Tips Memilih Teh

Posted by malamjumat on Saturday, January 10, 2009

Teh sudah dijadikan minuman kesehatan yang berasal dari tanaman obat, misalnya teh rosella. Ada tiga jenis teh di pasaran dilihat dari bentuknya, yaitu teh celup, teh daun/teh serbuk seduh, dan teh bubuk instan. Masing-masing jenis teh bisa dipilih sesuai kebutuhan.

· Teh celup :
Bubuk teh dibungkus sejenis kertas berpori-pori halus yang tahan panas. Selalu baca label kemasan teh untuk memastikan jenis teh dan tanggal kadaluarsanya.

Cara memakainya :
Celupkan 1 kantong teh celup ke dalam air panas ± 80º C. Diamkan 3 menit hingga air panas berubah warna. Lamanya mencelup teh tergantung kekentalan teh yang diinginkan. Semakin lama teh celup 'direndam' air panas, semakin kental teh-nya.

· Teh daun atau teh serbuk seduh :

Bentuk teh berupa serbuk daun yang agak kasar dan agak halus. Jenisnya sangat variatif, tapi secara garis besar, teh dibedakan berdasarkan tingkat proses pengeringannya yaitu teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Pilih kemasannya yang masih utuh dan tidak cacat (sobek atau tergores). Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya, dan simpan pada tempat yang sejuk. Di pasaran juga terdapat minuman teh berupa teh merah yang banyak digunakan sebagai minuman teh kesehatan.

Cara menyeduhnya :
Taruh serbuk teh dalam teko, tuangi air mendidih ± 100º C, tutup teko, diamkan selama 3 - 5 menit hingga air menjadi panas. Saring teh jika akan dituangkan.

· Teh bubuk instan
Berbentuk bubuk halus dan dikemas dalam botol atau kemasan plastik kedap udara.

Pilih kemasannya yang masih utuh dan tidak cacat, perhatikan tanggal kadaluarsanya. Tersedia dalam dua rasa yaitu teh biasa dan teh rasa lemon.

Cara memakainya :
Teh bubuk instan selalu disajikan dalam keadaan dingin. Taruh teh bubuk instan dalam gelas, tuangi air matang dingin, aduk hingga larut. Tambahkan es batu jika suka.

www.hanyawanita.com

Temukan Teh Rosella, Tanaman Obat, Teh Merah, Minuman Teh, Teh Kesehatan, Minuman Teh Kesehatan hanya di Teh Rosella / Tanaman Obat : Teh Merah | Minuman Teh Kesehatan Jakarta 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }