompresi naik dan busi tidak akan kendur serta bunga api akan semakin cepat membakar campuran bahan bakar dengan udara. Karena posisi pemantik api itu jadi lebih masuk ke dalam.
Bagi yang khawatir kepala piston atau klep terbentur busi, sebelum menghidupkan mesin coba lakukan langkah berikut. Buka penutup pada blok mesin sebelah kiri, lalu putar kruk-as dengan kunci T 14 sampai 4 kali putaran. Jika tidak ada benturan maka menandakan mesin motor anda aman untuk dihidupkan atau dinyalakan.

Demikian pembahasannya soal menaikan kompresi mesin motor semoga bermanfaat untuk anda dan tenaga motor anda bisa bertambah, temukan info menarik tentang modifikasi motor trail



Temukan artikel terkait:  Tips Perawatan Tangki Motor
More aboutPetunjuk Menaikan Kompresi Mesin Motor