Kemasan Keripik Bermacam Bentuk dan Jenisnya

Posted by jenggot kambing on Monday, April 10, 2017



Kemasan Keripik Banyak Macam dan Jenisnya

Kemasan keripik bermacam-macam bentuknya karena kini sudah zamannya kemasan ukm yang memiliki banyak variasi dan fungsinya. Desain kemasannya pun kini dibuat semenarik mungkin hingga menjadi icon snack keripik yang khas sebagai identitas dari suatu produk snack.

kemasan keripik

Kemasan keripik kini banyak yang menggunakan plastik standing pouch zipper karena plastik ini memiliki bentuk yang fungsional. Jadi cocok untuk pemasaran snack pada target pasar kelas atas dengan desain kemasan yang menarik tentunya pengusaha akan meningkatkan penjualannya.

Bicara soal bentuk kemasan tentunya disesuaikan dengan target pasarnya untuk target pasar tertentu biasanya perlakuannya berbeda. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk menarik perhatian konsumen agar produk snack keripik yang dipasarkan dapat bersaing dengan snack lainya yang juga berkualitas. Kemasan keripik kini bentuknya bukan hanya dalam kemasan plastik saja. Namun kini juga ada dalam bentuk tabung karton yang dilapisi plastik dan almunium foil lapisan alamnya tentunya lebih berkelas. Terkesan lebih sehat seperti snack keripik kentang yang di jual dipasaran.

Masyarakat memang kini menilai suatu produk dari kemasannya, semakin fungsional dan menarik kemasan tersebut. Maka produknya pun dapat dipastikan berkualitas dan disukai oleh konsumen yang melihatnya lalu membeli produk tersebut. Kini masyarakat semakin pintar menilai suatu produk karena orientasi mereka terhadap suatu makanan kemasan adalah harus sehat.

Beberapa Jenis Kemasan Snack

Kemasan utama (consumer pack)
Bungkus primer adalah jenis bungkus yang pribadi bersentuhan menggunakan produk, biasanya berukuran cukup mungil.

Menjadi contoh kemasan kudapan atau snack, gelas plastik (cup), sachet deterjen, sachet kecap, sachet saos tomat, sachet buat sampo, bungkus plastik mie instant, serta lain-lain.

Bungkus sekunder (transport pack)
Kemasan sekunder maksudnya ialah bungkus ke 2 yang isinya adalah sejumlah kemasan utama. Jenis bungkus ini tidak langsung bekerjasama/kontak menggunakan produk yang dikemas.

Menjadi contoh kemasan karton atau kardus mie instant, kemasan karton atau kardus air mineral pada kemasan dan  lain-lain.

Bungkus tertier
Kemasan tertier merupakan bungkus ketiga yg isinya ialah sejumlah bungkus sekunder. Bungkus ini berfungsi pada waktu shipping, baik buat pengiriman lokal, antar pulau atau antar negara.

Memiliki kondisi seperti tahan benturan, tahan cuaca dan  berkapasitas besar. Contohnya saja kotak karton bergelombang.

Kemasan Produk Makanan

  • Setiap penghasil dapat memiliki kemasan dengan material yang beragam serta memang sebagai sebuah brand, mereka akan tetap berinovasi tanpa henti di kemasan buat menjaga kualitas produknya.
  • Bahan kemasan yg lentur atau fleksibel umumnya terbuat plastik, kertas, multilayer, nilon/vacum, aluminium foil serta metalized. Penggunaan bahan-bahan bungkus ini diubahsuaikan dengan karakteristik produk.
  • Buat produk semi basah mirip sosis, nuget, bakso, bandeng presto serta lain bisa memakai kemasan berbahan nylon/vacum.
  • Kemasan berbahan nylon/vacum memiliki 2 lapisan yaitu lapisan pelindung udara atau sinar dan  lapisan dalam (PE) sebagai pembungkus serta seal.


Kemasan keripik
Sedangkan buat produk makanan ringan/snack yang sifatnya mirip keripik pisang, keripik buah, keripik singkong, amplang, dan  lainnya umumnya memakai bahan aluminium foil atau metalized.

Bungkus keripik yg baik tadi memiliki multilayer atau terdiri berasal beberapa lapisan. Apa saja lapisan bungkus keripik tersebut:


  • Di bagian pada terdapat polymer material yg bernama biaxially oriented polypropylene (BOPP).
  • Sedangkan buat lapisan bagian tengah ada yang bernama low-density polyethylene (LDPE). Dan dilapisan luar bernama surlyn®, sebuah thermoplastic resin.


Secara khusus fungsi dari lapisan-lapisan yg disebutkan tersebut ialah menjadi berikut:


  • BOPP berfungsi menjaga produk dari kondisi lembap, selain itu juga material ini tahan terhadap minyak dan  lemak.
  • Pada lapisan LDPE berfungsi menjadi pelindung udara, cahaya, oksigen atau gas lainnya.
  • Sedangkan lapisan terluar berfungsi menjadi pembungkus yg terkuat namun permanen fleksibel.


Demikian pembahasannya tentang kemasan keripik yang meningkatkan nilai jual dari suatu snack keripik dan meningkatkan kualitas dari produk keripik. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

{ 0 comments... read them below or add one }