Bisnis Konveksi

Posted by malamjumat on Monday, February 16, 2009

Bisnis konveksi terus menjadi tren di kalangan pebisnisnya. Permintaan akan produk konveksi datang silih berganti dalam jumlah partai kecil hingga besar. Tentunya perkembangan motif bordir, ataupun desain bordir menambah peluang. Order dari komunitas-komunitas yang ingin menyelenggarakan acara tertentu, pakaian seragam dari sekolah-sekolah di setiap tahun ajaran baru, seragam karyawan dari perusahaan-perusahaan, dan permintaan berbagai jenis konveksi untuk kepentingan pemilihan umum dan sebagainya. Misalnya bordir baju dengan menggunakan bordir komputer ataupun bordir tangan.

INDUSTRI PENDUKUNG DAN TERKAIT

+ Indutri pendukung yang cukup lengkap untuk kegiatan utama seperti : jasa jahit bordir (misalnya bordir komputer), Jasa washing, jasa seterika, jasa sablon, jasa lobang kancing. Jadi semakin banyak variasi gambar bordir, desain bordir atau motif bordir.
+ Sistem perburuhan yang lebih mirip subkont memudahkan pengaturan kapasitas produksi pelaku industri konveksi
+ Institusi trading house yang bergerak sebagai pusat informasi dan pemasaran produk konveksi (trada network)
- Indutri pendukung yang sangat miskin untuk kegiatan distribusi.

- Belum ada sekolah model atau desain pakaian
- Traiding house belum kuat

KONDISI PERSAINGAN DAN STRATEGI PELAKU

• Persaingan usaha konveksi yang cukup dinamis dengan pelaku yang sangat banyak, Industri konveksi telah terdefragmentasi dengan sempurna (tidak ada pelaku dominan)
+ Terdapat ruang yang besar untuk berdiferensiasi sehingga hampis semua pelaku fokus pada beberapa jenis produk saja
- Kecenderungan input, Sebagian pelaku masih mengandalkan tenaga kerja keluarga yang lebih murah (jahit bordir, gambar bordir menjadi terhambat)
- Perlindungan HAKI, Belum ada perlindungan HAKI, Sebagian pelaku cenderung untuk menciplak mode bukan menciptakan sendiri (misalnya model bordir).
- Potensi pengembangan, Pengusaha konveksi masih enggan mengurus legalitas usaha, karena dianggap mahal dan sulit.

www.pengusaha-indonesia.com

Temukan informasi lainnya mengenai Jahit Bordir, Desain Bordir, Bordir Komputer, Bordir Baju, Gambar Bordir, Motif Bordir, Jahit Baju, Desain Baju, Gambar Motif Bordir hanya di Jahit & Desain Bordir:Bordir Komputer & Baju-Gambar & Motif Bordir Jakarta pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }