Tips Membeli Rumah

Posted by Sate Ayam on Thursday, November 27, 2008

1. Definisikan kebutuhan rumah anda

Kali ini kita bercerita tentang mimpi. Yang namanya mimpi, boleh dong mengharap punya rumah /tempat tinggal yang lucu-lucu kayak model minimalis, model mediterania, ataupun model belanda. Dari yang harganya dalam jangkauan sampe yang harganya di luar jangkauan juga sah-sah aja. Namanya juga keinginan. Tapi kalo dari awal anda sudah punya pikiran untuk membeli apartemen, ya ke laut aja. Berarti kita sudah tidak sepemikiran.. ini tips untuk membeli rumah bekas, bukan apartemen.

2. Lokasi
Nah, setelah anda mempunyai kriteria rumah yang anda idamkan, sekarang
saatnya menentukan lokasi rumah / tempat tinggal yang disukai. Kriterianya terserah anda, apakah itu harus strategis sehingga memudahkan akses ke banyak tempat cth tempat hiburan, apartemen bekasi , tempat belanja apakah itu harus bebas banjir, apakah kondisi air di lokasi baik atau tidak, apakah anda suka lokasi yang jauh dari peradaban, apakah anda ingin lokasi yang bergengsi seperti di menteng atau pondok indah atau kemang, atau apartemen bekasi.. TERSERAH ANDA!! Btw, inget lho, lokasi yang bergengsi belum tentu oke untuk segala hal. Contoh: Meskipun anda punya rumah mewah di Pondok Indah, tapi kalo kantornya di Pulogadung, males juga ya?! jauh Bo!!!

3. Budget & Sumber keuangan
Sekarang saatnya menapak kembali ke bumi. Lihat kantong anda untuk mewujudkan rumah impian anda, dan sadarlah bahwa tidak selalu apa yang kita inginkan bisa menjadi milik kita. Kalau budget anda ndak cukup ya turunkan kriteria anda. Contohnya begini, kalau budget anda cuma 700 juta, sebaiknya lupakan sejenak mimpi untuk punya rumah / apartemen bekasi di menteng yang harganya udah bukan dalam hitungan juta lagi, tapi M!!! Jadi alihkan pandangan anda untuk mencari rumah idaman di lokasi lain yang harganya terjangkau.

4. Mulai beraksi: cari informasi rumah yang dijual
Setelah tahu dengan pasti tipe dan lokasi rumah idaman(apakah yang dekat dengan tempat belanja, tempat hiburan atau yang lainnya kita dan tentunya telah disesuaikan dengan kondisi keuangan kita, berarti satu tahapan perencanaan telah selesai. Sekarang saatnya bergerak mencari rumah. Cari di mana? Banyak.. bisa dapet info dari koran, majalah, tabloid, teman, agen-agen properti kayak RayWhite atau Era, iklan developer, ataupun internet

5. Lakukan Survey lokasi
Setelah menjatuhkan pilihan, langsung hubungi si pemasang iklan untuk survey lokasi rumah. Kenapa harus survey? Karena biasanya kondisi asli tanah dan bangunan tidak seindah iklannya cth ruko bekasi di iklan nya biasa aja, tapi pas dilihat bagus dan indah.

Jika melakukan survey, anda melihat langsung seperti apa rumah incaran anda dan bagaimana lingkungan sekitarnya. Lihat apakah benar daerah tersebut tidak banjir, lihat aksesnya ke tempat strategis (seperti masjid, Ruko bekasi, Hotel bekasi, dan kendaraan umum), bagaimana kondisi airnya, listriknya, apakah kondisi bangunan masih kokoh atau tidak. Untuk melihat dan mempelajari hal - hal mengenai rumah silakan mengklik Tempat Tinggal, Tempat Belanja, Apartemen Bekasi, Hotel Bekasi, Ruko Bekasi, Tempat Hiburan Bekasi dan Tempat Tinggal & Belanja : Apartemen | Hotel | Ruko & Tempat Hiburan Bekasi pada 88db.com.

http://putalesulfato.wordpress.com/2007/12/09/tips-membeli-rumah-second-di-jakarta/

{ 0 comments... read them below or add one }