Merekam Momen Pernikahan

Posted by malamjumat on Tuesday, February 17, 2009

Acara pernikahan selalu mempunyai daya tarik tersendiri. Tenang, khidmat, tangis haru, gembira, tertawa, bahagia, semua perasaan bercampur menjadi satu. Momen-momen tersebut layak diabadikan. Misalnya dengan bentuk foto pernikahan/foto wedding (photo wedding) maupun cara lainnya.

Bagi sebagian orang, hari pernikahan adalah hari terpenting dalam hidup mereka. Upacara adat, sesrahan, Ijab Kabul (Muslim), bertukar cincin, sungkeman, potong kue, lempar bunga, resepsi dan acara-acara lainnya mungkin diabadikan dengan video pernikahan/video wedding.

Pada umumnya, pengantin menyewa tenaga professional untuk membuat video dokumentasi pernikahan. Namun, terkadang mereka meminta seorang teman yang dipercaya mampu melakukan dokumentasi pernikahan tsb dengan baik. Bila anda yang terpilih, maka mulailah mempersiapkan diri mulai dari perlengkapan, proses shooting, komposisi yang tepat, menyeleksi materi video, hingga mengeditnya menjadi video pernikahan yang dinamis yang akan dikenang terus oleh kedua mempelai sampai maut memisahkan.

Prepare Yourself

Untuk membuat dokumentasi video wedding yang baik, persiapan yang sempurna sangatlah penting sebelum hari “H” tiba. Anda harus mengetahui secara pasti apa yang akan anda hadapi. Jadi sebaiknya ikut dalam acara persiapan, gladi resik, briefing, dan dapatkan jadwal acara setepat mungkin beserta nomor telepon penting dari pihak keluarga.

Anda harus mengenal setiap waktu dan lokasi acara, termasuk kondisi cahaya, dan sudut pengambilan angle gambar.

Perhatikan agar setiap acara direkam dari berbagai sudut pengambilan (perpektif) dan berbagai ukuran shot : Long-Shot (LS), Medium-Shoot (MS), dan Close-Up (CU). Dari banyaknya hasil shooting tersebut, anda akan lebih leluasa mengemas video dokumentasi pernikahan yang apik dan menarik.

Peralatan yang Dibutuhkan.

Berikut adalah peralatan shooting yang biasanya disiapkan supaya shooting acara dapat berlangsung dengan baik.

Dua Camcorder.
Dengan dua camcorder, dokumentasi pernikahan anda akan lebih bervariasi, karena anda akan mendapatkan dua angle gambar yang berbeda dalam waktu bersamaan. Pada proses editing, kedua angle tersebut dapat dikombinasikan. Bila budjet anda mencukupi gunakanlah camcorder 3CCD atau semi-professional camcorder.
Baterai.
Sediakan baterai cadangan beserta chargernya di lokasi, karena tidak tertutup kemungkinan baterai habis di tengah shooting.
Tripod.
Tripod biasanya dipakai bila acara berlangsung dalam suasana yang hening, dimana semua berfokus kepada kedua mempelai. Hal ini supaya kita tidak mengganggu jalannya acara. Tripod juga berguna untuk mengurangi gangguan berupa guncangan pada camcorder. Posisi yang stabil sangat penting untuk pengambilan Long-Shot dan Close-Up.
Lampu.
Bawalah lampu yang dapat dipasang pada camcorder untuk mengatasi masalah pencahayaan pada camcorder dan bila dibutuhkan bawa juga lampu sorot khusus (stand-lamp) yang berguna untuk menambah efek pencahayaan pada lokasi kedua mempelai.
Microphone.
Gunakan microphone external untuk menangkap suara dari lingkungan sekiar. Jangan menggunakan microphone bawaan dari camcorder karena hasilnya sangatlah jelek. Bila memungkinkan, pasanglah microphone khusus didepan kedua mempelai atau bila mempelainya setuju, pasangkanlah portable wireless microphone sebanyak 2 buah di jas dan baju pengantin mempelai.

Body Rigs (optional).
Body rig digunakan supaya guncangan pada camcorder bisa dikurangi, dan juga membantu tangan anda supaya tidak terlalu capek menggenggam camcorder. Body rigs dan full body rigs biasanya dipakai untuk pembuatan film maupun video klip.

VideoCrane (optional).
Videocrane biasanya digunakan untuk pengambilan sudut gambar dari atas. Bila ada balkon (misalnya di gereja), pengambilan gambar bisa dilakukan dari tempat tersebut. Setelah semuanya dipersiapkan maka anda sudah siap untuk mengambil momen pernikahan pada hari “H”. Persiapan terakhir adalah usahakan datang dengan berpakaian rapi dan menunjukkan keramahan terhadap keluarga, kerabat-kerabat kedua mempelai.

http://apriel.org

Temukan informasi lainnya mengenai Dokumentasi Pernikahan, Foto Pernikahan, Video Pernikahan, Video Wedding, Photo Pernikahan, Dokumentasi Wedding, Foto Wedding, Photo Wedding hanya di Dokumentasi & Foto Pernikahan : Video Pernikahan & Photo Wedding Bogor pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }