Cara Penghematan Air Di Saat Kita Mencuci

Posted by jenggot kambing on Monday, January 31, 2011

Mencuci merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pemilahan pakaian, perendaman, hingga pembilasan.


Agar proses mencuci berlangsung efisien dan hemat air, simak tips, berikut ini:

• Pilah pakaian sebelum mencuci berdasarkan tingkat kekotorannya, jangan menggabung pakaian yang habis dipakai untuk bermain lumpur atau kain pel dengan baju-baju yang dipakai sehari-hari karena baju yang tadinya bersih bisa terkontaminasi kotoran.

• Rendamlah cucian dengan air sabun secukupnya berdasarkan jenis pakaian yang telah dikelompokkan tadi. Dalam merendam, sebaiknya pisahkan pakaian berwarna dengan yang netral. Diamkan 15-30 menit berdasarkan derajat kekotoran pakaian.

• Hindari merendam kaos, celana, baju dan pakaian yang disablon terlalu lama atau lebih dari satu jam, di dalam larutan deterjen agar tidak rusak.

• Setelah 15-30 menit, mulailah membersihkan pakaian di tempat yang biasa terdapat daki, misalnya di kerah leher, ujung lengan atau wilayah saku. Hati-hati pada saat menyikat pakaian, gunakan sikat lembut agara pakaian tidak cepat rusak. Hindari aktivitas membersihkan dengan cara ’membanting’ pakaian karena hal ini hanya membuat pakaian cepat rusak, melar, sobek atau tidak berumur panjang.

• Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih bersih serta lebih yakin maka sebaiknya Anda cuci pakaian tersebut secara manual dengan tangan. Mesin cuci yang pada saat mencuci ’diset’ tidak sesuai dengan bahan pakaian atau sablon bisa membuat pakaian rusak.

• Saat mencuci, perhatikan label pada pakaian yang terdapat di leher atau bagian pinggang yang berisikan petunjuk pencucian pakaian tersebut. Ada aturan tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian dan cara pencuciannya agar tidak salah metode saat mencuci.

• Zat pemutih pakaian yang terlalu kuat dapat menyebabkan sablon mengelupas dan rusak serta membuat bahan pakaian menjadi lebih tipis dan kasar.

• Pakaian jenis tertentu dengan bahan khusus atau mudah rusak sebaiknya cuci di tempat cuci laundry kiloan profesional agar pakaian bisa awet.

• Saat membilas, gunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian untuk hasil terbaik.

Semoga Berguna

Sumber

{ 0 comments... read them below or add one }