Kiat Memilih Rumah Idaman di Perumahan

Posted by malamjumat on Wednesday, January 7, 2009

Inikah pertanyaan yang sering anda pikirkan ketika akan membeli rumah :

  • Perumahan mana yang baik dan cocok buat saya?
  • Apakah uang yang telah saya keluarkan sepadan dengan kualitas rumah yang saya dapatkan?
  • Bagaimana keamanan,kenyamanan, dan kualitas lingkungan di sekitar rumah yang saya beli?
  • Bagaimana potensi investasi yang bisa saya dapatkan dari rumah ini?

Yap, itulah 4 pertanyaan yang paling sering dipertanyakan. dan di sini akan berikan tips sederhananya, yang semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi Anda dalam menentukan dan mencari rumah yang ideal bagi Anda dan keluarga.

Lokasi Perumahan

Penting bagi Anda untuk memperhatikan lokasi perumahan karena ini berkaitan dengan beberapa hal, ini yang menjadi bahan pertimbangan Anda :

  • Jarak tempuh (perjalanan dari rumah ke suatu tempat). misalnya : ke pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, pasar, dll.
  • Waktu yang harus anda habiskan untuk perjalanan.
  • Moda transportasi apa saja yang melewati lokasi perumahan (adanya moda transportasi, biasanya menunjukkan adanya potensi perkembangan)

Pengembang Perumahan

Kredibilitas dan porto folio serta sejarah singkat perjalanan perumahan yang sudah ataupun sedang dibangun perlu diperhatikan. Jangan sampai Anda kena tipu dari pengembang perumahan yang asal–asalan.

Lingkungan Perumahan

Di sini Anda perlu meluangkan waktu untuk melakukan survei lokasi dan membandingkannya antar perumahan yang ingin anda ditinggali. Berikut beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian anda :

  • Pepohonan atau taman lingkungan (green area). Tentunya akan lebih nyaman bila lingkungan tempat tinggal anda asri, teduh sehingga tidak panas, ingatlah bahwa pepohonan yang lebat dan tinggi merupakan barier (penghalang) yang baik terhadap polusi debu.
  • Lebar jalan masuk perumahan dan lebar jalan lingkungan, jalan yang lebar memberikan Anda kemudahan sirkulasi berkendara, dan setidaknya Anda tidak perlu was-was kendaraan Anda di serempet oleh kendaraan lain yang sedang lewat.
  • Kepadatan lalu lintas di lingkungan perumahan dan didepan rumah Anda. Berpengaruh terhadap tingkat kebisingan dan keamanan. Bisa jadi Anda tidak bisa tidur tenang karena berisik dan anak Anda tidak leluasa bermain sepeda.
  • Sarana dan Prasarana pendukung. Bisa jadi perumahan yang Anda lirik tidak menyediakan sarana – sarana pendukung seperti ; kompleks pertokoan, pusat kebugaran, tempat rekreasi, dan lainnya. Hal ini bisa anda toleransi bila didaerah sekitar perumahan ada tempat – tempat pendukung yang memenuhi kebutuhan Anda.
  • Desain lingkungan perumahan yang nyaman dan baik penataannya, menunjukkan adanya keseriusan pengembang dalam menjaga kualitas perumahan yang ditawarkan. Biasanya juga berimbas langsung dengan tingginya harga jual rumah tersebut.

Desain Rumah

Faktor ini mempertimbangkan desain bangunan baik desain interior maupun desain eksterior rumah tersebut, perhatikan penataan ruang dalam rumah, luas lahan / luas bangunan, tampak rumah. Yang perlu menjadi perhatian adalah :

  • Kemungkinan pengembangan rumah (luasan tanah yang besar memberikan Anda berbagai pilihan untuk memperluas rumah).
  • Perhatikan luas setiap ruangan (Anda bisa dengan leluasa menata interior bangunan ruangan).
  • Tampak depan rumah (membuat rumah Anda bisa tampil unik, menarik dan merepresentasikan jati diri Anda).
  • Kemudahan dalam melakukan perawatan berkala terhadap interior bangunan maupun eksterior bangunan rumah Anda.

Kualitas Bahan Bangunan

Kualitas bahan bangunan menjadi pertimbangan Anda karena kualitas yang baik juga akan memberikan ketahanan dan kenyaman dalam rumah, termasuk untuk eksterior bangunan kualitas bahan bangunan secara langsung akan berpengaruh terhadap harga rumah tersebut. yang perlu menjadi perhatian :

  • Perhatikan bahan bangunan yang menjadi standar dalam spesifikasi teknis dalam arsitektur desain / design architecture, seperti : cat dinding, sanitary, keramik, genteng, konstruksi atap, dll.
  • Bila ada rumah yang sedang dibangun (tahap konstruksi), sempatkan untuk melihat-lihat lokasi, arsitektur desain (design architecture), dsb karena yang satu ini tidak akan dapat Anda lihat bila rumah sudah jadi.

Sarana Investasi

Tentu saja rumah merupakan sarana investasi yang baik, dalam jangka panjang dapat memberikan jaminan keamanan bagi kekuatan finansial Anda, satu-satunya kelemahan adalah sifat likuiditasnya. Menjual rumah tidak mudah dan tidak bisa cepat. Walupun rumah tersebut memiliki desain bangunan (desain interior & desain eksterior) maupun kelebihan lain.

Semoga bermanfaat !!!

http://arsitektursemarang.site50.net

Temukan Arsitektur Desain, Design Architecture, Desain Interior, Desain Bangunan, Desain Eksterior, Interior Bangunan, Eksterior Bangunan hanya di Arsitektur Desain / Design Architecture: Desain Interior & Eksterior Bangunan Bogor 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }