Prosedur Klaim Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurance)

Posted by anggota member on Thursday, January 28, 2010

A. Kewajiban Tertanggung / Penerima Barang / Agen atau Pihak yang mewakilinya.

Dalam hal terjadi klaim kerusakan dan atau kehilangan barang
marine cargo, adalah Kewajiban Tertanggung / Penerima Barang / Agen atau Pihak yang mewakilinya untuk melakukan hal-hal sbb:


1. Jangan menandatangani “Surat Tanda Terima Barang / Surat Jalan / Delivery Order” kecuali dengan memberikan catatan mengenai kerusakan dan atau kehilangan barang tersebut.


2. Untuk barang dalam KONTAINER:


- Periksalah dengan seksama Kondisi dan Nomor KONTAINER apakah terdapat kerusakan, berlubang, dsb.

- Periksalah dengan seksama Kondisi dan Nomor SEGEL apakah terdapat kerusakan, hilang dan apakah nomor segel sesuai dengan dokumen pengangkutan
marine cargo.
- Berilah catatan pada “Surat Tanda Terima Barang / Surat Jalan / Delivery Order” jika terdapat kerusakan dan atau kehilangan barang.

3. Segera menghubungi pihak pengangkut / Carrier untuk melakukan survey.


4. Segera menghubungi PERUSAHAAN ASURANSI
cargo untuk melakukan survey bersama.


5. Segera melapor kepada pihak kepolisian jika terjadi kecelakaan lalu lintas, perampokan, bajing loncat dan tindak kejahatan lainnya.


6. Ambillah Foto kontainer termasuk nomor kontainer, segel, dinding, lantai atau atap dimana terdapat kerusakan, dan kondisi barang untuk dokumentasi.


7. Segera mengajukan tuntutan ganti rugi kepada pihak pengangkut / carrier.


B. Survey & Pelaporan Klaim Kepada PERUSAHAAN ASURANSI


Laporan Klaim harus disampaikan kepada PERUSAHAAN ASURANSI atau Survey Agent yang ditunjuk secepatnya, agar PERUSAHAAN ASURANSI atau Survey Agent dapat segera melakukan survey untuk mengetahui penyebab kerusakan, pelaporan klaim maximum 7 hari setelah diketahui terjadinya kerusakan dan atau kehilangan barang.


Tertanggung berkewajiban untuk memberi kesempatan kepada PERUSAHAAN ASURANSI
cargo atau Loss Adjusters yang ditunjuk untuk memeriksa kerusakan barang, kerusakan kapal, wawancara dengan Nahkoda dan atau ABK atau pihak-pihak lain yang terkait.


C. Dokumen Klaim


1. Claim Form yang telah diisi lengkap disertai dengan perincian jumlah kerugian.
2. Polis / Sertifikat Asuransi Asli
3. Bill of Lading atau Konosemen Asli
4. Invoice
5. Packing List
6. Surat Jalan / DO
7. Berita Acara Serah Terima Barang / Survey Report
8. Surat Tuntutan kepada pihak pengangkut / carrier dan balasannya.
9. Penawaran Biaya Perbaikan.
10. Surat Penyerahan Petikemas (SP2)
11. Laporan Kecelakaan Kapal & Surat-surat kelengkapan kapal.
12. Laporan Polisi (untuk pencurian dan kecelakaan lalu lintas).
13. Photo

D. Salvage


1. Tertanggung / Penerima Barang / Agen atau Pihak yang mewakilinya wajib menjaga barang yang rusak dan tidak boleh membuang atau menjualnya tanpa izin tertulis dari PERUSAHAAN ASURANSI.


2. PERUSAHAAN ASURANSI untuk dan atas nama Tertanggung berhak untuk melaksanakan tender / lelang atas salvage tersebut dengan mengundang beberapa salvage buyers untuk berpartisipasi.


3. Tertanggung / Penerima Barang dapat ikut serta dalam tender / lelang atas salvage tersebut.


4. Peraturan pelaksanaan tender / lelang dan penentuan pemenang ditetapkan oleh PERUSAHAAN ASURANSI.


5. Nilai penjualan salvage akan dibayarkan kepada Tertanggung dan akan dikurangkan dari nilai klaim yang disetujui.


E. General Average


Untuk klaim GA Tertanggung / Penerima Barang / Agen atau Pihak yang mewakilinya dilarang untuk menandatangani Average Guarantee atau Membayar Deposit tanpa izin tertulis dari PERUSAHAAN ASURANSI.


ahliasuransi.com
More aboutProsedur Klaim Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurance)

Aksesoris Mobil Bergaya JDM

Posted by Sate Ayam



Populasi honda jazz yang sangat banyak di indonesia membuat beberapa pihak menyediakan aksesoris mobil untuk hatchback jepang tersebut.
Apalagi jazz identik dengan anak muda yang hobi memodifikasi, maka asesoris untuk modifikasi honda jazz pun segudang. Mau bergaya elegant, racing, atau bahkan ekstreem sekalipun bisa.
Nah, untuk anda yang mau mengubah tampilan honda jazz bergaya japanes domestik market (jdm), pt morenahama indonesia (mi) mungkin bisa jadi acuan anda.
Sebab, perusahaan ini sudah beberapa tahun belakangan menjadi distributor unuk aksesoris mobil-mobil jepang termasuk jazz, langsung dari negara asalnya.
"kalau mau modifikasi bergaya jdm baik yang elegant atau racing, semua asesorisnya harus dari jepang," tutur marketing manager mi anthony pratama ketika ditemui di hall b jiexpo kemayoran, jakarta dalam gelaran indonesia internasional motor show (iims) 2009.
Pihaknya, kata anthony, menyediakan asesoris jazz jdm, antara lain bodykit, peleg, lampu depan dan belakang, knalpot dan suku cadang lain dari negeri sakura. "sebenarnya asesoris mobil jepang lain pun kita punya seperti freed, tapi yang paling banyak dicari untuk honda jazz," katanya.
Untuk tampil bergaya jdm, kata dia, setidaknya konsumen membutuhkan biaya mulai dari rp15 juta. "ga terlalu ekstreem tapi semuanya dari jepang," ujarnya.
Selain sebagai penyedia asesoris mobil, mi juga menyediakan majalah-majalah automotif yang juga didatangkan langsung dari negeri matahari tebit tersebut. "semuanya kita berikan buat yang maniak mobil jepang," pungkas dia.
(uky)


Http://autos.okezone.com

More aboutAksesoris Mobil Bergaya JDM

Tips Mencari Penginapan Murah

Posted by Sate Ayam



Jika tiket sudah di tangan, langkah yang perlu disiapkan selanjutnya sebelum segera melangkahkan kaki adalah mencari tempat bermalam. Hotel dan resor yang biasa ditemui di destinasi-destinasi populer tentu saja kerap menjadi pilihan favorit, berhubung bermalam di sini akan memberi kenikmatan berlibur yang sempurna.

Namun, bagi sebagian orang, urusan penginapan bisa menjadi urutan nomor dua. Pasalnya, yang lebih ***tamakan saat beravontur bagi mereka adalah eksplorasi tempat yang dituju sehingga tempat penginapan otomatis hanya digunakan ketika malam untuk beristirahat.

Itu sebabnya, kini hotel pun hadir dalam beragam kategori, salah satunya yang disebut dengan budget hotel. Dengan kata lain, harga yang ditawarkan sangat bersahabat dengan kantong, tetapi tetap memberi kenyamanan untuk tidur dan memerhatikan kebersihan.

Hotel-hotel semacam ini tumbuh subur di tempat-tempat liburan favorit, seperti bali, bangkok, dan singapura. Jangan dikira karena harga rendah maka fasilitas yang diberikan sangat minim. Tidak sedikit di antara hotel-hotel itu yang juga dilengkapi fasilitas standar seperti sarapan, wi-fi, atau bahkan penyediaan jasa transportasi antar-jemput ke bandara.

Asalkan jeli dalam mencari, tempat bermalam yang nyaman tetapi dengan harga rendah seperti ini tetap bisa ditemui.

Di samping itu, ada beberapa hal lain yang bisa dijadikan patokan saat mencari hotel, yaitu:

1. Mencari tempat menginap yang strategis. Hal ini akan memudahkan diri menuju berbagai obyek wisata yang ada di kota tersebut, terutama jika didukung fasilitas transportasi umum yang mudah dijangkau, seperti stasiun kereta dan halte bus, yang sekaligus juga menjadikan biaya transportasi lebih murah.

2. Perhatikan tarif kamar yang diberikan pihak hotel dan bandingkan harga saat hari kerja dan akhir pekan. Untuk business hotel, ada kemungkinan harganya lebih rendah pada akhir pekan sehingga hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri.

3. Tak ada salahnya mencari hotel yang memiliki promo tertentu untuk memberi manfaat lebih, seperti paket menginap 3 malam, kemudian mendapat tambahan inap semalam.



Kompas.com

More aboutTips Mencari Penginapan Murah