Masakan Padang yang Paling Digemari

Posted by malamjumat on Friday, March 22, 2013

Siapa tak kenal masakan Padang. Masakan yang telah dikenal di Indonesia maupun mancanegara. Nah sebenarnya dari sekian banyak menu masakan Padang, apa saja yang paling favorit? Berikut lima menu favorit masakan Padang
Rendang


Rendang menjadi makanan paling enak di dunia tahun 2012. Makanan yang cocok dengan lidah sebagian besar orang. kualitas rendang yang tidak banyak diketahui orang adalah cara dan tempat memasaknya. Racikan paduan bumbu harus dimasak di tungku. Dibutuhkan waktu beberapa jam sampai bumbu rendang menyatu dan agak kering. Tentunya berbeda dengan rendang yang dimasak di kompor minyak apalagi kompor listrik.

Dendeng


Dendeng sebenarnya ada dua dendeng kering dan dendeng lambok (kurang kering). Keduanya punya ciri khas rasa. Dendeng kering dijemur selama beberapa hari agar didapatkan kualitas daging dendeng kering yang enak. Sedangkan yang lambok tidak perlu menunggu sampai benar-benar kering. setelah itu diracik dengan cabai merah ataupun bisa dengan cabai hijau. Umumnya memang dipadukan dengan cabai merah.

Ayam Pop

Ayam pop merupakan ayam kampung yang dipadu dengan bumbu minimalis, direbus, dan kemudian digoreng sebentar. Warnanya masih pucat, tetapi rasanya sangat gurih. Itulah keistimewaan ayam pop. Sangat sederhana tapi rasa luar biasa. Yah itulah ayam pop yang sangat mencirikan masakan Padang.

Kepala Kakap


Kepala kakap merupakan favorit khususnya di kalangan bapak-bapak. ‘mencongkel’ setiap bagian kepala kakap menjadi seni tersendiri sebelum akhirnya masuk mulut dan merasakan nikmatnya kepala kakap. Memang tidak semua restoran masakan Padang menyediakan kepala kakap karena bahan baku yang agak sulit didapat dan juga biasanya harganya lebih tinggi.

Ikan Asam Pedas


Menu ini berkuah tapi tidak menggunakan santan. Memang tetap berciri pedas. Bisa kepala, bagian tengah ataupun bagian buntut ikan. Kuahnya berwarna orange akan membuat lidah bergoyang menikmati perpaduan ikan segar dan olahan bumbu yang pas. Orang Padang (Minang) menyebutnya dengan ikan asam padeh, benar-benar pedas.
Nah, namun tentunya bukan berarti yang lain tidak favorit. Apalagi hampir semua masakan Padang itu enak dan disukai sebagian besar orang. Setuju?

{ 0 comments... read them below or add one }