Cara Memilih Label Rekaman Musik

Posted by jenggot kambing on Monday, April 26, 2010



Mencari label musik untuk sebuah demo lagu loe, Kenapa tidak?… Kebanyakan label, memiliki (e-mail dan situs web). Nah, jangan ragu untuk menghubungi mereka untuk melakukan negosiasi kontrak.

Berikut adalah beberapa tips yang harus loe tau sebelum berhubungan dengan label musik :

-Distribusi
Pastikan label musik yang band loe pilih solid, Bahkan sampai menangani distribusi nasional atau bahkan internasional. Pastikan untuk memeriksa mengenai hubungan antara label dan distributor. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti : Berapa banyak catatan telah dijual distributor dari label rekaman tersebut? Apakah label rekaman mempunyai masalah pada saat menarik pembayaran dari para distributor? Apakah label memiliki anggaran untuk membayar beberapa co-op iklan, dan toko-promosi( toko kaset) melalui distributor?

-Persentase pendapatan yang akan loe terima
Mengetahui seberapa banyak loe mendapatkan bayaran untuk setiap album/kaset terjual. Biasanya antara 10-15% dari daftar harga album/kaset.

-Daftar band / Roster
Pastikan daftar band di label musik tersebut tidak terlalu banyak/ list yang panjang agar band loe tidak terabaikan. Juga pastikan aliran band loe termasuk dalam genre aliran musik yang banyak diterbitkan oleh calon label loe tersebut.

-Merchandise
Jika label ingin mendapatkan persentase dari transaksi penjualan merchandise, maka loe harus bernegosiasi tentang berapa banyak yang mereka dapatkan.

-Promotors
Cari tahu apakah label musik bekerja sama dengan radio, majalah, website, e-Zines, merchandiser atau eceran promoters. Karena kerjasama ini tentu sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya album band loe.

-Advertising
Mengetahui apakah band loe akan diberi anggaran untuk berpromosi.

-Promo Tour antar kota
Cari tahu apakah label musik anda juga akan memberi full support terhadap promo tour antar kota yang biasanya dilakukan band2 pada umumnya (baik secara moral ataupun finansial dan manajerial).

simphonymusic.com

{ 0 comments... read them below or add one }