Hand Mixer Roti VS Mesin Mixer Berdiri (Stand Mixer)

Posted by jenggot kambing on Monday, January 11, 2016

Bila kita membahas mesin mixer roti, tentu yang kita ingat pertama kali adalah untuk membuat kue. Namun disini kami tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat kue atau roti namun lebih kepada perbandingan antara mesin yang cara kerjanya dipegang dengan tangan atau dalam artian masih kita pegang dengan mesin pengaduk atau pencampur bahan roti yang bisa berdiri sendiri (stand mixer). Bahasan kali ini untuk sekedar memberikan informasi agar nantinya anda tidak menyesal dalam membeli sebuah mixer.
Pertama apabila kita membahas mengenai perbedaan antara hand mixer dengan stand mixer, maka akan sangat jelas perbedaan keduanya. Dari bentuk fisiknya saja sudah jelas terlihat bahwa hand mixer tidak memiliki alat penopang untuk mesin pengaduknya agar dapat berdiri sendiri. Berbeda dengan stand mixer. Mesin mixer roti yang satu ini memiliki alat yang bisa menopang mesin pengaduknya sehingga tidak perlu susah payah untuk memeganginya. Keuntungan menggunakan stand mixer berikutnya adalah anda dapat meninggalkan bahan yang sedang di mixer. Sedangkan anda dapat mempersiapkan hal lainnya yang mungkin dibutuhkan dalam pembuatan roti selanjutnya. Namun ada juga kelebihan dari hand mixer. Dengan hand mixer kita dapat memperkirakan maupun memindahkan putaran sendok mesin agar bahan roti yang kita campurkan bisa bercampur dengan rata. Karena biasanya apabila menggunakan stand mixer, bahan-bahan roti banyak yang menempel di dinding-dinding mangkok adonan atau tidak tercampur rata semuanya. Perbedaan yang signifikan berikutnya dari stand mixer dan hand mixer adalah bahwa hand mixer jauh lebih murah bila dibandingkan dengan stand mixer. Dan selain itu hand mixer juga lebih mudah untuk dibersihkan daripada mesin mixer dengan jenis stand mixer. Namun apabila anda memilih hand mixer berhati-hatilah dalam menggunakan. Karena biasanya hand mixer ini mempunyai kekuatan yang standar, tidak seperti kekuatan yang dimiliki oleh hand stand.
Berbeda dengan hand mixer, stand mixer lebih sulit untuk dibersihkan. Namun ini bisa diimbangi dengan keuntungan menggunakannya yaitu anda bisa mencapurkan bahan-bahan roti dengan kapasitas banyak sekaligus karena stand mixer ini mempunyai motor yang besar sehingga akan kuat untuk mengaduk bahan-bahan dengan kapasitas yang besar. Dan ingat juga bahwa jika anda membeli stand mixer, maka anda akan menghabiskan lebih banyak ruang untuk menaruh mixer jenis ini karena bukan hanya mixer inti namun ada juga penyangga agar mesin bisa berdiri sendiri. Namun apapun mesin pengaduk roti yang anda pilih pastilah ada keuntungan dan kerugiannya. Tergantung berdasarkan kebutuhan anda dan bagaimana kepintaran anda dalam menggunakan ataupun memilih jenis mixer yag terbaik untuk anda. Yang jelas dengan mesin mixer roti, anda tidak perlu mengaduk bahan-bahan kue yang hendak anda buat secara manual. Karena itu akan membuat anda semakin lelah dan tentunya menjadi tidak efisien.

{ 0 comments... read them below or add one }