Kunci Sukses Utama Bisnis Katering

Posted by malamjumat on Friday, December 26, 2008

Apa yang menjadi kunci sukses bisnis katering ini?

PUNYA VISI

Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.

RENCANA MATANG

Persiapan untuk seorang bayi banyak sekali dan juga penuh dengan detail. Mulai dari kamar, ranjang, popok, baju, dan sebagainya. Bisnis katering juga sama. Perlu persiapan dan perlu sebuah "business planning". Tidak perlu nyelimet. Karena terlalu rumit pun malah makan waktu. Misalnya membuat rencana sampai 6 bulan. Misalnya saja apakah Anda akan fokus ke paket catering pernikahan atau katering ulang tahun atau malahan semuanya, dsb.


Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalnya dalam paket catering pernikahan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi, semuanya harus masuk "check-list". Hal ini untuk menghindarkan situasi yang "chaos"(tumpang-tindih, RED), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang. Anda tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering telah Anda pikirkan.

KONSEP PEMASARAN

Nah, di dalam membuat rencana tadi, tidak jarang Anda harus riset kecil-kecilan. Terutama dalam menentukan konsep pemasaran kita. Dan tentunya, agar kita bisa bersaing dengan para kompetitor kita di masa mendatang. Seperti katering murah, dsb.

Konsep pemasaran terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensurvai para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu terpopuler untuk katering di Jakarta. Nah, khusus, ke 10 menu itu, Anda mutlak menguasainya.

Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa catering murah.


HAL KEDUA yang perlu Anda riset saksama adalah faktor harga kompetitor dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah. Atau Anda menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda yang salah. Di sini Anda perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.

YANG KETIGA DAN KEEMPAT adalah lokasi dan promosi. Lokasi menentukan seberapa jauh Anda bisa melayani klien Anda. Dan promosi menentukan kelancaran order Anda. Pilihlah nama katering yang unik sehingga klien mudah ingat. Jangan lupa mencantumkan alamat katering Anda di dus makanan, dan kantong plastik. Jadikanlah kartu nama Anda sebagai alat promosi utama yang murah dan efektif. Aktiflah berpromosi. Jangan sungkan mengirim contoh makanan kepada relasi, pabrik, kantor, dan sebagainya. Karena bisnis kartering, berawal dari lidah dan baru jatuh ke hati. Selamat mencoba.

http://delijasaboga.blogspot.com

Temukan Catering Murah, Katering Murah, Paket Catering Pernikahan, Katering Ulang Tahun hanya di Catering & Katering Murah: Paket Catering Pernikahan & Ulang Tahun 88db.com

More aboutKunci Sukses Utama Bisnis Katering

Membangun Bisnis Sablon Kaos T-shirt

Posted by malamjumat

Bisnis ini memang punya peluang yang baik. Masih banyak orang yang menjadikan T-shirt sebagai cendera mata atau pakaian kasual yang memang cocok dengan iklim negara kita. Mari kita belajar dari pebisnis yang berhasil dalam bidang ini. Sebut saja Dagadu dari Yogya, Joger dari Bali dan C-59 dari Bandung. Salah satu keberhasilan mereka adalah karena mereka memiliki desain & jual kaos sablon yang orisinil dan khas!

Jadi, kunci sukses dalam bisnis kaos sablon ini adalah desain. Rasanya kamu semua punya modal untuk itu, karena secara sederhana desain adalah kreativitas. Nah, ciptakan desain-desain yang baik dan unik agar menempati posisi yang baik di mata konsumen. Ini penting jika kamu memang ingin membangun brand atau merek sendiri. Misalnya desain untuk aksesoris couple, atau yang jual aksesoris lainnya.

Tentu amat berbeda jika untuk 'sekadar' membuat sablon kaos biasa. Desain menjadi tidak penting karena desain dapat diambil dari mana saja. Contohnya, nama klub dan logo sepak bola dari Liga Italia, Liga Inggris, atau Liga Indonesia, merek-merek terkenal, atau sablon kaos untuk kepentingan instansi atau sekolah.

Desain kaos yang 'biasa' ini memang banyak diperjualbelikan di pasar atau toko aksesoris mana saja karena sifatnya yang umum. Risikonya ya harus bertarung dengan yang lain, apalagi harga kaos seperti ini bisa dibawah Rp 20.000. Kamu harus membuatnya dalam jumlah banyak agar skala ekonomis terpenuhi.

Hal lain yag perlu diperhatikan adalah mutu, baik mutu kaos maupun mutu pengerjaan sablonnya. Desain yang bagus kalau dikerjakan dengan ceroboh tentu akan merusak hasil yang diharapkan. Pengetahuan cara menyablon memang harus dikuasai. Apalagi misalnya kaos pasangan (untuk aksesoris couple). Tentunya Anda tidak ingin toko kaos atau gerai Anda hanya sebagai pelengkap saja bukan.

Anggaplah Anda mengikuti 'kursus singkat' 3-6 hari. Keterampilan dasar ini, meliputi misalnya pembuatan screen, pencampuran cat sablon, proses penyablonan, pengetahuan peralatan sablon, jenis cat, jenis kaos, dan sebagainya, sangat penting. Sedangkan untuk meningkatkan mutu kerja, seiring waktu dan banyaknya Anda mencari sumber bacaan, Insya Allah akan tercapai juga.

Untuk mempersingkat learning curve (kurva pengetahuan) dan bisnis Anda, Anda daat melakukannya dengan menerima tukang sablon yang berpengalaman bekerja pada bisnis Anda. Dengan cara seperti ini, bisnis Anda dapat cepat terwujud.

Pusat grosir ataupun toko aksesoris lainnya mungkin bisa dikunjungi untuk mencari kaosnya, peralatan sablon bisa ditanyakan di toko atau tukang sablon yang telah ada. Masukkan ini ke dalam bagian riset pasar Anda.

Setelah desain ada, produknya jadi, tentu pasarnya yang kita tuju. Bagaimana strateginya? Secara ringkas, untuk produk sablon yang 'biasa' tentu Anda harus memiliki distributor yang banyak di setiap pasar, toko bahkan kaki lima untuk memasarkannya. Juga hubungan yang baik dengan instansi atau sekolah yang memerlukan seragam olahraga atau acara dengan memberikan proposal dan harga yang rasional. Kalau Anda bisa, tidak ada salahnya melakukan promosi aksesoris online. Media seperti ini (promosi aksesoris online lumayan berkembang.

Untuk desain kaos dengan merek sendiri, tentu lebih khusus lagi. Memiliki toko kaos sendiri atau gerai tersendiri di department store tertentu atau butik-butik tertentu akan mendongkrak citra produk Anda. Harga kaos Anda pun dapat sedikit di atas rata-rata. Penempatan lokasi jual kaos sablon juga harus Anda perhatikan. Dekatkan dengan konsumen yang hendak Anda tuju.

http://aries-sablon.blogspot.com

Temukan Toko Kaos, Toko Aksesoris, Aksesoris Couple, Jual Kaos Sablon, Jual Aksesoris, Aksesoris Online hanya di Toko Kaos & Aksesoris Couple: Jual Kaos Sablon & Aksesoris Online Jakarta 88db.com

More aboutMembangun Bisnis Sablon Kaos T-shirt

Bisnis Boneka yang Menjanjikan

Posted by malamjumat

Perempuan seringkali dikategorikan sebagai makhluk yang paling sulit dimengerti. Para pria kerap dibuat pusing karena ulah wanita. Sesekali mereka tampak manja dengan mengoleksi berbagai pernak pernik centil, misalnya mengoleksi boneka lucu, seperti boneka hello kitty, boneka doraemon, dll. Namun, sering pula mereka tampak mandiri, seolah tidak membutuhkan orang lain. Bahkan acapkali kaum adam bingung bila melihat pasangan, sahabat atau saudaranya tengah marah. Sebagai solusi sekaligus meredakan amarah, para pria suka memberikan hadiah kecil.

Dari beberapa kado yang diberikan, boneka menjadi alternatif paling dipilih. Pada perkembangannya memberi kado boneka lucu tidak melulu diberikan kepada pria ke wanita. Tetapi juga pada wanita ke wanita sebagai tanda kasihan atau wanita ke pria sebagai kenang-kenangan atau lelucon. Misalnya boneka doraemon, winnie the pooh, dll.

Pada waktu-waktu tertentu, boneka menjadi laris di pasaran dan paling banyak diburu.
Hadiah boneka (seperti boneka hello kity, winnie the pooh, dll) juga sering dijumpai pada hari ulang tahun, hari besar agama atau tahun baru.

Banyak hal yang dilakukan untuk memilih boneka lucu. Biasanya disesuaikan dengan tokoh favorit, yaitu snoopy. Selain itu, juga melihat kualitas bahan boneka. Selanjutnya bentuk seperti yang asli untuk tokoh terterntu. Pemilih juga memperhatikan warna boneka. Harus persis sama.

Masalah harga, sebenarnya ini faktor yang relatif. Ada konsumen yang merasa harga suatu boneka itu mahal. Tetapi ada juga yang merasa biasa saja. Biasanya barang yang mahal diberikan kepada orang special. Melihat antusias pasar, maka bisnis ini sebenarnya sangat menjanjikan. Semoga bermanfaat !!!

http://koranjogja.com

Temukan Boneka Hello Kitty, Boneka Doraemon, Jual Boneka Lucu, Winnie The Pooh Jakarta hanya di Boneka Hello Kitty & Doraemon: Jual Boneka Lucu - Winnie The Pooh Jakarta 88db.com

More aboutBisnis Boneka yang Menjanjikan