Alat Penetas Telur Sederhana Manfaatnya Dalam Ternak Ayam

Posted by jenggot kambing on Monday, December 16, 2019


Alat Penetas Telur Sederhana

Alat penetas telur sederhana merupakan alat penetas yang dirancang sendiri secara sederhana menggunakan menggunakan bahan-bahan yg sederhana. mirip bohlam lampu, kabel, tempat tinggal lampu, plastik, ancuran kertas, ember atau bisa jua sterofom.



Alat penetas telur memang bisa didesain sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana, walau sekarang telah diciptakan serta dijual mesin penetas egg. Sebenarnya tools tadi digunakan untuk membantu para peternak ayam buat menetaskan egg ayam yg sudah siap pada tetaskan.

Menggunakan tools penetas egg tentunya peternak ayam akan lebih simpel menetaskan egg ayam dalam jumlah poly. sebagai akibatnya dapat mengurangi terjadinya telur ayam yang tidak jadi ayam karena keterbatasan yg dimiliki induk ayam. Tentunya andqa menjadi peternak ayam akan memiliki poly anak ayam yang bisa dikembangkan sebagai ayam dewasa.

Dengan adanya tools penetas egg peternakan ayam potong tentunya akan lebih maju dan berkembang. pada membentuk ayam-ayam baru yang siap berkembang sebagai ayam dewasa yg siap potong. lalu bagaimanakah cara membentuk tools penetas egg sederhana sintesis sendiri?. buat anda yg ingin bereksprimen menetaskan egg ayam dengan alat bikinan sendiri. Maka berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara atau proses pembuatannya.

Cara Membentuk Alat Penetas Telur Sederhana

Aku akan menyebutkan bagaimana cara membentuk alat penetas egg ayam sendiri secara sederhana serta tidak perlu poly mengeluarkan porto. alat tetas egg sederhana terbuat dari bahan sederhana. Simak berikut ini.

Bahan yang digunakan:
  • Beras secukupnya.
  • Plastik secukupnya.
  • Lampu lima watt.

Cara Membentuk alat Penetas Telur
  • Ember diisi beras secukupnya
  • lalu taruh egg di atas beras supaya egg permanen pada posisinya serta atur jarak antara lampu dan telur lima centimeter.
  • Tutup ember dengan plastik kedap-kedap, cuma ada lubang press di kabel lampu saja.
  • Nyalakan lampu 24 jam. Walaupun terdapat pemadaman listrik itu tak terlalu masalah, kecuali pemadaman listrik 1 hari itu berpengaruh pada egg.
  • di waktu proses pengeraman egg tak usah dibolak-kembali, relatif mirip itu.
  • lalu silahkan tunggu 21 hari egg akan menetas.
  • Jika telah terdapat egg yang menetas, segera dibuka plastiknya meskipun terdapat egg yang belum menetas, nanti pula akan menetas egg itu.

Keuntungan Menggunakan Alat Penetas Telur

Diatas ialah pembuatan alat penetas egg sederhana sebagai eksperimen. namun Jika anda memakai mesin penetas egg tentunya akan membuat poly ayam yang siap di dewasakan.

Faktor penghambat lambatnya produksi egg salah satunya akibat peternak masih memakai metode konvensional dalam menetaskan egg. Padahal faktanya, penggunaan mesin tetas mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan penetasan egg secara alami.



Seperti ruang mesin tetas lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak egg daripada metode pengeraman induk secara alami. Berikut banyak sekali keuntungan penetasan telur memakai mesin tetas dibandingkan dengan penetasan alami.

Persentase keberhasilan telur yang menetas lebih besar dibandingkan menggunakan pengeraman alami. Melalui proses pengeraman alami, egg yg menetas hanya 50—60%. ad interim itu, penetasan melalui bantuan mesin tetas dapat menaikkan hingga 80%.
Penetasan telur bisa dilakukan seccara kontinyu tanpa ditentukan oleh syarat cuaca. Pasalnya, mesin tetas umumnya ditempatkan pada dalam ruangan dan semua komponen pendukungnya terkontrol.
tingkat hayati anakan yang akan terjadi penetasan melalui mesin tetas lebih tinggi dibandingkan dengan penetasan alami. Pasalnya, perubahan suhu asal dalam telur ke lingkungan tidak terlalu ekstrim. berbeda halnya anakan hasil penetasan alami wajib lebih menyesuaikan suhu setelah menetas.
Kontrol terhadap kualitas telur lebih praktis dilakukan. Selain itu, risiko kontaminasi bakteri serta penyakit relatif lebih mungil sebab telur disimpan di pada ruangan.

Fakta Alat Penetas Telur :

Penggunaan mesin tetas buat membantu penetasan telur terbukti menguntungkan sehingga bisa mempertinggi pendapatan peternak. karena itu, banyak para peternak beralih menggunakan mesin tetas menjadi alat buat menetaskan telur.

Beberapa Hal Yg Mensugesti Telur

  • Kesehatan induk bagus serta asupan nutrisi pada induk memenuhi kondisi.
  • Rasio induk jantan serta induk betina 1:8 maksimal.
  • Umur jantajn serta betina tidak boleh kurang asal 12 bulan.
  • Pola perkawinan terkontrol atau terhindar asal kawin sedarah.



Demikian pembahasannya perihal alat penetas telur sederhana yg dapat anda buat sendiri dan laba memakai alat penetas telur otomatis. menjadi alat yang dapat mempermudah perkembangbiakan unggas untuk membuat bibit-bibit unggas yg baru. Semoga bermanfaat serta menambah pengetahuan anda.

{ 0 comments... read them below or add one }