Penyebab Panas Demam pada Anak

Posted by boenes on Wednesday, November 27, 2013

Dalam menghadapi panas demam pada anak dapat dilakukan dengan cara memberikan kompres dengan menggunakan air dingin atau hangat. Bila ingin menggunakan yang lebih praktis juga dapat menggunakan Fever Patch plester penurun demam dari Rohto.  Selain itu pemberian obat penurun panas juga dapat diberikan bila dirasakan panas pada anak semakin tinggi dan secara tiba – tiba.

Namun apakah anda tahu penyebab dari panas demam yang terjadi ? Demam bukan sebuah penyakit, namun sebuah tanda tubuh sedang bereaksi dalam melawan virus atau bakteri penyakit. Jadi demam adalah sebuah gejala yang terjadi karena tubuh sedang terserang sebuah penyakit yang menyebabkan infeksi. Selain infeksi ada hal lainnya diluar infeksi yang dapat menyebabkan panas demam terjadi. Berikut ini beberapa penyebab panas demam.

  • Faktor infeksi

Infeksi adalah penyebab yang paling sering menyebabkan panas demam terjadi. Infeksi terjadi karena adalah peradangan yang disebabkan oleh virus atau bakteri penyakit yang menyerang. Infeksi ini terjadi dapat disebabkan oleh pilek atau batuk yang terjadi pada tenggorokan. Infeksi pada saluran pencernaan. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih yang disertai seringnya buang air disertai rasa perih. Semua infeksi ini disebabkan oleh virus atau bakteri penyakit.

  • Faktor non infeksi

Untuk demam yang diakibatkan oleh faktor non infeksi ini diantaranya tumbuhnya gigi pada anak yang menyebabkan panas demam, Setelah dilakukan imunisasi pada anak, reaksi tubuh dari alergi hingga faktor kelelahan karena anak yang terlalu lama bermain di bawah terik matahari.

Dengan mengetahui faktor penyebab yang dapat membuat anak panas demam, orang tua diharapkan dapat melakukan hal pencegahan sebelum demam terjadi. Bila demam telah terjadi, diharapkan orang tua dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memberikan pertolongan yang tepat kepada anak.

{ 0 comments... read them below or add one }