Tips Belanja Online di eBay

Posted by Sate Ayam on Thursday, January 15, 2009

Belanja online(Shopping Online, Shop Online) di salah satu online marketplace terbesar di internet merupakan pengalaman yang menyenangkan terutama bagi anda yang membeli produk melalui proses auction atau lelang. Seperti halnya di offline marketplace, belanja online di internet termasuk belanja di eBay tidak luput dari bahaya penipuan bahkan dengan belanja online(Shopping Online, Shop Online) kemungkinan besar pembeli lebih mudah tertipu dikarenakan pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual pada saat bertransaksi.

Apabila anda bermaksud belanja online melalui eBay, tips berikut ini dapat membantu anda untuk menghindari hal-hal yang merugikan.

  • Seller Feedback – Semakin banyak jumlah Positive Feedbacks penjual berarti penjual lebih dapat dipercaya.
  • Handling & Postage Cost – Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dikarenakan banyak penjual yang menjual produk(cth Pakaian Wanita, Pakaian Pria) dengan harga sangat murah tetapi biaya pengiriman yang sangat mahal. Harga Barang $0.99 , biaya pengiriman $20 - $40!
  • Seller Country of Origin – Produk yang di jual di eBay Australiacth Pakaian Wanita, Pakaian Pria belum tentu dikirim dari Australia walaupun penjual berada di Australia atau penjual bahkan berada di negara lain tetapi menjual produk mereka di eBay Australia. Apabila produk tersebut dikirim dari luar Australia, kemungkinan biaya kirim ke Australia menjadi lebih mahal dan apabila ada masalah dengan produk tersebut maka biaya pengiriman kembali ke negara penjual ditanggung oleh pembeli.
  • Payment Method – Paypal lebih memberikan jaminan keamanan bagi pembeli dibandingkan Direct Deposit.
  • Product Description & Picture – Apabila keterangan mengenai produk tersebut kurang jelas, lebih baik bertanya kepada penjual untuk mendapatkan konfirmasi sebelum anda membeli. Gambar produk yang ditampilan kadang belum tentu sesuai dengan produk yang anda beli, misalnya barang yang dijual bekas tetapi penjual menggunakan gambar dari barang yang masih baru cth Jual Kaos, Jual Kaus.
  • Return Policy - Pembeli perlu mengetahui apakah produk dapat dikembalikan atau ditukar apabila ada masalah dikarenakan eBay juga menjual barang bekas cth Jual Kaos, Jual Kaus.
  • Registered Post and Extra Insurance Cover - Dengan membayar sedikit lebih mahal untuk biaya pengiriman dengan Registered Post dan Asuransi, keamanan produk selama pengiriman lebih terjamin. Apabila terjadi kerusakan produk pada saat pengiriman dan merupakan kesalahan perusahaan pengiriman, anda dapat mengajukan claim untuk mendapatkan ganti rugi.
  • Updated Address – Pastikan alamat anda di eBay merupakan alamat terbaru sehingga produk yang anda beli dapat sampai ke alamat anda.

Temukan informasi Shopping Online, Shop Online, Jual Kaos, Jual Kaus, Pakaian Wanita, Pakaian Pria dan Shopping & Shop Online: Jual Kaos | Kaus | Pakaian Wanita & Pria Tangerang pada 88db.com.

http://www.indozlounge.com/tips-belanja-online-di-ebay

{ 0 comments... read them below or add one }