Tips Beli Komputer Baru

Posted by Sate Ayam on Wednesday, January 7, 2009

Berikut Tips bagi anda yang ingin membeli komputer terbaru :

Monitor
Saat ini, ada dua jenis monitor yang dapat Anda pilih untuk komputer terbaru anda: CRT yang memakai tabung, dan LCD (layar datar) yang menggunakan cairan untuk displaynya. Harga monitor CRT jauh lbih murah dibanding LCD.

Saat menjatuhkan pilihan pada monitor CRT, perhatikanlah poin pentingnya: kerapatan pixel (semakin kecil nilainya makin halus displainya), resolusi maksimal, dan refresh rate.

Bila Anda memiliki dana lebih untuk belanja komputer, disarankan untuk membeli monitor LCD. Selain tampilannya lebih nyaman bagi mata, ia juga hemat tempat dan hemat listrik.

Prosesor
Secara hampir bersamaan informasi bagi anda yang ingin belanja komputer, awal Januari lalu Intel merilis Pentium Extreme Edition 955, sementara AMD mengeluarkan Athlon FX-60. Kedua prosesor ini adalah yang terbaik di kelas desktop. Yang menarik, keduanya bertipe dua core (memiliki dua inti di dalamnya).

Apakah dua inti lebih baik daripada satu inti? Tidak selalu. Prosesor inti-ganda baru terasa performanya saat kita melakukan multitasking atau melakukan dua pekerjaan atau lebih pada saat bersamaan. Namun di masa depan, situasinya akan berubah.

Jika aktivitas PC Anda lebih ke aplikasi Office atau multimedia, kami menyarankan Pentium D 820. Namun untuk PC Gaming, Athlon X2 3800+ masih lebih baik carilah pada toko komputer langganan anda.

Motherboard AMD
Semua pabrikan besar memiliki motherboard berbasis nForce-SLI, bahkan dengan beberapa varian dan rentang harga yang lebar. Motherboard seharga US$ 150 ke bawah biasanya cuma memanfaatkan fasilitas standar chipset. Namun itu bukan juga hal yang buruk, karena chipset NF-4 SLI sudah memiliki spesifikasi yang tinggi carilah pada toko komputer langganan anda.

Bagi Anda yang memiliki dana ketat, solusinya adalah menggunakan motherboard yang sudah ada fasilitas grafis onboard.

Motherboard Intel

Dua versi yang terakhir lebih murah harganya(klik jual komputer), tetapi tidak memiliki slot kartu grafis PCIe x16. Kalaupun ada, itu adalah modifikasi dari 4 baris PCIe x1. Performanya boleh dibilang tidak maksimal. Versi i915GL hanya bisa disandangkan dengan DDR1, sedangkan i915GV bisa dengan DDR1 dan DDR2. Sementara i915G adalah versi paling lengkap, karena mendukung DDR1 dan DDR2, serta menyediakan slot grafis PCIe x16.

Mana yang terbaik? Jika Anda ingin membangun PC yang fleksivel untuk dikembangkan ke masa depan, sebaiknya Anda memilih generasi 945/955. Di masa mendatang, prosesor dual core akan semakin populer komputer murah tapi berkualitas.

Kartu Grafis
Kartu grafis PCI-Express (PCIe) diperkirakan masih terus digunakan dan menjadi tren sampai setidaknya 1 - 2 tahun ke depan. Jadi bila Anda berencana membeli PC / komputer murah yang berkualitas, kami sarankan untuk membeli sistem yang sudah menyediakan slot grafis PCIe. Sistem dengan AGP memang tidak buruk, tetapi dipastikan akan semakian ketinggalan jaman, bahkan diramalkan akan menghilang.

Memori
Bagi yang hendak membeli PC baru, cobalah memilih sistem dengan DDR2, yang tahun ini makin tren dan akan tetap populer di tahun mendatang (klik jual komputer). Sedangkan bagi yang ingin mengupgrade RAM, baca dulu manual motherboard Anda dengan teliti; Apakah RAM bari bisa diterima oleh motherboard tersebut atau tidak. Jika PC Anda masih lamban, silahkan Anda coba RAM yang 2X lipat lebih besar. Pasti kecepatan PC akan naik.


Harddisk
Untuk harddisk, teknologi yang populer saat ini adalah SATA (Serial ATA). Selain menawarkan kecepatan akses data yang lebih baik, harddisk SATA juga lebih praktis dalam hal instalasi karena kabelnya yang lebih ramping sehingga mudah dipasang. Kini bahkan sudah muncul pula teknologi SATA II yang mampu memompa arus data maksimal sampai 300MB/detik (teoritis) meskipun baru sedikit motherboard yang mendukungnya.

Pilihan kapasitas sendiri sangat beragam. Yang paling banyak saat ii adalah kapasitas 80 GB.

Temukan informasi mengenai Toko Komputer, Jual Komputer, Belanja Komputer, Komputer Murah, Komputer Terbaru dan Toko Komputer: Jual & Belanja Komputer - Komputer Murah & Terbaru pada 88db.com.

http://forum.sumsel.com/showthread.php?t=686

{ 0 comments... read them below or add one }