Menghitung Kebutuhan Anggaran Liburan

Posted by jenggot kambing on Wednesday, September 16, 2009

Sebelum perjalanan atau tujuan kita tetapkan tentunya kita harus memikirkan atau menghitung kebutuhan biaya untuk liburan tersebut. sebelum itu, perlu kiranya Anda menetapkan tujuan liburan yang Anda inginkan.

Pertama, tentukan tempat liburan yang diinginkan. Besar kecilnya anggaran liburan tergantung tempat liburan yang akan dituju. Liburan ke luar negeri tentu lebih mahal daripada di dalam negeri.

Kedua, setelah menetapkan tujuan, sekarang hitung biayanya. Jika tak ingin repot hitung menghitung, ambillah program paket wisata dari biro perjalanan wisata di kota Anda. Jika Anda memilih menyiapkan sendiri, tetaplah minta informasi perkiraan biaya akomadasi (termasuk transportasi, Hotel Murah, dan tempat rekreasi dari tempat liburan yang akan dituju) dari orang yang Anda anggap lebih tahu.

Ada beberapa pos yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kebutuhan biaya liburan, yaitu:

1. Transportasi. Perkirakan berapa biaya yang harus Anda cadangkan untuk transportasi pulang pergi. Besar kecilnya biaya tergantung alat transportasi yang Anda pilih. Kalau Anda melakukan liburan dengan pesawat terbang, tentunya kebutuhan biayanya akan semakin besar.dan jangan lupa unutk Booking Tiket Pesawat beberapa bulan sebelum anda merencanakan liburan Anda.

2. Penginapan. Cari informasi biaya menginap di tempat berlibur yang Anda inginkan, sehingga Anda bisa memperkirakan biaya penginapan. Sesuaikan Kamar Hotel dengan bujet yang Anda miliki saat ini.

3. Makanan. Kemungkinan Anda tidak akan memasak makanan sendiri selama di tempat liburan. Jadi, cadangkan biaya makan sebanyak biaya makan satu hari untuk seluruh keluarga, dikalikan jumlah hari liburan. Jika tempat berlibur yang dituju jauhnya kurang lebih 1 atau ? hari perjalanan, perlu ditambahkan juga biaya makan dalam perjalanan.

4. Rekreasi. Di tempat liburan akan ada beberapa tempat rekreasi yang bisa dikunjungi. Tetapkanlah dahulu berapa anggaran untuk rekreasi ini baru kemudian sesuaikan dengan tujuan atau tempat rekreasinya. Jika biaya rekreasi ke tempat tersebut di luar bujet rekreasi Anda, maka sebaiknya carilah alternatif tempat lain yang terjangkau dengan bujet Anda atau kurangi jumlah tempat rekreasi yang akan dikunjungi.

5. Belanja/oleh-oleh. Anda mungkin ingin membawa oleh-oleh berupa suvenir, barang kerajinan, atau makanan khas dari tempat liburan untuk diberikan ke teman atau tetangga. Anak-anak pun ingin membawa oleh-oleh untuk teman-temannya. Perkirakanlah berapa anggaran secukupnya untuk oleh-oleh, dan berbelanjalah sesuai anggaran tersebut.

6. Biaya tak terduga. Untuk mencegah kurangnya dana karena harus membayar pengeluaran yang tidak ada dalam anggaran, cadangkanlah dana untuk biaya tak terduga.

blog.keuanganpribadi.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 comments... read them below or add one }