Membangun Bisnis Sablon Kaos T-shirt

Posted by malamjumat on Friday, December 26, 2008

Bisnis ini memang punya peluang yang baik. Masih banyak orang yang menjadikan T-shirt sebagai cendera mata atau pakaian kasual yang memang cocok dengan iklim negara kita. Mari kita belajar dari pebisnis yang berhasil dalam bidang ini. Sebut saja Dagadu dari Yogya, Joger dari Bali dan C-59 dari Bandung. Salah satu keberhasilan mereka adalah karena mereka memiliki desain & jual kaos sablon yang orisinil dan khas!

Jadi, kunci sukses dalam bisnis kaos sablon ini adalah desain. Rasanya kamu semua punya modal untuk itu, karena secara sederhana desain adalah kreativitas. Nah, ciptakan desain-desain yang baik dan unik agar menempati posisi yang baik di mata konsumen. Ini penting jika kamu memang ingin membangun brand atau merek sendiri. Misalnya desain untuk aksesoris couple, atau yang jual aksesoris lainnya.

Tentu amat berbeda jika untuk 'sekadar' membuat sablon kaos biasa. Desain menjadi tidak penting karena desain dapat diambil dari mana saja. Contohnya, nama klub dan logo sepak bola dari Liga Italia, Liga Inggris, atau Liga Indonesia, merek-merek terkenal, atau sablon kaos untuk kepentingan instansi atau sekolah.

Desain kaos yang 'biasa' ini memang banyak diperjualbelikan di pasar atau toko aksesoris mana saja karena sifatnya yang umum. Risikonya ya harus bertarung dengan yang lain, apalagi harga kaos seperti ini bisa dibawah Rp 20.000. Kamu harus membuatnya dalam jumlah banyak agar skala ekonomis terpenuhi.

Hal lain yag perlu diperhatikan adalah mutu, baik mutu kaos maupun mutu pengerjaan sablonnya. Desain yang bagus kalau dikerjakan dengan ceroboh tentu akan merusak hasil yang diharapkan. Pengetahuan cara menyablon memang harus dikuasai. Apalagi misalnya kaos pasangan (untuk aksesoris couple). Tentunya Anda tidak ingin toko kaos atau gerai Anda hanya sebagai pelengkap saja bukan.

Anggaplah Anda mengikuti 'kursus singkat' 3-6 hari. Keterampilan dasar ini, meliputi misalnya pembuatan screen, pencampuran cat sablon, proses penyablonan, pengetahuan peralatan sablon, jenis cat, jenis kaos, dan sebagainya, sangat penting. Sedangkan untuk meningkatkan mutu kerja, seiring waktu dan banyaknya Anda mencari sumber bacaan, Insya Allah akan tercapai juga.

Untuk mempersingkat learning curve (kurva pengetahuan) dan bisnis Anda, Anda daat melakukannya dengan menerima tukang sablon yang berpengalaman bekerja pada bisnis Anda. Dengan cara seperti ini, bisnis Anda dapat cepat terwujud.

Pusat grosir ataupun toko aksesoris lainnya mungkin bisa dikunjungi untuk mencari kaosnya, peralatan sablon bisa ditanyakan di toko atau tukang sablon yang telah ada. Masukkan ini ke dalam bagian riset pasar Anda.

Setelah desain ada, produknya jadi, tentu pasarnya yang kita tuju. Bagaimana strateginya? Secara ringkas, untuk produk sablon yang 'biasa' tentu Anda harus memiliki distributor yang banyak di setiap pasar, toko bahkan kaki lima untuk memasarkannya. Juga hubungan yang baik dengan instansi atau sekolah yang memerlukan seragam olahraga atau acara dengan memberikan proposal dan harga yang rasional. Kalau Anda bisa, tidak ada salahnya melakukan promosi aksesoris online. Media seperti ini (promosi aksesoris online lumayan berkembang.

Untuk desain kaos dengan merek sendiri, tentu lebih khusus lagi. Memiliki toko kaos sendiri atau gerai tersendiri di department store tertentu atau butik-butik tertentu akan mendongkrak citra produk Anda. Harga kaos Anda pun dapat sedikit di atas rata-rata. Penempatan lokasi jual kaos sablon juga harus Anda perhatikan. Dekatkan dengan konsumen yang hendak Anda tuju.

http://aries-sablon.blogspot.com

Temukan Toko Kaos, Toko Aksesoris, Aksesoris Couple, Jual Kaos Sablon, Jual Aksesoris, Aksesoris Online hanya di Toko Kaos & Aksesoris Couple: Jual Kaos Sablon & Aksesoris Online Jakarta 88db.com

More aboutMembangun Bisnis Sablon Kaos T-shirt

Bisnis Boneka yang Menjanjikan

Posted by malamjumat

Perempuan seringkali dikategorikan sebagai makhluk yang paling sulit dimengerti. Para pria kerap dibuat pusing karena ulah wanita. Sesekali mereka tampak manja dengan mengoleksi berbagai pernak pernik centil, misalnya mengoleksi boneka lucu, seperti boneka hello kitty, boneka doraemon, dll. Namun, sering pula mereka tampak mandiri, seolah tidak membutuhkan orang lain. Bahkan acapkali kaum adam bingung bila melihat pasangan, sahabat atau saudaranya tengah marah. Sebagai solusi sekaligus meredakan amarah, para pria suka memberikan hadiah kecil.

Dari beberapa kado yang diberikan, boneka menjadi alternatif paling dipilih. Pada perkembangannya memberi kado boneka lucu tidak melulu diberikan kepada pria ke wanita. Tetapi juga pada wanita ke wanita sebagai tanda kasihan atau wanita ke pria sebagai kenang-kenangan atau lelucon. Misalnya boneka doraemon, winnie the pooh, dll.

Pada waktu-waktu tertentu, boneka menjadi laris di pasaran dan paling banyak diburu.
Hadiah boneka (seperti boneka hello kity, winnie the pooh, dll) juga sering dijumpai pada hari ulang tahun, hari besar agama atau tahun baru.

Banyak hal yang dilakukan untuk memilih boneka lucu. Biasanya disesuaikan dengan tokoh favorit, yaitu snoopy. Selain itu, juga melihat kualitas bahan boneka. Selanjutnya bentuk seperti yang asli untuk tokoh terterntu. Pemilih juga memperhatikan warna boneka. Harus persis sama.

Masalah harga, sebenarnya ini faktor yang relatif. Ada konsumen yang merasa harga suatu boneka itu mahal. Tetapi ada juga yang merasa biasa saja. Biasanya barang yang mahal diberikan kepada orang special. Melihat antusias pasar, maka bisnis ini sebenarnya sangat menjanjikan. Semoga bermanfaat !!!

http://koranjogja.com

Temukan Boneka Hello Kitty, Boneka Doraemon, Jual Boneka Lucu, Winnie The Pooh Jakarta hanya di Boneka Hello Kitty & Doraemon: Jual Boneka Lucu - Winnie The Pooh Jakarta 88db.com

More aboutBisnis Boneka yang Menjanjikan

Tips Beriklan Properti Yang Baik di Media Koran

Posted by malamjumat

Sekarang sedang menjamur media pasang iklan online. Namun masih ada yang menggunakan media koran. Meskipun tidak semua pelaku bisnis properti menfaatkan media ini. Namun media koran sampai dengan saat ini adalah media promosi primadona yang menjadi target pemasang iklan para pelaku bisnis properti.

Berikut tips membuat iklan properti yang baik di media koran :

Sesuaikan dengan Segmentasi Pasar
Koran adalah produk. Mereka mempunyai segmentasi pasar yang berbeda-beda. Ada koran khusus politik, khusus kriminal atau koran yang menyasar kepada pembaca umum. Sama halnya dengan produk properti. Tentu mempunyai segmentasi pasar yang berbeda pula. Nah, langkah pertama adalah tentukan koran yang sesuai dengan segmentasi pasar properti Anda. Tentunya jangan pasang iklan properti di media koran yang bergenre kriminal!

Point of Interest

Point of Interest atau pusat apa yang akan Anda sampaikan adalah bagian penting dalam membuat iklan. Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh para pembuat iklan adalah menampilkan seluruh keunggulan dalam kotak iklan yang kecil. Dengan huruf besar pula. Sehingga tidak muncul apa sih yang sebenarnya akan Anda tawarkan dan membuat pembaca koran tertarik lebih lanjut.

Contoh ketika Anda memasang iklan rumah tentang membeli produk Anda dengan bonus pergi ke Hongkong. Pertanyaannya jika memang bonus pergi ke Hongkong adalah point of interest dari produk Anda, apakah akan Anda desain dengan huruf kecil-kecil atau huruf dengan ukuran yang sama dengan apa yang ingin Anda sampaikan dalam iklan Anda? Point of Interest wajib Anda tonjolkan untuk membuat orang tertarik dengan produk Anda.

Eye Catching
Eye catching atau obyek yang membuat mata pembaca terkesima. Sangat erat kaitannya dengan point of interest. Adalah bagaimana caranya mata pembaca langsung tertuju dengan iklan rumah/properti Anda tsb. Bayangkan dalam satu halaman koran, begitu banyak iklan. Maka iklan Anda musti menonjol dibandingkan dengan iklan lainnya.

Caranya sebenarnya gampang untuk membuktikan bahwa iklan properti Anda cukup eye catching atau bukan. Cetak iklan properti Anda sesuai dengan ukuran aslinya, tempelkan pada koran di mana Anda akan memasang iklan. Lakukan tes kepada beberapa karyawan Anda, tanyakan apakah iklan Anda cukup menarik atau biasa-biasa saja. Tentunya tidak akan kalah dengan media promosi online.

Komposisi Tulisan dan Gambar
Tidak mudah memang menampilkan semua isi iklan. Walaupun sekarang banyak media pasang iklan gratis tetapi yang penting adalah iklan Anda menjadi tertarik bagi orang lain. Nah, komposisi tulisan ini juga berkaitan erat dengan point of interest dan eye catching. Jika semua font tulisan Anda sama besarnya, Anda akan kehilangan point of interest. Ketika gambar Anda tonjolkan tidak diimbangi dengan tulisan, pesan Anda akan hambar.

Buatlah beberapa model komposisi tulisan dan gambar dan bandingkan satu sama lain dan bandingkan dengan iklan properti yang terbit saat itu. Sampai Anda bilang mak nyuss, maka iklan properti Anda, layak untuk ditayangkan.

Penempatan Iklan

Penempatan iklan kadang tidak tersentuh oleh para pelaku bisnis properti. Seringkali jika materi iklan sudah ok, kemudian diserahkan kepada media koran. Bagian pemasangan iklan di media koran sebenarnya tidak paham benar apa yang ingin Anda tampilkan dan dimana akan ditampilkan. Alangkah baiknya jika Anda memberikan pesan kepada bagian desain di media koran tersebut untuk menempatkan iklan Anda pada posisi tertentu yang Anda inginkan.

Posisi yang biasa digunakan adalah pada halaman ganjil dan terletak di bagian paling bawah. Kecuali jika budget promosi Anda cukup besar, letakkan saja pada halaman depan atau belakang. Ini sangat berkaitan dengan eye catching. Cara mengujinya pun sama.

http://aryodiponegoro.wordpress.com

Temukan Iklan Rumah, Iklan Properti, Pasang Iklan Gratis, Pasang Iklan Online, Media Promosi Online hanya di Iklan Rumah & Properti: Pasang Iklan Gratis & Media Promosi Online 88db.com

More aboutTips Beriklan Properti Yang Baik di Media Koran