Tips Pameran Dagang

Posted by Sate Ayam on Thursday, December 18, 2008

Pameran merupakan satu alat yang efektif untuk mencari peluang pasar, memperkenalkan usaha, dan menjaring calon pelanggan. Jadi sebelum memutuskan ikut pameran, tentukan target pasar terlebih dahulu melalui kata kunci, trend apa yang sedang berlangsung dalam pikiran orang apabila mereka berniat mencari produk seperti yang kita promosikan.

Tidak seperti pengunjung Mall yang tidak tersegmentasi, karakteristik pengunjung pameran sangat spesifik, fokus dan mereka telah menyisihkan waktu khusus untuk mengunjungi arena promosi. Sebetulnya juga sangat tergantung pada bentuk dan tema pameran seperti dekorasi pameran dan desain interior, tapi yang saya temui selama ini kebanyakan memang para pengambil keputusan, orang berpengaruh yang berencana melakukan pembelian dalam waktu dekat, atau mereka yang berkompetensi membuat rekomendasi pembelian.

Bila pengunjung booth anda/partisi pameran adalah pengusaha ( berharap lah selalu mereka yang datang ) biasanya mereka lebih tertarik berbisnis daripada sekadar membeli produk yang dipamerkan. Karena itu jangan pernah kaget mendapatkan kenyataan sedikit sekali peserta pameran memetik untung dari arena ini. Dudukanlah even pameran sebagaimana mestinya yaitu sebagai ajang promosi.

Bagaimana Menjual di Pameran Dagang

Adapted from content excerpted from the American Express® OPEN Small Business Network

Menurut Center for Exhibit Industry Research (CEIR), mayoritas pengunjung pameran dagang adalah pengambil keputusan atau orang berpengaruh yang berencana melakukan pembelian dalam kurun waktu 12 bulan kedepan. Jangan menyia-nyiakan peluang seperti itu -- ikuti petunjuk ini untuk membantu Anda memastikan bahwa karyawan Anda siap untuk menjual secara efektif. perhatikan dekorasi pameran dan desain interior pameran anda.

Hindari penjualan lunak

Pameran dagang membutuhkan pendekatan penjualan keras. Bilamana pengunjung menunjukkan minat di gerai Anda, segera dekati dan undanglah mereka untuk belajar lebih banyak mengenai produk atau jasa Anda. Jangan biarkan orang menunggu – rentang waktu perhatian pameran dagang adalah singkat, dan orang akan meninggalkan gerai Anda jika mereka tidak dilayani dalam 60 detik atau kurang.

Libatkan

Cara Anda menyapa pengunjung / partisi pameran ke gerai Anda menunjukkan profesionalisme dan kesediaan untuk membantu. Hindari sapaan merusak seperti "Ada yang bisa saya bantu", "Halo, apa kabar?", atau "Bagaimana pamerannya?" Sebaliknya, ajukan pertanyaan langsung yang melibatkan pengunjung dan membantu Anda mengukur minat mereka kepada produk atau jasa perusahaan Anda -- "Informasi apa yang dapat saya berikan mengenai sistem pemanas baru kami?" atau "Halo, apa yang Anda cari untuk pintu pekarangan Anda?".sebaiknya anda mengikut sertakan kontraktor pameran untuk mengatur pameran yang akan anda buat.

Jagalah tatakrama Anda

Tindak tanduk gerai tertentu nampak tidak rapi dan memberi kesan bahwa Anda tidak tertarik dengan nasabah Anda. Jangan duduk. Jangan makan, minum, atau merokok di dalam gerai. Jangan pernah meninggalkan gerai Anda tanpa penjagaan. Jangan menghabiskan waktu mengobrol dengan rekan-rekan sebaliknya pusatkan perhatian kepada nasabah.

Ajukan banyak pertanyaan

Libatkan bakal calon dengan mengajukan pertanyaan terbuka -- yang tidak sekedar membutuhkan jawaban ya/tidak. Ini akan membantu Anda menetapkan kebutuhan dan kepentingan mereka. Fokuskan tanggapan Anda pada bagaimana produk atau jasa Anda dapat memenuhi segala kebutuhan ini. Pastikan untuk memperhatikan aturan 80/20 -- 80% waktu mendengarkan dan 20% waktu berbicara. Cobalah untuk menghindari segala bentuk gaya penjualan yang mulai kedengaran seperti robot setelah Anda mengatakannya untuk ke 50 kali.sebaiknya anda menghubungi kontraktor pameran untuk membantu anda dalam membuat pameran yang anda impikan.

Temukan informasi mengenai Dekorasi Pameran, Kontraktor Pameran, Desain Interior, Partisi Pameran dan Dekorasi & Kontraktor Pameran : Desain Interior & Partisi Pameran pada 88db.com

http://arengasugar.multiply.com/

{ 0 comments... read them below or add one }