CaRA Belajar Desain Web Yang Baik

Posted by jenggot kambing on Thursday, January 28, 2010


Ada beberapa kriteria yang diperlukan untuk menciptakan sebuah Desain Web yang baik. Kriteria tersebut adalah sebagai berikut:

* Desain web harus mengikuti konsep yang telah dipersiapkan sebelumnya.

* Mempunyai navigasi yang baik

* Gunakan kombinasi warna yang baik

* Seimbangkan antara penggunaan Grafik dan Ukuran File yang digunakan

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian:

* Desain web harus mengikuti konsep yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Setiap web dibuat dengan tujuan dan sasaran tertentu. Hal ini penting untuk memastikan kesukesan dari web yang akan Anda buat.

Contohnya:

Anda ingin membuat situs untuk sekolah. Tujuan dari situs ini adalah memberikan informasi ke masyarakat tentang profil, visi, misi dan kegiatan sekolah. Sasaran dari situs ini adalah guru, siswa, orang tua siswa dan masyarakat umum. Untuk itu harus disiapkan sebuah konsep yang bisa mewakili tujuan dan sasaran ini.

Seperti pada produk kami Indoedukasi, kami menyiapkan konsep situs sekolah instant yang menyediakan feature: Profil Sekolah, Berita, Kalender Akademik, Majalah Dinding Online, Photo Gallery, Ekstra Kurikuler dan Pengumuman.

* Mempunyai navigasi yang baik

Navigasi adalah link atau menu yang memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mencari informasi yang disediakan oleh sebuah situs. Navigasi harus tertata dengan baik agar pengujung tidak kebingungan dan memperoleh informasi secara berurutan.Kembali ke Indoedukasi.

Anda dapat melihat navigasi dibagi menjadi dua buah group menu. Menu horizontal dan menu vertikal. Supaya mudah ditemukan navigasi harus terlihat menonjol. Anda dapat memberikan warna yang mencolok atau membuatnya menjadi besar sehingga diperhatikan oleh pengunjung.

Jika situs Anda mempunyai isi yang banyak, sehingga mau tidak mau menunya pun akan banyak, ada baiknya Anda menggunakan menu vertikal karena jika jumlah menu ditambah akan melar ke bawah. Ingat orang biasanya tidak suka untuk melakukan scroll ke kiri dan ke kanan, lebih umum scroll ke bawah.

# Gunakan kombinasi warna yang baik

Desainer kami telah menulis tutorial tentang hal ini, Anda bisa membacanya disini. Menemukan Warna yang Serasi untuk Blog / Website Kamu

# Seimbangkan antara penggunaan Grafik dan Ukuran File yang digunakan

Supaya web terlihat impresif, tentu saja harus didukung dengan desain grafis yang baik. Akan tetapi hal ini perlu diseimbangkan dengan ukuran file gambar yang digunakan. Ingat! makin besar file yang digunakan, makin lama waktu yang diperlukan untuk load. Hasilnya, makin lama pengunjung Anda harus menunggu.

Dengan bandwidth di Indonesia yang masih terbatas ada baiknya membuat situs Anda tetap ringan.

Sekian tutorial ini, semoga membantu Anda memahami desain yang terbaik untuk web Anda.

indowebmaker.com

{ 0 comments... read them below or add one }