Batik di kancah dunia

Posted by tangandingin on Saturday, March 28, 2009

Sebelum tampil dalam acara Presidential Lecture, bos Microsoft Bill Gates sempat dibuat takjub oleh baju batik warna keemasan bermotif pisang bali manggar karya desainer batik modern , Iwan Tirta. Tanpa pikir panjang, baju resmi berupa setelan jas lengkap dengan dasinya diganti dengan kemeja batik yang ditawarkan oleh Rachmat Gobel, bos Panasonic.

Peristiwa sebelum Bill Gates membawakan presentasi mengenai "Second Digital Decade" di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (9/5) tersebut terdengar oleh Sekretaris Kepresidenan dan langsung mengabarkanya kepada Presiden SBY. Presiden SBY pun mengganti pakaian resminya yang semula jas lengkap berdasi dengan baju batik lengan panjang warna ungu merah keemasan.

Penampilan Bill Gates dengan rambut tidak disisir mengenakan busana batik disambut tepuk tangan ribuan undangan yang memadati JCC. Demikian pula halnya dengan peristiwa ganti pakaian Bill Gates di kamar ganti, menjadi bahan berita menarik sejumlah media cetak maupun elektronik dalam dan luar negeri.

Ada sejumlah alasan kenapa Bill Gates mau menerima tawaran Rahmat Gobel untuk mengganti pakaiannya dengan busana batik. Selain merasa tersanjung akan batik motif pisang bali manggar yang merupakan model batik para anggota kerajaan Mangkunegaran Solo, juga karena proses pembuatan model batik dikenalnya sebagai baju yang prolingkungan dan Bill Gates merupakan salah seorang pengusaha yang mendukung produk-produk yang ramah lingkungan.

Kini, batik modern tidak hanya menjadi pakaian yang dimonopoli oleh para orang tua sebagai pakaian resmi. Dalam beberapa pameran maupun fashion show di sejumlah hotel berbintang di Kota Bandung beberapa waktu lalu, salah satu kegiatan yang cukup menyedot animo masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya adalah kegiatan "Pesona Budaya Cirebon" yang digelar awal hingga pertengahan bulan Mei lalu. Sedikitnya 500 potong kain mode batik trusmi cirebon berbagai motif dan puluhan potong pakaian berbagai model serta kerudung batik juga terjual.

"Batik sekarang ini sudah bukan lagi batik yang dulu. Meskipun motifnya klasik seperti yang dulu, tetapi setelah mendapat sentuhan para perancang menjadi sangat menarik tidak hanya enak dipandang, tetapi juga enak dikenakan," ujar Ny. Kurnia, pemilik Batik Trusmi Kurnia.

Memang, mode batik saat ini mulai digandrungi dan kian memikat kalangan kawula muda. Meski bercorak klasik, batik tetap bisa tampil apik formal, semiformal, hingga kasual.

Tak sulit mencari pengusaha jual batik, karena banyak batik online yang menyediakan produk mereka di internet. Para jual batik percaya dengan memperluas usaha mereka menjadi batik online, maka batik akan semakin dikenal di masyarakat dunia luas

http://www.pikiran-rakyat.com/

Temukan semua di 88DB.com tentang

Busana Batik | Model Batik | Baju Batik | Jual Batik | Batik Online | Batik Modern | Mode Batik dan Model & Baju Batik : Jual Batik Online & Modern - Mode & Busana Batik Surabaya




Pertanyaan & Pendapat
Ada pertanyaan dan pendapat, tambahkan disini!
Already registered as a member? Please login to show your display name and avatar at your comments.

Name:
Tanya & Balas
- Maks. 4000 Karakter (sekitar 850 kata)
- Tolong Jangan Posting segala sesuatu yang merugikan orang lain dan / atau material yang dilarang.
Verification code:

{ 0 comments... read them below or add one }