Mengapa Membeli Rumah Saat Ini?

Posted by malamjumat on Wednesday, December 24, 2008

RUMAH SEBAGAI ASSET

Jika tidak mempunyai uang cukup saat ini, banyak instrument yang digunakan dalam kepemilikan rumah seperti KPR, jadi tidak perlu uang sebanyak itu untuk dapat memiliki suatu rumah.

Membeli rumah tinggal tidak seperti membeli barang konsumsi seperti kendaraan bermotor ataupun barang elektronik yang harganya cendrung turun, harga rumah cendrung naik dari tahun ke tahun dan sering kali lebih cepat daripada kenaikan gaji para karyawan.

Dengan mengangsur rumah tinggal secara tidak langsung kita menabung untuk barang yang harganya cendrung naik, dan menahan diri kita untuk menghabiskan uang kepada hal yang memuaskan keinginan sesaat saja, bahkan jika kita memiki rumah lebih dari satu apabila disewakan selain menikmati hasil investasi ketika rumah tersebut dijual (jual rumah), mendapat pula pasif income, yaitu pendapatan yang masuk ke kantong kita walaupun kita tidak bekerja.

RUMAH SEBAGAI WARISAN

Sering kali kita berpikir praktis, yaitu kontrak saja di tengah kota karena dekat ke tempat kerja, walaupun kecil tetapi dekat dan murah ongkos transportasinya. Idealnya memang memiliki hunian di tengah kota, tetapi harga jual rumah tersebut pasti tidak akan murah.

Dengan mengontrak dari tahun ke tahun, memang terlihat tidak terlalu berat, tetapi sampai akhirnya kita sadar usia sudah bertambah dan anak sudah besar, tidak ada hunian yang dapat diwariskan kepada mereka bahkan harga rumah akan semakin tinggi dan mungkin tidak terjangkau dengan gaji anak-anak yang sudah bekerja pada saat itu.

Salah satu solusi adalah membeli rumah di daerah urban, jika keadaan keuangan tidak mencukupi untuk membeli, serahkan kepada lembaga keuangan yang memberikan fasilitas KPR sehingga walaupun uang kita belum cukup tetapi bisa memiliki rumah bahkan menempatinya sambil mengangsur secara bulanan, cara ini memiliki kelebihan dari system mengontrak karena dengan uang yang sama atau hampir sama yang kita keluarkan tiap tahunnya bisa memiliki sebuah rumah yang akan diwarisi kepada keluarga kita. Sebelum membelinya, kita bisa melihat contoh rumah atau arsitektur/gambar rumah tersebut dari berbagai segi.

Bagaimana dengan jauhnya jarak? Merugikan? Sepintas adalah benar, tetapi jika dianalisis lagi, sebetulnya yang menikmati lama rumah kita adalah keluarga kita seperti anak dan istri bahkan orang tua, dengan lingkungan yang baik tertata dan keamanan yang lebih terkontrol lebih tenang meninggalkan keluarga setiap hari dalam bekerja.

DENGAN SIAPA HARUS MEMBELI RUMAH ?

Beli rumah bukan sekedar membeli makanan kecil, tetapi terkait dengan banyaknya aktifitas yang melibatkan service dan jaminan dari Developer.

Lebih tepat membeli rumah adalah membeli lingkungan dan service developer, developer yang sudah berpengalaman dan terkenal lebih mempunyai nilai tambah pada rumah yang anda beli karena keterjaminan sertifikat, garansi bangunan, layanan komplain lingkungan,layanan keamanan dan lainnya, jadi pikirkanlah dengan developer siapa anda membeli rumah. Anda sendiri minimal bisa menilai sedikit tentang rumah tersebut dengan melihat contoh rumah tinggal/gambar rumah tinggal tersebut dari berbagai sudut pandang.

BAGAIMANA MENILAI SEBUAH DEVELOPER ?

Perhatikan saja proyek yang dikerjaan sebelumnya, bagaimana jadinya sekarang, apakah banyak masalah atau proyeknya menjadi suatu raksasa krn dilengkapi oleh berbagai fasilitas sehingga dalam waktu tertentu menjadi suatu skala kota yang menyebabkan naiknya nilai tanah di daerah tersebut.

Periksa juga bagaimana rencana serah terima bangunan (rumah dijual tsb) tepat waktu atau tidak, sesuai atau tidak dengan janji awalnya.

http://www.geocities.com

Temukan Rumah Dijual, Jual Rumah, Gambar Rumah Tinggal, Contoh Rumah Tinggal, Ray White Property hanya di Rumah Dijual / Jual Rumah : Gambar & Contoh Rumah Tinggal - Ray White Property 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }