Memilih Batik Tulis Berkualitas

Posted by malamjumat on Tuesday, February 10, 2009

Tren mengenakan baju batik maupun busana batik lainnya dapat dilihat hampir di seluruh kalangan. Sayangnya tidak semua orang bisa membedakan model batik yang berkualitas baik dengan yang biasa-biasa saja. Untuk mencari batik yang berkualitas baik, Anda dapat memilih batik tulis.

Di toko dan pasar-pasar batik dapat ditemukan berbagai macam kain batik. Harganya pun sangat bervariasi, dari yang cukup murah sampai yang mahal. Tergantung bahan, mode batik, begitu juga dengan batik modern maupun tradisional, dsb. Sebenarnya ada lima jenis batik jika dilihat dari segi teknis atau cara pembuatannya, yaitu batik tulis, batik cap, batik kombinasi tulis dan cap, batik printing dan batik cabut yaitu komninasi printing dan tulis.

Untuk mengetahui dengan jelas, apakah sehelai kain batik itu termasuk model baju batik/ jenis batik tulis atau yang lain, diperlukan kejelian dan ketelitian ekstra. Jika kita membeli batik online tentunya agak susah karena tidak melihat langsung. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda tertarik membeli batik tulis berkualitas baik, antara lain:

-Untuk batik tulis, biasanya setiap gambar dan setiap motifnya tidak sama persis (asimetris). Ada bagian yang terlalu kecil dan ada bagian yang terlalu besar.
-Batik tulis selalu dibatik terusan, maksudnya sesudah dibatik “ngengrengan” dibatik lagi di belakang kain agar motif kelihatan lebih jelas.
- Baju batik atau busana batik tulis asli biasanya memiliki aroma yang khas, karena kain batik ini “disoga” atau diwarnai dengan kulit-kulit kayu, seperti kayu tingi (untuk warna hitam, kayu teger (untuk warna kuning), kayu jambal (untuk warna coklat), daun Tom dan akarnya (untuk warna biru). Sebenarnya kita dapat menambah pengetahuan dengan bertanya di tempat jual batik, misalnya jual batik modern atau jual batik online. Tapi tentunya kita tidak bisa 100% "setuju" dengan mereka.

-Mori yang dipakai biasanya lebih berat dibanding mori untuk jenis batik lainnya.
-Semakin kecil-kecil dan rumit motifnya, biasanya batik itu semakin halus. Jadi mode batik tsb juga bagus.
-Sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Semoga bermanfaat.

www.republika.co.id

Temukan informasi lainnya mengenai Model Batik, Model Baju Batik, Baju Batik, Jual Batik, Batik Online, Jual Batik Online, Batik Modern, Jual Batik Modern, Mode Batik, Busana Batik hanya di Model & Baju Batik : Jual Batik Online & Modern - Mode & Busana Batik Surabaya pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }