Merencanakan Masa Depan Keuangan Hari Ini

Posted by malamjumat on Thursday, November 27, 2008

Berpikir mengenai latihan fisik tidak akan membuat anda sehat secara fisik. Begitu pula dengan berpikir untuk mengatur semua keuangan anda dan berusaha memerangi pikiran-pikiran anda sendiri : Mengapa anda perlu membuat sebuah rencana keuangan; dan mengapa pula anda harus mengerjakan hal ini pada milik anda sendiri; atau meminta bantuan penasehat bagian keuangan, misalnya jasa akuntan, seperti akuntan publik maupun perencana keuangan, tidak akan membantu anda untuk mencapai tujuan keuangan anda hingga anda mengambil sebuah tindakan.

Manajemen keuangan dalam hal ini merencanakan masa depan keuangan anda dan menjalankannya merupakan tindakan yang sangat memuaskan. Sebaliknya, bila anda tidak menjalankannya anda akan menyesalinya.

Pandanglah jauh ke depan

Sewaktu anda mendekati akhir hayat, anda dapat melihat ke belakang tentang sejarah keuangan anda dan anda ingin tahu mengapa anda malu untuk:

· Memperjelas harta kekayaan anda dan mencari tahu tujuan anda

· Memanfaatkan informasi yang anda dapat mengenai keuangan.

· Membuat rencana keuangan anda sendiri.

Apabila anda telah melalui tahapan ini, tentunya anda lebih dapat melalui hidup dengan lebih santai. Bagaimanapun juga anda belum selesai sampai di sini. Sekarang anda diharuskan untuk membuat sebuah rencana untuk bertindak dan langkah apa yang harus anda lakukan untuk mewujudkan masa depan yang anda inginkan. Namun apabila anda telah selesai merancang rencana tersebut bukan berarti anda telah mencapai tujuan anda. Anda harus benar-benar mengorganisir dan selalu memantau kemajuan langkah yang telah anda lakukan sehingga anda tahu bahwa anda telah berbuat hal yang benar untuk mencapai tujuan anda dan pada akhirnya anda dapat menikmati lebih lagi apa yang bersifat penting bagi anda. Tidak ada salahnya Anda diskusi atau memanfaatkan jasa konsultasi, tapi intinya: Anda sendiri.

Keadaan telah berubah dan hal ini menyebabkan semua hal membutuhkan suatu penyesuaian.

Penyesuaian dapat dilakukan pada 5 area yang berbeda :

· Anda dapat menyesuaikan tujuan anda

· Anda dapat mengubah waktu yang telah anda tentukan untuk pencapaian tujuan anda.

· Anda dapat meningkatkan pendapatan anda.

· Anda dapat melakukan penyesuaian biaya.

· Anda dapat meningkatkan pengembalian dari investasi yang anda lakukan.

Pada kenyataannya, poin yang ke 5 adalah yang paling populer dan nampak lebih mudah dibanding ke 4 poin lainnya. Hal ini tidak membutuhkan kedisiplinan yang tinggi seperti apabila kita ingin mendapatkan pendapatan lebih atau mengurangi pengeluaran kita. Dan apabila strategi tersebut tidak berhasil, mudah sekali untuk menyalahkan brokernya. Bagaimanapun juga, percaya bahwa seseorang dapat mengontrol atau memprediksi suatu investasi adalah sebuah ilusi belaka. Tidak ada jalan yang mudah untuk melarikan diri dari kenyataan di dunia keuangan ini, kecuali apabila anda memenangkan lotere. Kita bersikap seperti akuntan keuangan yang terus memantau pengeluaran dan menjadikannya sebagai pelajaran agar seiring berjalannya waktu kita semakin bisa belajar dan lebih baik.

Bertindak

Apakah anda merasa terlibat dalam prosesnya? Apabila terlibat, maka akan sangat mudah untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. : “pengetahuan bukanlah kunci kesuksesan. Kunci kesuksesan adalah tindakan.” Untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan anda harus bertindak. Semakin cepat anda mulai prosesnya, maka semakin cepat pula anda berjalan menuju kesuksesan. Tapi tidak salah juga kalau memanfaatkan jasa konsultasi.

Apakah anda pernah mendengar mengenai Konsep Manajemen Hidup yang biasa disebut 4D? Konsep ini menyatakan bahwa ada 4 hal yang dapat anda lakukan pada setiap aktivitas: lakukan, delegasikan, tunda, atau tinggalkan saja. Kebanyakan orang melakukan penundaan pada rencana keuangan mereka. Jadilah seseorang yang melakukan konsep 1 atau 2, yaitu lakukan atau delegasikan. Anda kan merasa baik, dan merupakan suatu yang baik apabila anda merasa baik. Lakukan manajemen keuangan sekarang juga.

www.myfinancial-planning.com

Temukan Akuntan, Jasa Konsultasi, Akuntan Publik, Akuntan Keuangan, Manajemen Keuangan hanya di Akuntan / Jasa Konsultasi : Akuntan Publik | Keuangan & Manajemen Keuangan 88db.com

{ 0 comments... read them below or add one }