Roti Rendang, Kuliner Baru Padang

Posted by malamjumat on Tuesday, March 19, 2013


Padang - Sumatera Barat terkenal dengan makanan khas pedasnya yaitu rendang. Kini, ada makanan baru yang disebut roti rendang.

Roti rendang muncul pada Desember 2012 seiring rendang yang menjadi makanan paling enak di dunia. Rendang mengalahkan penganan dari negara lain. Beberapa di antaranya yaitu sushi asal Jepang, dim sum dari Hongkong, bebek peking khas China, dan nasi laksa dari Malaysia.

Proses pembuatan roti rendang tak sulit. Daging dihaluskan dan diolah dengan santan serta bumbu lain. Daging dimasak minimal empat jam.

Setelah itu, roti dibuat dari adonan tepung, gula, dan mentega. Rendang digiling lalu dimasukkan ke adonan roti. Proses pengembangan roti berlangsung sekitar 15 menit di alat pemanas. Kemudian, roti dibakar dengan suhu panas selama 15 menit. Roti rendang pun siap disantap.

Pemilik kedai kuliner itu pun memadukan rendang dengan cokelat dan keju. Sehingga, roti rendang pun memiliki tiga rasa yaitu daging sapi, ayam, dan kacang merah.

Bisnis itu berjalan selama dua bulan. Namun peminatnya cukup tinggi. Pemilik bisnis menjual 200 roti rendang setiap hari. Harganya bervariasi mulai lima ribu hingga puluhan ribu rupiah.

Jadi para pelancong Kota Padang, Sumatera Barat maupun daerah lainnya, jangan lupa mencicipi roti khas tersebut. Anda pun dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh.

{ 0 comments... read them below or add one }