Membuat Rumah dengan Mengadaptasi Iklim Tropis

Posted by malamjumat on Monday, December 1, 2008

Secara geografis, Indonesia beriklim tropis karena terletak di kawasan tropis dan diapit oleh Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Suhu udara antara 20 - 30 derajat Celsius, dengan curah hujan rata-rata 2.000-3.000 milimeter per tahun, turut menyuburkan hutan-hutan yang terserak di seluruh kepulauan. Kondisi tropikal alam Indonesia identik dengan hutannya yang hijau. Potensi hutan yang hijau itu mampu menggugah para perencang rumah dan bangunan.

=======================================================

Dengan latar belakang tersebut, perwujudan konstruksi dan eksterior & interior desain rumah tinggal yang mengadaptasi kondisi iklim Indonesia lebih menguntungkan penghuninya. Adaptasi tersebut sangat memungkinkan penghuni berhemat karena mudahnya perawatan.

Adaptasi rumah tinggal yang menyesuaikan dengan kondisi iklim Indonesia yang tropis dan identik dengan ekologi tropisnya, yakni hutan yang subur, diterjemahkan dalam desain tematis arsitektur sebagai rumah tropikal, interior design maupun bagian eksteriornya.

Dengan demikian, salah satu ciri rumah tropikal adalah memiliki banyak tanaman hijau, baik pepohonan ataupun tanaman bertubuh rendah, atau dengan kata lain sangat lekat dengan unsur alam dan natural. Baik itu interior design maupun eksteriornya.

Unsur modern yang ditambahkan dalam rumah tropikal memiliki arti terkini atau terbaru. Trend desain rumah saat ini adalah berkonsep minimalis. Konsep desain minimalis sangat menguntungkan rumah yang memiliki keterbatasan lahan. Kendati demikian, keterbatasan lahan bukanlah arti keseluruhan dari konsep desain minimalis. Praktis, simpel, dan efisien adalah karakter dari desain minimalis. Anda bisa memanfaatkan jasa arsitek rumah untuk melakukan hal seprti ini.

Jika berbicara mengenai konsep rumah tropikalnya saja, kita akan berbicara masalah keseimbangan, misalnya bagian desain interior & eksteriornya. Seperti daerah tropis, matahari yang terik dan curah hujan yang tinggi diseimbangkan dengan banyaknya hutan belantara yang diyakini bisa memberikan perlindungan terhadap habitat di bawahnya.

Jadi, konsep keseimbangan rumah tropis sebenarnya kental dengan nuansa natural dan menyatu dengan alam. Ekologi alam tropis itu diwujudkan dalam konsep lingkungan binaan dengan desain rumah yang memberikan banyak ruang terbuka dan banyak tanaman hijau, yang diletakkan di luar atau di dalam ruangan.

Bisa saja rumah tropis material bangunannya didominasi oleh tembok dan kayu. Unsur kayu inilah yang memberikan kesan tropis karena lekat dengan karakter alam.Sebagai referensi buay Anda yang ingin melakukan hal seperti itu bisa memanfaatkan jasa desain interior rumah maupun arsitek rumah yang profesional untuk mewujudkan keinginan Anda.

http://bangun-renovasi-rumah.com

Temukan Interior Design, Desain Interior, Jasa Desain Interior Rumah, Arsitek Rumah hanya di Interior Design / Desain Interior : Jasa Desain Interior Rumah & Arsitek Rumah 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }