Bisnis Jual Bunga Potong dan Toko Bunga

Posted by jenggot kambing on Friday, April 30, 2010


Bahan baku utama adalah bunga dengan berbagai macam jenisnya serta aksesoris dan medianya. Untuk aksesoris menggunakan daun-daunan dengan bermacam-macam jenis sebagai dekorasi dan plastik sebagai pembungkus (terutama bunga potong). Pemakaian jenis dan jumlah daun-daunan serta plastik pembungkus tergantung dengan permintaan konsumen. Sedangkan untuk medianya menggunakan oasis (sejenis busa, biasanya digunakan untuk rangkaian vas meja), bambu dan stereofoam.

Bunga potong merupakan setangkai atau lebih bunga, baik yang dikemas ataupun tidak. Pengemasan dari segi Jual Bunga sesuai dengan permintaan dari konsumen . Apabila terdiri dari kombinasi beberapa jenis bunga, hal itu tergantung permintaan konsumen pula. Demikian pula jenis bunga rangkaian, baik hand bouqet, krans, vas meja ataupun bouqet. Model rangkaian, jumlah dan jenis bunga yang dirangkai serta penggunaan jenis aksesoris sesuai dengan permintaan konsumen. Meskipun tidak menutup kemungkinan dari pihak Toko Bunga sudah menyiapkan model-model rangkaian hasil kreasi dari perajinnya.

Pada kondisi sepi hanya 2x pemesanan (terdiri dari beberapa ikat dan bokok bunga serta daun-daunan) dalam 1 minggu. Bila pada saat ramai order Jual Bunga bisa mencapai 5-6 kali pesanan.

Media bambu dan stereofoam biasanya digunakan pada rangkaian bunga untuk ucapan selamat, duka cita dan sejenisnya. Ukuran media dan jenis yang digunakan juga menyesuaikan dengan permintaan dari konsumen. Bahan baku, terutama bunga dan daun-daunan diperoleh dari petani-petani di Ambarawa. Jumlah pemesanan tergantung jumlah stok terakhir dan tren permintaan dari konsumen. Sistem pembelian bunga dan daun-daunan dengan cara borongan dengan satuan ikat dan bokok.

Harga jual bunga fluktuatif, tergantung dengan harga dari petani. Pada kondisi normal, harga sesuai dengan jenis dan jumlah bunga serta desain rangkaian. Untuk bunga potong, paling murah adalah bunga sedap malam Rp2000/ tangkai dan paling mahal bunga casablanca Rp250.000. Sedangkan untuk bunga rangkai antara Rp100ribu sampai Rp 2juta atau lebih per 1 paket rangkaian.

Pemasaran

Sistem penjualannya seperti penjualan pada umumnya, ketika calon konsumen datang segera ditanyakan kebutuhan dan kemudian ditunjukkan beberapa pilihan jenis bunga lainnya. Apabila membutuhkan bunga rangkai, maka dilakukan penentuan desain serta harganya. Bila sepakat, konsumen melakukan pembayaran dan bila perangkaian telah selesai dilakukan pengantaran ke tempat konsumen.

Untuk pemasaran, beberapa tahun yang lalu menggunakan yellow pages. Atau bisa buka Toko Bunga online melalui media internet

bisnisukm.com

{ 0 comments... read them below or add one }