Tips dan Cara Merawat Arwana

Posted by jenggot kambing on Wednesday, January 18, 2012

Ikan Arwana memang bagus dan mempesona untuk dijadikan pengisi ruang tamu Anda. Selain itu, ikan ini menjadi gaya dan prestise bagi pemiliknya. Hal ini disebabkan karena harganya yang cukup menguras isi kantong Anda.


ikan arwana


Bagi anda yang ingin memelihara ikan arwana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar arwana tetap sehat, artinya tidak stress dan berkembang dengan baik:


- Sesuaikan ukuran akuarium dengun ukuran ikan arwana, semakin besar ukuran akuarium akan semakin baik. Idealnya ukuran akuarium 3 kali dari panjang ikan dan lebarnya kurang lebih 1. 5 kali panjang ikan.


- Tempatkan akuarium di tempat yag terhindar dari lalu lalang atau kegiatan yang terlalu banyak, agar ikan tidak stress.


- Cek temperatur akuarium, idealnya untuk ikan arwana adalah 26 - 30 °C. Suhu yang tidak tepat bisa membuat ikan menjadi sakit dan masalah lainnya.


- Untuk ph air juga harus diperhatikan, idealnya adalah sekitar 6-8,5ph. Jika kurang tambahakan kapur ke dalam air.


-Untuk pakan ikan arwana, Anda bisa memberi jangkrik, katak, lipan dan hewan kecil lainnya. Bisa 2 kali sehari untuk ukuran 35cm ke atas. Hindari member makan terlalu banyak, karena bisa menyebabkan ikan menjadi gemuk dan malas bergerak, selain itu juga membuat akuarium kotor.


- Untuk proses pemindahan ikan dan juga penggantian air harus dilakukan dengan hati-hati. Ada 2 metode pergantian air. Sekali 2 hari dengan persentase 10% dari air akuarium, atau bisa juga keseluruhan dengan waktu sekali dalam 3 bulan.


- Jika air yang anda gunakan dari PAM. Sebaiknya di biarkan selama 24 jam agar kandungan khlor mengendap, dan setelah itu bisa dimasukkan ke dalam akuarium.


Semoga tips diatas bermanfaat, jika ada yang kurang silahkan ditambahkan ya .(wk)

{ 0 comments... read them below or add one }