Mengenal Istilah Kota Balikpapan

Posted by jenggot kambing on Tuesday, April 27, 2010



Pintu gerbang ke Kalimantan Timur dan salah satu pintu gerbang menuju "Hutan Tropis Kalimantan".

Kota Balikpapan terletak diantara 1'LS-1,5'LS dan 116,5'BT-117'BT. Terdiri dari 5 Kecamatan, berbatasan dengan kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kertanegara, Selat Makassar, dan Kabupaten Pasir. Luas wilayah kurang lebih 503.306 Km2. Walaupun suku Dayak merupakan suku asli, tapi kehidupan multi-ethnis (heterogen) merupakan salah satu ciri kehidupan Kota ini (Rental Mobil Balikpapan).

Adalah tidak berlebihan menyebut Kota Balikpapan sebagai "Kota Minyak". Selain terdapat banyak Kilang minyak, hari jadi kota ini tanggal 10-February-1897, diambil dari hari pengeboran minyak pertama (Mathilda) di Kota ini.

Terletak di Pulau Kalimantan, salah satu pulau yang dikenal dunia karena Hutan-Tropisnya, Menjadikan Kota Balikpapan sebuah Kota minyak dan industri yang berwawasan lingkungan. Pribadi yang kental ini tercermin dengan tertatanya Kota Balikpapan sebagai salah satu kota metropolis di Indonesia yang kurang lebih 52% (lima puluh satu persen) dari luas wilayahnya merupakan: wilayah hijau, konservasi, preservasi dan Hutan-Lindung .

Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) adalah hutan Primer yang terletak di sebelah Barat-Laut dari pusat kota. Selain berfungsi sebagai tempat riset tentang tumbuhan dan hewan pulau Kalimantan, hutan ini juga merupakan salah satu obyek wisata pendidikan dan obyek wisata minat khusus yang sangat menarik. Selain HLSW, obyek wisata lain unggulan lain yang terdapat dikota ini adalah : Pantai berpasir putih Manggar Segara Sari; Hutan Mangrove; dan Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup - "enclosure" Beruang madu. Sistem penataan "enclosure" Beruang madu yang sedemikian ini menjadikan Kota Balikpapan sebagai: Satu-satunya Kota di Dunia yang memiliki Beruang madu yang hidup di "eclosure" yang menyerupai habitat aslinya.

Kota Balikpapan dapat diakses dengan relatif mudah. Bandara Udara Internaional Seppinggan adalah "Jembatan udara" yang menghubungkan Kota Balikpapan secara langsung baik dengan Kota-kota besar dalam dan luar negeri dan juga jalur transportasi darat yang cukup memadai (Rental Mobil Balikpapan).

pariwisata.balikpapan.go.id

{ 0 comments... read them below or add one }