Mengenal Radio Internet

Posted by malamjumat on Wednesday, January 14, 2009

Seiring dengan penetrasi internet di dunia yang mulai mencapai angka 1 miliar pengguna, kebutuhan untuk mendapatkan layanan berbasis Internet juga semakin meningkat. Data menunjukkan bahwa, 80% pengguna Internet mengirimkan email, 60% menggunakan instant messaging (seperti Yahoo atau MSN Messenger) dan 55% mendownload file. Kemudian 22% pengguna Internet juga mulai menikmati video lewat Internet. Setelah ATM diperkuat dengan Internet banking, toko buku diperkuat dengan toko buku online, ternyata Radio dan TV juga mengikuti jejak untuk mencoba versi Internet dengan broadcastingnya. Beberapa Radio konvensional Indonesia sudah merely acaranya untuk bisa dinikmati lewat Internet. Hasil pencarian di tvradioworld.com beberapa waktu yang lalu menunjukkan bahwa sekitar 204 radio konvensional Indonesia memiliki versi Internet Radio. Apakah dengan berkunjung ke pusat jual software / sale software sudah bisa ber-radio internet ria?

Radio Internet bagaimanapun juga masih dikuasai oleh 5 besar penyedia jasa portal dunia maya, yaitu: AOL Radio Network, Yahoo!Music, MSN Radio, WindowsMedia.Com maupun Live365.Com. Selain itu muncul Radio Internet yang dikelola oleh individu maupun kelompok, baik untuk tujuan hobi, iseng, dakwah, komunikasi dengan komunitasnya, maupun untuk tujuan membantu pembelajaran. Mengapa Radio Internet sangat pesat perkembangannya dan digandrungi oleh pendengar dan broadcaster? Yang pasti ada beberapa sebab yang bisa kita diskusikan:

  • Internet Radio memungkinkan kita mencari dan memilih siaran berdasarkan karakteristik negara, bahasa yang digunakan, jenis radio, dsb dengan cepat dan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita dapat menyimpannya dalam bookmark atau shortlist, dan tinggal meng-klik untuk memutarnya. Komputer membantu kita mengelola bookmark dan shortlist kita. Software radio bisa membantu mempermudah pekerjaan di bidang radio. Kita tinggal ke pusat jual software / sale software dan bisa belajar banyak.
  • Radio konvensional memiliki keterbatasan geografis. Siaran yang disajikan hanya dapat dinikmati dalam wilayah yang kecil, baik kecamatan maupun kabupaten/kotamadya. Ini berbeda dengan radio internet yang begitu kita broadcast, seluruh dunia akan mendengarkan siaran kita, tak peduli kita ada di sebuah rumah mungil yang terletak di Ujung Aspal, Pondok Gede, maupun yang ada di pusat kota Jakarta. Sistem software yang bagus bisa jadi akan membuat kualitas radio semakin baik.
  • Investasi relatif lebih murah, baik investasi awal, operasional maupun maintenace
  • Kualitas suara yang tidak kalah dengan kualitas suara pada radio konvensional
  • Setting hardware/alat maupun software lebih mudah dan sederhana
  • Tidak memerlukan ijin khusus untuk membuatnya

Bagaimana kalau menurut data? Beberapa survey di Amerika mengindikasikan bahwa orang mendengarkan Radio Internet karena:

  1. Untuk mendengarkan audio yang tidak tersedia di lain tempat (17%)
  2. Untuk mengontrol atau memilih musik yang dimainkan (15%)
  3. Sedikit iklannya (14%)
  4. Jenis musik yang ditawarkan sangat bervariasi (13%)
  5. Suara atau sinyal yang diterima lebih bagus/bersih daripada radio konvensional (8%)
  6. Tidak terlalu banyak suara dari broadcaster (8%)
  7. Karena ini hal baru (7%)

Di Indonesia masih belum banyak yang memanfaatkan teknologi ini karena koneksi Internet yang tidak terlalu baik. Mungkin radio software yang lainnya banyak berkembang. Kalaupun kita mau gunakan, harus dipilih software streaming yang tidak menggunakan resource bandwidth yang besar, juga setting encoder kita harus buat sekecil mungkin, misalnya dengan menggunakan 16-24kbps (mono). Sebagai catatan, beberapa server radio internet memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, misalnya Shoutcast server hanya berukuran 136kb. Anda bisa mengembangankan dengan software terbaru dan mengutak-atiknya. Software terbaru memungkinkan kita untuk berkreasi.

Beberapa URL berhubungan dengan Internet Radio.

  • SHOUTcast
  • Radio Locator
  • MTV Radio
  • Live 365
  • Yahoo!Music
  • AOL Radio Network
  • MSN Radio
  • WindowsMedia.Com
  • Radio Tarbiyah
  • Indonesian Radio Web
  • IndoRadio.Net
Semoga bermanfaat !!!

http://romisatriawahono.net

Temukan Jual Software, Sale Software, Sistem Software, Radio Software, Software Terbaru hanya di Jual & Sale Software : Sistem & Radio Software - Software Terbaru Tangerang pada 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }