Proses Membuat Mie Berwarna Yang Menyehat

Posted by jenggot kambing on Monday, July 10, 2017


Mie Berwarna Menggugah Selera

Pembuatan mie yang sudah semakin canggih menggunakan mesin mie menjadikan pembuatan mie semakin mudah dan cepat. Karena kini memang zamannya serba cepat jadi tak heran bila produsen mie kini sudah menggunakan mesin mie, untuk memudahkan pembuatan mie.


Makanan mie instan memang dikenal sebagai makanan yang simpel dan enak, tapi juga cukup ditakuti karena alasan kurang sehat. Oleh karena itu jangan terlalu banyak mengkonsumsinya dan lebih baik bikin mie sendiri. Rasanya yang lembut dan kenyal mungkin menjadi alasan, kenapa orang-orang masih setia bahkan menggilai mie instan. Olahan dari tepung alias mie ini juga mudah ditemui di mana-mana, serta mudah untuk diolah menjadi berbagai masakan.

Mie dengan tampilan menarik warna-warni memang menggugah selera. Apalagi bila pewarna yang digunakan alami, tidak perlu was-was menyantap hidangan favorit ini. Lalu darimana warna alami tersebut ya?

Penggunaan air dalam pembuatan mie biasanya 38% dari berat terigu dan jika ingin membuat mie warna-warni, disarankan untuk mengambil warnanya dari ekstrak sayuran atau umbi-umbian yang dijus dan berat cairan jus tetap mengacu 38 % dari berat terigu.

Mie merah terbuat dari bit yang direbus atau dikukus, dihaluskan, lalu dicampur bersama adonan mie.

Mie hijau bisa dibuat dari bermacam-macam sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau. Namun, sawi paling baik karena warna hijau dan daya tahan mie nantinya paling bagus dibanding menggunakan bayam dan kangkung.

Jika mie merah terbuat dari bit, mie ungu mengandung campuran ubi ungu yang dihaluskan.

Jus wortel umum digunakan dalam pembuatan mie oranye.  

Itu lah tadi tahap proses pembuatan mie warna-warni, mudah kan !…, Demikian pembahasannya tentang mie warna-warni dengan menggunakan pewarna dair bahan bahan yang sehat dari sayuran dan buah. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

{ 0 comments... read them below or add one }