Perbedaan Mendasar Antara Roti dan Kue

Posted by jenggot kambing on Monday, May 15, 2017




Perbedaan Roti dan Kue

Roti dan kue merupakan makanan yang pembuatan adonannya menggunakan mixer roti dan kedua makanan tersebut sudah familier sekali semua orang mengenalnya. Kedua makanan tersebut sudah sering kita membeli dan membuatnya sendiri dirumah. Saat bersama keluarga menikmati makanan roti dan kue menjadikan suasana jadi manis dan indah. Walau kedua makanan tersebut sama enaknya dan memanjakan lidah tentunya ada perbedaan diantara keduanya simak berikut ini.
 

Dari segi bahasa asing roti dan kue memiliki dua artian yang berbeda, dalam bahasa inggris roti adalah bread, dan kue dalam bahasa inggris adalah cake. Roti merupakan makanan berbahan dasar utama tepung dan air, yang difermentasikan dengan ragi tapi belakangan ini roti dioolah dengan berbagai bahan lainya seperti garam, minyak, mentega, maupun telur, agar menambah kadar protein dari makanan tersebut sehingga memiliki rasa dan tekstur yang beda. Kue merupakan kudapan atau makanan ringan tentunya bukan makanan utama.Kue memang biasanya dikenal dengan cita rasa manis namun ada juga gurih dan asin terbuat dari berbagai adonan tepung seperti tepung terigu, tepung beras, tepung sagu dan tepung tapioka.

Dari Hal tersebut, bila dilihat dari bahan dasar pembuatannya, roti dan kue memiliki bahan dasar yang sama tapi yang membedakan adalah bahan dasarnya. Dalam pembuatan roti adonannya di beri ragi agar mengembang sementara dalam pembuatan kue biasanya menggunakan baking soda powder sebagai pengembangnya.

Roti dan kue memiliki tekstur yang berbeda bila dirasakan secara cermat. Kue memiliki tekstur yang sangat lembut baik sebelum dan sesudah dikunyah didalam mulut sedangkan roti memiliki tekstur yang lebih kasar sehingga lebih mengenyangkan. Perbedaan yang lebih terlihat antara roti dan kue adalah tingkat kemanisan dan kekenyalannya beda.kue lebih manis karena memiliki kandungan gula yang tinggi sementara roti lebih kenyal dibanding kue karena roti memiliki kandungan gluten sehingga lebih kenyal dibanding kue.

Roti dan kue memiliki kandungann gizi yang sama yaitu karbohidrat dan protein hal tersebut jelas terlihat dari bahanpengusun yang digunakan dalam pembuatan adonannya. Yang membedakan roti dan kue ialah kuantitas karbohidrat dan proteinnya. Roti memiliki karbohidrat lebih sedikit di banding dengan kue, karena pada kue terdapat tambahan topping dan bahan tambahan lainya yang mengandung gula. Roti memiliki kandungan protein lebih tinggi jika dibanding dengan kue karena dalam pembuatan roti selalu dipilih tepung yang memiliki kandungan protein tinggi agar membentuk gluten yang mempengaruhi tekstur dari roti tersebut.

Dalam penyajian hidangan Ala Barat roti terkategori hidangan jenis main course (makanan utama) biasanya disajikan bersama Sup. Sedangkan kue dalam sajian ala barat adalah desert alias hidangan penutup. Biasanya selain di sajikan sendirian saja kue juga biasanya dikombinasikan dengan es krim. Contoh kue seperti kue ulang tahun, layer cake, dan wedding cake. Contoh roti ialah roti tawar roti gandum, dan bermacam jenis roti lainya.

Demikian pembahasannya beberapa perbedadan mendasar antara roti dan kue, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

{ 0 comments... read them below or add one }