Merawat Kain Batik

Posted by Sate Ayam on Wednesday, January 28, 2009


Batik merupakan salah satu warisan budaya yang tak ternilai. Agar Batik (Pakaian Batik / Kebaya Batik) tetap awet, tahan lama, warna tidak memudar dan tetap tampak indah, dibawah ini ada beberap tips yang perlu kita ikuti :

1.Jangan mencuci Batik(
Pakaian Batik / Kebaya Batik) dengan cara menggosok.
2.Jangan memakai sabun berbahan deterjen.
3.Bila batik tidak kotor cucilah dengan air hangat. Sedangkan, bila kotor, misalnya terkena noda makanan, cucilah dengan menggunakan dengan kulit jeruk dengan mengusapkan kulit jeruk pada bagian yang kotor. klik lah
Butik Batik / Fashion Batik
4.Setelah kotoran hilang, jemur di tempat teduh. Sebaiknya jangan memeras kain batik(Batik Tradisional / Batik Modern), letakan alas kain yang telah dibasahi dengan air di bagian atas batik lalu diseterika. Sehing sebelum menjemurnya, pemerasan akan dapat merusak kain. tariklan pada bagian tepi kain saat menjemur, tarik pelan-pelan supaya serat yang terlipat kembali seperti semula.
5.Sebaiknya hindari penyeterikaan secara langsung pada kain batik(baik itu
Batik Tradisional / Batik Modern), letakan alas kain yang telah dibasahi dengan air di bagian atas batik lalu diseterika. Sehingga yang terkena langsung oleh seterika adalah kain yang ditaruh di atas kain batik.
6.Simpanlah batik dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Jangan diberi kapur barus, karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak batik. Gunakan akar wangi yang telah dicelupkan air panas dan telah dikeringkan.klik lah
Butik Batik / Fashion Batik.

Temukan informasi mengenai Pakaian Batik, Kebaya Batik, Butik Batik, Fashion Batik, Batik Tradisional, Batik Modern dan Pakaian & Kebaya Batik : Butik Fashion Batik Tradisional & Modern Yogyakarta pada 88db.com.

http://www.batiksaga.com/Merawat_batik.htm

{ 0 comments... read them below or add one }