SENI MEMILIH MEJA MAKAN

Posted by jenggot kambing on Tuesday, April 27, 2010



Ruang makan yang sempurna bukanlah ruang makan dengan penataan interior yang indah dan mahal tapi ruang makan yang sempurna adalah ruang makan yang mampu mengumpulkan anggota keluarga dirumah tersebut untuk selalu bersantap bersama melakukan ritual makan pagi atau makan malam bersama sambil berbagi cerita antar anggota keluarga.

Meskipun begitu menata interior ruang makan memang diperlukan untuk menambah keharmonisan suasana rumah. Berikut adalah beberapa model meja makan yang bisa anda sesuaikan dengan kondisi rumah anda.

KLASIK : Meja makan klasik memang cantik dan elegan. Tentunya cocok untuk rumah model klasik juga. Butuh ruang yang agak luas untuk menempatkan model meja makan ini. Gaya klasik mampu memberikan kesan mewah. Perabot berwarna coklat untuk menyeimbangkan warna dinding yang cerah sehingga tampak matching sentuhan klasiknya. Penempatan bunga segar akan menambah kesan aristokrat ruang makan ini.

MODERN MINIMALIS. Pemilihan bahan yang tepat dapat mengentalkan konsep minimalis yang ingin dihadirkan. Furniture Minimalis dari kaca misalnya yang dipadu dengan aluminium atau besi tempa termasuk jenis furniture yang banyak digunakan. Selain bentuknya yang simpel, perawatannya pun relatif mudah dilakukan. Desain dengan presisi yang tegas juga menjadi ciri khas pada arsitektur maupun Furniture Minimalis. Oleh karena itu, pilih meja atau kursi yang memiliki desain sederhana, sedikit, atau tanpa ornament.

LESEHAN ALA JEPANG. Gaya lesehan juga mengingatkan kita pada interior gaya Jepang. Ruang-ruang pada rumah Jepang tradisional sangat jarang menggunakan furnitur. Sebuah ruang makan biasanya hanya berisi satu meja pendek dan alas duduk. Ruangan terlihat lebih lega dan membuat penghuni ruang lebih leluasa bergerak. Di samping itu, gaya lesehan juga membuat suasana lebih santai, akrab dan hangat. Konsep penataan gaya lesehan ini tidak membutuhkan banyak furnitur, sehingga tepat untuk rumah yang sempit.

RETRO : Penggunaan furnitur dan aksesori bergaya retro klasik, terlihat sangat pas berpadu dengan elemen modern. Meski berkesan tempo dulu, namun ruangan ini tidak tampak kuno. Untuk membuatnya tetap tampil dengan desain modern, pemilihan desain dan warna furnitur menjadi pertimbangan penting.

RUSTIC. Gaya rustic atau ada yang menyebut gaya “flinstone” ini bagi sebagaian orang adalah desain yang diminati, karena desainnya yang natural dan selalu memunculkan kesan “sebelum kuno” dianggap mempunyai nilai seni tinggi. Biasanya material yang digunakan adalah kayu yang hanya dipotong rata pada untuk kebutuhan ergonomis saja, seperti top table, alas duduk dan lain-lain.

MODEL PANTRI adalah meja makan yang menyatu dengan dapur. Biasanya untuk keluarga kecil yang jumlah anggotanya belum banyak dan paling banyak diterapkan diapartemen karena menghemat tempat.

rudydewanto.web.id

{ 0 comments... read them below or add one }