Tempat Wisata Sejarah di Tugu Proklamasi Jakarta

Posted by anggota member on Wednesday, February 24, 2010

Jika ingin wisata yang berkesan dan bukan sekedar wisata Tugu Proklamasi tepat untuk Anda. Alasannya, selain refreshing Anda juga bisa mengingat perjuangan tempo dulu. Jadi kesannya semakin terasa, bukan sekedar liburan wisata saja. Jika Anda dari luar Jakarta bisa menggunakan jasa Jakarta rent car agar nyaman sampai ke tempat ini.

Tugu Proklamasi atau Tugu petir adalah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan RI. Tugu Proklamasi berdiri di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi (dahulunya disebut Jl. Pegangsaan Timur No. 56), Jakarta Pusat. Pada kompleks juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan. Di tengah-tengah dua patung proklamator terdapat patung naskah proklamasi terbuat dari lempengan batu marmer hitam, dengan susunan dan bentuk tulisan mirip dengan naskah ketikan aslinya.


Setelah era reformasi, selain menjadi tempat yang spesial untuk acara peringatan Hari Kemerdekaan RI tiap tahunnya, lokasi ini pun menjadi tempat pilihan bagi berkumpulnya para demonstran untuk menyuarakan pendapat-pendapatnya.


Lain halnya ketika sore menjelang. Pada hari-hari yang biasa, para penduduk yang tinggal tak jauh dari lingkungan taman ini kerap berkunjung ke Tugu Proklamasi untuk berbagai aktivitas. Tempat ini menjadi tempat favorit anak-anak bermain, arena berolahraga, tempat berkumpul dan bertemu, atau hanya untuk duduk-duduk saja menghabiskan sore hingga senja datang. Banyak juga yang datang dari luar Jakarta, baik dengan kendaraan pribadi maupun jasa rental mobil seperti
Jakarta rent car.


id.wikipedia.org

{ 0 comments... read them below or add one }