Oven Manual Cara Penggunaannya Untuk Membuat Kue

Posted by jenggot kambing on Friday, October 21, 2016



 Oven Manual Cara Penggunaannya Untuk Membuat Kue

Oven tangkring atau biasa disebut oven kue manual dahulu yang biasa di pakai oleh para ibu rumah tangga dalam membuat kue di rumah namu kekurangan oven ini adalah tidak memiliki pengaturan suhu yang stabil dalam mematangkan kue, panasnya kompor hanya bisa dikecilkan melalui api pada kompornya saja yah namanya juga oven tanggkring alias nangkring diatas kompor, namun oven ini merupakan alat pemanggang kue alternative untuk menggantikan oven listrik mana kala sedang mati listrik.

oven kue manual



Oven kompor memiliki perawatan yang hampir sama dengan oven listrik. Oven kompor dapat digunakan untuk membuat roti, cake dan kukis yang enak-enak, artinya sama seperti oven listrik pada umumnya, anda bisa mengatur panasnya lewat pengaturan panasnya api, oven kue manual ini memiliki kelemahan yaitu tak memiliki api atas tidak bisa untuk membuat kue lapis legit, beberapa oven kompor memiliki termometer yang terpasang di dalam oven. Oven kue manual yang menggunakan kompor tidak memiliki timer seperti pada oven listrik, jadi pada saat memanggang kita harus menunggu panggangannya agar tidak gosong. Lalu bagaimana cara menggunakan oven kue manual atau oven kompor:

  • Gunakan kompor yang besarnya proporsional dengan besar Oven, agar hasil pembakaran bisa maksimal.
  • Pastikan letak oven tidak miring, supaya adonan kue yang akan dibakar juga tidak tebal sebelah.
  • Saat menggunakan oven, beri sedikit ruang antara dasar oven dengan atas kompor, supaya sirkulasi udara lancar dan perapian tidak terganggu.
  • Beri ruang di bagian belakang oven dengan dinding kalau emang ada dinding dibelakang oven, kira-kira 10 cm, ini untuk sirkulasi udara dalam oven.
  • Jika kompor dan oven berada di tempat terbuka, buatkan sekat, setidaknya menutup kiri-kanan-belakang oven, untuk melindungi aliran udara, agar nyala api terjaga.
  • Saat beli loyang, sesuaikan dengan ukuran ruang dalam oven, bukan mengukur lebarnya oven dari luar
  • Suhu dalam oven, tergantung dari besar kecilnya nyala api.
  • Bisa saja, membesarkan nyala api, akan mempercepat kering bagian atas kue.
  • Letakkan loyang berisi pasir yang merata di dasar bagian dalam oven, akan membantu meratakan panas bagian bawah.
  • Tetesan bahan makanan dalam oven, agar segera di bersihkan, karena akan menimbulkan asap yang akan menyebabkan bau angus, ini akan mempengaruhi aroma kue. Selain itu, tetesan bahan makanan ini akan mempercepat korosi bagian dasar oven.
  • Jika menggunakan kompor minyak tanah, pastikan kalau kompor ini terawat sumbunya, tidak menimbulkan jelaga yang akan membuat polusi bagian dalam oven dan merusak aroma kue.
  • Bersihkan kaca di pintu oven, dengan air sabun dan lap. Saat membersihkan, oven dalam keadaan suhu ruang agar kaca tidak pecah.
  • Perhatikan bentuk dan posisi pintu oven, karena beberapa kali pemakaian, bisa saja pintu akan sedikit menganga saat di tutup, ini salah satu sebab kematangan tidak merata.
  • Karena oven macam ini tidak dilengkapi termometer, beli termometer secara terpisah, yang bisa di gantung di dalam rak oven.
Demikian pembahasannya dalam mmenggunakan oven kue manual agar anda bisa menyesuaikan nya pada saat melakukan pemanggangan kue dan anda harus menunggunya bila perlu pakai timer agar kue anda tidak gosong yah!... namanya juga oven manual jadi ya … harus sabar semoga tips di atas bermanfaat dan bisa anda jadikan petunjuk saat anda menggunakan oven tersebut.

{ 0 comments... read them below or add one }