Megahnya King Fahd National Library

Posted by shinobi apuy on Wednesday, December 2, 2015

Perpustakaan biasanya identik dengan nuansa yang muram dan dipenuhi dengan mebel kayu jati. Bau buku yang sudah lapuk tercium di udara dengan rak-rak yang sudah menua. Semua itu adalah cerminan perpustakaan yang selama ini lekat di masyarakat. Padahal, tidak semua perpustakaan seperti itu loh. Lihat saja seashore library, sebuah perpustakaan yang dibangun di atas pasir pantai. Selain itu, masih ada juga sebuah perpustakaan disulap menjadi sebuah bangunan megah dengan arsitektur yang menawan serta konsep yang futuristik. 

Arsiterktur Luar King Fahd National Library
Baru-baru ini, pemerintah Arab Saudi telah membuka King Fahd National Library untuk publik. Perpustakaan ini dibuka setelah sepuluh tahun digarap. Adalah Gerben Architekten, arsitek asal Jerman yang membangun perpustakaan ini setelah memenangkan kompetisi internasional untuk membuat proyek ini. Perpustakaan yang terletak di Riyadh ini menarik perhatian publik karena mencolok secara arsitektur.

Konsep dari King Fahd National Library ini sebetulnya sangat minimalis. Namun, detail-detailnya yang sangat futuristik membuat Gerben Architekten memenangi kompetisi rancangan perpustakaan tersebut. Bangunan ini tidak hanya memuat ribuan buku untuk dibaca, namun juga memuat kebutuhan publik akan interaksi dan juga relaksasi. Dindingnya terbuat dari marmer dan interiornya memadukan antara budaya Eropa dengan budaya Arab yang kental.

Interior Dalam King Fahd National Library
Pertama kali memasuki ruang King Fahd National Library, Anda akan dihadapkan pada sebuah pintu dengan kaca-kaca besar yang menghadap ke luar. Perpustakaan ini sendiri berada di kawasan taman yang tampak sangat mendukung keseluruhan bangunan. Untuk memasuki ruang baca utama, berjalanlah menyusuri lorong-lorong yang berisi restoran dan juga toko buku. Di lantai pertama, perpustakaan ini juga memiliki sebuah ruangan yang hanya boleh diakses oleh pengunjung perempuan. Di dalam ruangan ini, para perempuan bisa menikmati area perpustakaan dengan melepas burqa dan juga hijab mereka.

Untuk pengunjung publik, perpustakaan ini dilengkapi dengan balok-balok marmer yang tinggi dan menaungi rak-rak buku. Interiornya sangat terang dan sangat metropolis dengan desain modern yang mengagumkan. Tidak hanya harta karun pendidikan saja yang bisa Anda temui di dalam perpustakaan tetapi juga arsitektur yang sangat memanjakan mata. Tertarik untuk berkunjung ke King Fahd National Library? Yuk, melipir ke Riyadh!

{ 0 comments... read them below or add one }