Model Baju Batik Semakin Di Gemari Anak Muda

Posted by jenggot kambing on Tuesday, October 27, 2009




Akhir-akhir ini, kalau saya perhatikan, pakaian bercorak Model Batik sedang populer di kalangan wanita, terutama remaja untuk model baju sehari-hari. Sebelumnya, model baju batik lebih sering digunakan hanya untuk acara-acara resmi. Munculnya trend baju model batik seperti ini menimbulkan 2 pertanyaan dalam benak saya; apakah ini bentuk sikap kecintaan mereka terhadap hasil karya tradisional Indonesia atau justru ini bentuk reaksi kemarahan mereka karena ada negara tetangga yang mengklaim model batik sebagai milik mereka?

Saya baru menyadari betapa maraknya pakaian model batik modern beberapa minggu yang lalu, ketika ibu saya, yang pedagang busana batik , menawarkan pakaian model batik dagangannya untuk saya pakai sehari-hari. Tidak biasanya, saya tidak menolak. Saya malah dengan senang hati menerimanya. Entah karena memang model batik nya yang bagus sehingga saya ingin memakainya, atau entah karena tanpa saya sadari pakaian model batik sudah mulai marak di kalangan remaja putri sehingga saya ingin mengikuti trend. Namun, apapun alasannya, saya mulai memakai model baju batik sebagai pakaian sehari-hari di saat baju batik mulai menjadi trend.

Saya pikir, mungkin alasan orang-orang mulai gemar memakai batik modern karena mereka memang menyukainya sebagai karya bangsa. Terlebih lagi memang akhir-akhir ini model batik yang ditawarkan bisa dibilang up to date.

Ternyata menurut paman saya yang merupakan pengusaha dan pen jual batik , yang juga baru akhir-akhir ini memproduksi batik berdesain up to date, alasan para pen jual batik online melakukan ini semua adalah atas dasar kejengkelan mereka terhadap Negara tetangga yang tiba-tiba mengklaim model batik sebagai milik mereka. Mereka sebagai pen jual batik modern penerus budaya batik Indonesia merasa sangat tersinggung dan tidak dihargai. Susah-susah mempertahankan keberadaan batik di Indonesia , tiba-tiba batik diaku Negara tetangga. Maka dari itu, untuk membuktikan bahwa batik milik Indonesia , mereka pun membuat pakaian mdel batik yang berdesain modern untuk dipakai sehari-hari, sehingga masyarakat dapat sering memakainya.

Di satu sisi, hal itu terdengar menyenangkan, karena menunjukkan betapa para produsen itu berusaha kuat untuk membuktikan batik adalah milik Indonesia . Namun ada nada ironi juga di sana , karena menunjukkan bahwa kita baru bisa mempertahankan model batik sebagai milik bangsa setelah ada yang menyerang dengan memperebutkan pengakuan kepemilikan batik.

Jika ternyata maraknya pakaian batik sehari-hari adalah reaksi emosi sesaat terhadap Negara tetangga, mungkin saja ini akan menjadi trend sesaat. Ketika situasi meredam, mungkin saja orang-orang akan mulai meninggalkannya dan terbuai dengan keadaan aman bahwa kita sudah berhasil membuktikan bahwa model batik adalah milik bangsa Indonesia. Hal ini tentu saja akan makin menimbulkan ironi, karena menunjukkan kecintaan yang begitu dangkal terhadap karya bangsa. Kecintaan hanya muncul sebagai reaksi emosional atas serangan bangsa lain.

Saya hanya bisa berharap pembuktian kecintaan masyarakat pakaian batik saat ini tidak akan mereda begitu saja ketika serangan dari Negara tetangga ikut mereda. Semoga trend model batik ini tidak seperti trend mode yang tiap setahun sekali ditinggalkan dan dilupakan begitu saja, kemudian diganti dengn trend baru lagi.

nadsky.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }