Daily Tour di Bali

Posted by anggota member on Tuesday, April 27, 2010

“Wah nanti liburan di Bali saya sewa mobil terus jalan sendiri atau mending ikut tour harian saja ya?”. Pertanyaan diatas selalu terlintas dibenak rekan-rekan yang berencana liburan ke Bali.

Jika anda datang sendiri atau seorang ibu dengan anak kecil atau lansia mungkin anda dapat mencoba mengikuti tour harian.


Daily Tour atau Tour Harian adalah tour mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali dalam satu hari (maksimal 9 jam). Jam 8.30 anda dijemput dari hotel dimana anda menginap misalnya di Kuta. Sebuah mini van akan membawa anda beserta beberapa touris (shared tour) ke beberapa tempat wisata bisa 3-5 tempat per hari tergantung dengan tujuan tour. Bila anda datang secara rombongan (5-6 orang) anda dapat memesan satu mobil sendiri. Atau bila anda ingin berdua saja dengan istri/kekasih ada dapat juga mengikuti private tour dengan biayanya lebih mahal dibandingkan dengan shared tour.


Biasanya petugas tour menyediakan lunch box atau lunch di restorant dan snack selama perjalanan. Tidak lupa juga guide (Speaking English Guide) yang akan menjelaskan semuanya.


Bagaimana memesan tour? Tour ini diadakan hampir setiap hari. Untuk reservasi tour dapat menelpon ke alamat tour pada akhir tulisan ini. Atau bila anda menginap di Legian Kuta/Poppies Lane dapat datang langsung ke Tourist Information yang terdapat di sepanjang Jalan Pantai Kuta, Jalan Poppies Lane I & II, Jalan Legian atau di Receptionist hotel dimana anda menginap.


Tidak ada salahnya mengunjungi website yang ada untuk memastikan apakah tour dan tempat wisata yang ditujuh sesuai dengan rencana anda. Hal yang harus diperhatikan adalah tarif yang ditawarkan apakah sesuai dan competitif dengan agen tour lainnya.


Keuntungan dan kerugian mengikuti tour harian


Keuntungan : Bagi yang tidak bisa nyetir bisa jadi pilihan ketimbang rental mobil dan sopir jatuhnya lebih mahal, Lebih aman dan bebas kesasar di jalan daripada pergi sendiri. Sesuai untuk lansia dan anak-anak, Bisa berkenalan dengan peserta tour lainnya (Bule/Jepang/Korea)


Kerugian : Tidak bebas karena waktu diatour secara ketat oleh pelaksana tour. Belum puas dengan satu tempat wisata kita sudah diminta kembali ke mobil untuk melanjutkan tour, Karena alasan cuaca (hujan/kabut) dan acara agama ada beberapa bagian tour/tempat wisata yang ditiadakan, Tempat yang dituju tidak sesuai dengan keinginan peserta tour


Ada beberapa tips bagaimana memilih agen
paket tour murah sehingga tour yang ada itu sesuai dengan keinginan dan tarifnya pas (competitif).


1. mengikuti tour. Cek dapat melalui internet, telefon, recepsionist hotel atau bertanya langsung.


2. Tanyakan tempat wisata mana saja yang dikunjungi atau pertunjukan (Barong/kecak/Ngaben) apakah sesuai dengan keinginan anda. Berapa tempat saja yang dikunjungi per hari.


3. Tanyakan apakah tarif yang ditawarkan sudah termasuk lunch/snack, tiket masuk tempat wisata dan asuransi. Bila ada 2 tour dengan tujuan yang sama namun tarifnya berbeda mungkin tour yang lebih murah tidak termasuk lunch dan tiket masuk tempat wisata. Ini untuk menghindari kekecewaan selama mengikuti tour kalau kita bad mood tidak akan bisa menikmati tour. Jangan asal memilih
paket tour murah.


4. Bandingkan dengan beberapa tour yang sejenis sehingga kita dapat memilih tour terbaik dan termurah.


5. Jumlah peserta tour dan kapasitas & fasilitas AC kendaraan yang di pakai, L300, kijang atau minivan yang lain dan tahun pembuatan. Pastikan anda tidak berdesakan/kepanasan atau mobilnya rusak di jalan sehingga waktu tour terbuang.


6. Tidak ada salahnya tanyakan pendapat receptionist hotel anda menginap. Biasanya mereka mempunya paket khusus/discount khusus tamu hotel.


7. Tentukan beberapa hari anda mengikuti tour mungkin anda dapat discount untuk tour beberapa hari.


id.shvoong.com

{ 0 comments... read them below or add one }