Panduan Agar Kaca Film Menempel Erat

Posted by anggota member on Friday, March 20, 2009

Memiliki banyak bukaan yang besar, memang membuat rumah menjadi terang dan berkesan lega. Tetapi terlalu banyak cahaya yang masuk, menyebabkan rumah menjadi terlalu terang dan panas. Sebagai solusinya, biasanya dipasanglah kaca film.

Memang dengan menggunakan kaca film, kaca jendela menjadi agak gelap, dan keadaan cuaca di luar tidak lagi bisa tampak dengan jelas, dari dalam. Meski demikian penggunaan kaca film, membuat rumah menjadi lebih adem, dan tampilannya pun tetap transparan dan kinclong. Kaca interior dan eksterior juga akan membuat suatu bernilai artistik.
Bagaimana cara memasangnya? Baik kaca film gedung maupun rumah memilik persamaan dan perbedaan. Berikut langkah-langkahnya.

Alat dan Bahan :

* Kaca film (sunblast atau warna)
* Semprotan air, air sabun, karet pembersih, kaca, alat pemotong (gunting atau cutter), lap.

Langkah Pengerjaan :

1. Ukur kaca film sesuai dengan ukuran kaca jendela. Lebihkan ukuran sekitar 5cm, pada sekeliling kaca film, kemudian potong. Dengan kreasi dekorasi kaca tentunya akan semakin bagus.

2. Bersihkan permukaan kaca jendela (kaca gedung juga bisa) dari kotoran dan debu. Setelah bersih, semprotkan air sabun ke permukaan kaca tersebut.

3. Buka lapisan perekat pada kaca film, kemudian semprotkan air ke bagian kaca film yang mengandung lem. Ini akan membuat desain kaca tetap terjaga.

4. Tempatkan kaca film pada seluruh permukaan kaca jendela. Rapikan dan eratkan permukaan kaca film ke kaca jendela. Desain kaca, dan model kaca tentunya harus diperhatikan juga sebagai suatu bentuk keindahan.
5. Potong bagian tepi kaca film yang tersisa dengan cutter, kemudian rapikan. Ini agar model kaca film dan rumah juga bagus.

6. Bersihkan dan keringkan sisa air yang berada pada bagian tepian kaca bangunan jendela.

www.kompas.co.id

{ 0 comments... read them below or add one }