Cara Membuat Es Batu Yang Sehat Sebening Kristal

Posted by jenggot kambing on Friday, April 14, 2017



Tips Membuat Es Batu Yang Bening

Membuat es batu dengan mesin es batu tentu adalah hal yang sudah biasa. Dengan alat tersebut pembuatan es batunya lebih cepat dan hasilnya berkualitas. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa es batu yang sehat adalah es batu yang tidak berbuih kristalnya. Oleh karena itu dalam membuat es batu anda harus menggunakan air bersih deengan kualitas air yang jernih sudah mengalami filterisasi terbaik.


Pernahkah anda menyadari bahwa es yang tersaji pada restoran yang rupawan berwarna bening, tetapi es batu yang anda ambil dari nampan es pada lemari pembeku anda berwarna putih dan  berkabut? Es biasa menjadi buram waktu gas yang terlarut di dalam air terjebak pada dalamnya dan  terpaksa menjadi gelembung-gelembung mungil, atau ketika es tadi membeku dengan cara yang tidak memungkinkan terbentuknya kristal-kristal akbar. Karena hal-hal ini, es yang berkabut lebih lemah dan  lebih cepat mencair daripada es yang bening, es murni. Para "pakar es" sudah menemukan beberapa cara buat menghasilkan es "premium"/berkualitas tanpa wajib  pulang ke restoran. Cobalah metode-metode ini untuk menghasilkan es batu yang bening pada tempat tinggal   anda.

Cara Pertama
Memakai air yang direbus
Gunakan air murni. Pada metode ini air yg dipergunakan harus sedapat mungkin tidak mengandung kotoran-kotoran asal udara serta mineral sebelum dibekukan, buat itu mulailah dengan air yg telah disuling. Anda juga bisa menggunakan air kemasan yang sudah dimurnikan, atau setiap air yang sudah dimurnikan menggunakan sistem reverse osmosis.



  • Panaskan air tersebut sebanyak 2 kali. Perebusan akan menghilangkan gelembung udara asal pada air, yang akan menghasilkan molekul-molekul air menyatu menggunakan lebih keras di dalam lemari pembeku.
  • Sehabis direbus pertama kali, abaikan air tadi mendingin. Kemudian didihkan lagi.
  • Tutup rapat air yang sedang didinginkan tadi supaya tidak terkena debu.
  • Masukkan air ke dalam nampan es atau cetakan lainnya serta tutup menggunakan pembungkus plastik untuk mencegahnya terkena partikel-partikel debu. Pastikan anda telah membiarkan air tersebut sedikit mendingin sebelum menuangkannya ke pada cetakan sehingga air tidak melelehkan plastik cetakan tersebut. Jika anda ingin sesuatu yg mengesankan, cobalah membuat es batu serta es bola bening yg ekstra akbar. Sungguh mengesankan meminum koktail dengan satu es batu yang sangat akbar.
  • Tempatkan nampan es ke dalam freezer. Abaikan selama beberapa jam untuk membekukannya.
  • Keluarkan nampan tadi dan  lepaskan es-es batu yg bening tadi menggunakan perlahan.


Cara Kedua
Pembekuan atas-bawah
Carilah termos pendingin yang mungil. Termos pendingin biasa jua bisa dipergunakan, mirip yg biasa anda pakai buat menyimpan kuliner dan  minuman dingin buat piknik, namun wajib  ukuran cukup mungil supaya muat di dalam freezer anda. Termos pendingin akan mengisolasi es batu anda, membuatnya membeku secara perlahan asal atas ke bawah. 

Letakkan nampan es anda, cetakan atau wadah pembekuan lainnya di dasar termos pendingin, terbuka menghadap atas. Jika anda mampu, pakai nampan yang menghasilkan es batu yang lebih akbar, atau carilah rangkaian wadah persegi berbahan plastik atau silikon yg mungil.


  • Isi nampan es atau cetakan menggunakan air. Para pengguna metode ini menyatakan bahwa air leding bisa digunakan untuk metode ini sama mirip air suling dan  air yg direbus.
  • Masukkan air ke dasar termos pendingin, sebagai akibatnya mengisi pada sekeliling nampan es atau cetakan. Air ini akan melindungi es batu anda, mencegah udara dingin membekukan sisi-sisi serta bagian dasarnya.
  • Masukkan termos pendingin yg telah ditutup ke pada lemari pembeku anda. Pastikan lemari pembeku tidak diatur terlalu dingin – atur menggunakan suhu antara -8 sampai -4°c. Abaikan selama 24 jam.
  • Keluarkan termos pendingin anda serta lepaskan balok-balok es secara hati-hati menggunakan nampan es atau cetakan yg masih membeku pada dalamnya. Es tadi akan memiliki lapisan tipis yang berkabut di bagian atasnya namun bening pada bawahnya.
  • Kikis es tadi asal nampan atau cetakannya serta keluarkan es batu tadi.
  • Pisahkan selama satu menit buat membiarkan lapisan atas es yg berkabut tersebut mencair. Kini   anda sudah memiliki es batu kristal yang besar  serta kokoh.


Cara Ketiga
Pembekuan suhu tinggi
Atur suhu lemari pembeku anda tepat di bawah titik beku, yaitu lebih kurang -1°c. Ini artinya pengaturan yg paling hangat di lemari pendingin anda. Jika anda tidak ingin suhu lemari pendingin anda sehangat itu, atur suhunya serendah yang anda mau dan  letakkan nampan es pada rak paling atas.
 Isi nampan es atau cetakan dengan air dan  tuang ke pada lemari pendingin. Abaikan membeku selama 24 jam. Pembekuan yang lambat akan memaksa gas-gas dan  kotoran apapun keluar, sebagai akibatnya membuat es batu anda sebagai sangat bening.

Cara Keempat
Pembekuan bagian bawah
Berbeda dengan metode sebelumnya, metode ini artinya cara super cepat buat membuat es batu yg bening tanpa retak kecuali bagi anda yg baru pertama kali melakukannya. Metode ini bahkan mampu berhasil Jika anda menuangkan air pribadi dari keran ke dalam nampan es batu anda. Gelembung-gelembung udara bisa dihilangkan melalui pembekuan dari bawah ke atas. Hal ini dapat dilakukan menggunakan menempatkan bagian bawah wadah bersentuhan dengan sesuatu yang benar-benar dingin. Akan lebih baik Bila sesuatu yang sangat dingin tersebut berbentuk cairan agar benar-sahih bisa menutupi bagian bawah wadah sebagai akibatnya menghasilkan suhu air mendingin menggunakan cepat. Keliru satu cairan yang simpel digunakan buat mendinginkan nampan es batu adalah air garam.

Isi mangkuk menggunakan air kemudian tuangkan poly garam ke dalamnya buat mencegahnya membeku lalu tuang ke dalam freezer. Berhati-hatilah buat tak menuangkan terlalu sedikit air ke dalam mangkuk atau proses pembekuan akan menaikkan suhu air garam menjadi 0°c sebelum es batu terselesaikan membeku. Semakin dingin suhu lemari pembeku tadi, semakin tinggi konsentrasi garam yang diperlukan untuk mencegah air garam membeku. Anda akan belajar asal pengalaman tentang berapa poly garam yg dibutuhkan buat suhu lemari pendingin yg biasa anda atur.


  • Biarkan air garam pada pada freezer minimal selama tiga jam agar air garam sahih-sahih dingin.
  • Keluarkan mangkuk yang berisi air garam tadi asal freezer buat mencegah air yang ada pada pada nampan es batu membeku berasal bagian atas.
  • Rebus sedikit air, kemudian biarkan mendingin buat menghilangkan gelembung-gelembung mikroskopis.
  • Isi nampan es batu dengan air kemudian abaikan nampan mengapung pada atas air garam pada pada freezer karena air garam lebih padat dibandingkan air tawar. Hasilnya merupakan es batu bebas gelembung yg super kuat dan  bebas retak karena tidak adanya gelembung-gelembung udara yang menjebak sejumlah air selama proses pembekuan.
  • Masukkan nampan es batu yg telah membeku tadi balik  ke dalam freezer buat mencegahnya meleleh.
  • Masukkan mangkuk yang berisi air garam tadi balik  ke pada lemari pendingin agar anda bisa melewatkan langkah pertama tersebut pada waktu anda ingin menghasilkan es batu yg bening lagi.

{ 0 comments... read them below or add one }